Hadiri Upacara HUT RI di Istana dengan Keluarga, SBY Kenakan Pakaian Adat Palembang

Foto: Hadiri Upacara HUT RI di Istana dengan Keluarga, SBY Kenakan Pakaian Adat Palembang
WowKeren dan Kanal247


Tidak hanya mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sejumlah pejabat lainnya yang hadir dari upacara di Istana Negara juga mengenakan pakaian adat daerah di Indonesia.

Kanal247.com - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 yang digelar Kamis (17/8) semakin terasa istimewa. Pasalnya, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk pertama kalinya hadir untuk mengikuti acara tersebut di Istana Negara setelah tak menjabat.


Baca juga ...

Menariknya, SBY dan Ibu Ani Yudhoyono tampak tampil tidak biasa. Ketua Umum Partai Demokrat itu tampak hadir dengan mengenakan pakaian adat asal Palembang, Sumatera Selatan. Sedangkan Ibu Ani mengenakan kebaya berwarna merah yang dipadu dengan songket Palembang. "Ini pakaian adat Palembang," ujar SBY.

SBY dan Ibu Andi diketahui hadir sekitar pukul 09:10 WIB. Ia juga sempat mengucapkan harapannya untuk HUT RI ke-72. "Selamat hari kemerdekaan, semoga pers makin maju," ujarnya.

Mantan Presiden SBY tidak datang sendirian. Selain didampingi istrinya, keluarganya yang lain juga tampak hadir. Diantaranya ada putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono dan istrinya Annisa Pohan serta putra bungsunya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan istrinya, Aliya Rajasa. Mereka semua kompak mengenakan pakaian adat Palembang.

Kedatangan SBY tersebut disambut dengan positif oleh sejumlah pihak. Hal ini sekaligus menunjukkan tidak ada kerenggangan antara Cikeas dan Istana. Seperti diketahui, sebelumnya sempat muncul isu ketegangan yang terjadi antara Jokowi dan SBY. Apalagi SBY juga tidak hadir dalam Sidang Tahunan MPR yang digelar pada Rabu (16/8).

Sementara itu, penampilan menarik juga diusung oleh Presiden Joko Widodo dan istrinya Iriana Joko Widodo. Sang Presiden tampak mengenakan pakaian adat Kalimantan berupa jas yang dipadu dengan songket dan tutup kepala. Sedangkan Ibu Negara tampak mengenakan pakaian adat Minang berwarna merah lengkap dengan penutup kepalanya.

Sejumlah pejabat yang hadir lainnya juga tampak datang mengenakan pakaian adat daerah di Indonesia. Contohnya seperti Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menggunakan pakaian adat dari Papua. Diketahui jika 15.000 undangan yang datang memang diminta untuk mengenakan pakaian adat.

Upacara Bendera HUT RI ke-72 di Istana Negara kali ini tentunya terasa sangat istimewa dengan penampilan para pesertanya yang mengenakan pakaian adat. Hal tersebut sekali lagi membuka mata publik jika Indonesia mempunyai keragaman budaya yang sangat banyak dan kaya. Persatuan dan Nasionalisme juga terasa kuat dalam upacara tersebut.

Loading...

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...