Sering Dicegah dan Dihilangkan, Kerutan Ternyata Punya Manfaat Khusus

Foto: Sering Dicegah dan Dihilangkan, Kerutan Ternyata Punya Manfaat Khusus alamy
WowKeren dan Kanal247

Menurut para peneliti, kerutan di wajah bisa menjadi kunci untuk memberikan beberapa petunjuk tindakan untuk menghadapi orang lain.

Kanal247.com - Memasuki usia senja, tubuh manusiapun mengalami perubahan. Tak seperti di saat masih muda, seiring dengan bertambahnya usia, muncul perubahan yang kerap berusaha dicegah dan dihilangkan, khususnya bagi para wanita. Perubahan tersebut berupa kerutan di wajah.

Ya, keriput pada umumnya sering dianggap sebagai sesuatu yang tidak baik. Banyak artikel di internet yang membahas bagaimana cara mencegah dan menghilangkannya. Akan tetapi, penelitian terbaru menyebutkan bahwa kerutan di wajah sebenarnya punya manfaat khusus.

Penelitian menyebutkan bahwa kerutan, khususnya yang ada di sekitar mata bisa berfungsi untuk menentukan bagaimana pandangan orang lain terhadap kita. Jadi, sebelum memutuskan untuk menghilangkan kerutan alami pada wajahmu, sebaiknya kamu simak dulu penjelasan mengenai manfaat kerutan berikut ini.


Baca juga ...

Penelitan mengenai manfaat kerutan ini diterbitkan dalam jurnal Emotion. Dalam penelitian tersebut, para peneliti berusaha menguji kerutan di sekitar mata ini, yang mereka namai dengan penanda Duchenne, berdampak pada seberapa tulus kita memercayai emosi seseorang. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kerutan di sekitar mata ternyata membuat kita tampak lebih tulus dan dapat dipercaya.

Untuk menemukan manfaat kerutan ini, para peneliti menggunakan metode yang disebut dengan visual rivalry. Caranya, para peneliti menunjukkan foto orang-orang yang memiliki kerutan dan tidak kepada para peserta penelitian. Dengan cara itu, para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki kerutan tercatat sebagai yang lebih penting di dalam otak.

Selanjutnya, para peneliti meminta para peserta penelitian untuk memberikan nilai pada foto dengan skala intensitas dan ketulusan. Hasilnya, mereka menemukan bahwa senyum dan muka masam orang-orang yang memiliki kerutan terlihat lebih asli.

"Temuan ini memberikan bukti mengenai adanya bahasa universial potensial untuk membawa emosi. Dengan kata lain, aksi wajah yang diberikan mungkin memiliki peran tunggal dari beberapa ekspresi wajah, terutama jika aksi wajah tersebut membentuk interaksi sosial Anda," jelas Nour Malek, Profesor Psikologi di McGill University di Kanada sekaligus pemimpin penelitian dilansir Bestlife pada Kamis (14/6). "Misalnya, mengetahui apakah senyum dari orang asing tulus atau tidak lalu apakah orang tersebut bisa dipercaya atau tidak, bisa juga memberikan peringatan pada Anda apakah Anda harus menyingkir atau tidak.".

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel