Pengalaman Memalukan Hanung Bramantyo dibalik Suksesnya 'Kartini'

Foto: Pengalaman Memalukan Hanung Bramantyo dibalik Suksesnya 'Kartini'
WowKeren dan Kanal247


Ternyata ini kejadian memalukan yang menginspirasi Hanung untuk membuat film 'Kartini'.

Kanal247.com - Kesuksesan film "Kartini" yang tayang perdana 19 April kemarin ternyata tak lepas dari pengalaman traumatis sang sutradara, Hanung Bramantyo. Suami Zaskia Adya Mecca tersebut pernah mengalami kejadian memalukan saat peringatan hari Kartini di masa kecilnya.

Baca juga ...


Kala itu ada sebuah tradisi di sekolahnya di setiap tanggal 21 April, yakni peragaan busana dengan mengenakan baju daerah. "Kan biasa kalau Hari Kartini itu yang perempuan pakai kebaya," kata Hanung. "Yang laki pakai blangkon khas daerah saya, Jogja, lalu pakai sorjan."

Semua siswa bergantian bergaya untuk memamerkan busana Kartini masing-masing. Namun tiba giliran Hanung memperagakan busananya, ia justru jatuh karena keserimpet kain. "Wah itu habis saya disorakin," papar sutradara Rudy Habibie tersebut. "Tiap Hari Kartini saya ingat itu."

Hal inilah yang kemudian mendorong bapak empat anak ini untuk mencari tahu mengenai seluk beluk Kartini dan membuatnya menjadi film. Tak hanya membaca literatur, Hanung dan timnya juga melakukan riset hingga ke Belanda.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...