Heboh Soal Bendera RI Terbalik, Mobil di Solo Ini Balas Pamer Bendera Malaysia Terbalik

Foto: Heboh Soal Bendera RI Terbalik, Mobil di Solo Ini Balas Pamer Bendera Malaysia Terbalik
WowKeren dan Kanal247


Meski ikut merasa tersinggung dengan insiden bendera RI terbalik di SEA Games, publik Indonesia merasa tidak perlu untuk membalasnya dengan hal yang sama.

Kanal247.com - Gelaran SEA Games 2017 tengah menjadi sorotan masyarakat di Indonesia dan Malaysia. Tidak hanya karena pertandingannya, beragam hal terjadi hingga membuat adanya singgungan antara kedua negara.


Baca juga ...

Salah satunya yang paling mengegerkan adalah insiden bendera Republik Indonesia (RI). Seperti diketahui baru-baru ini, publik digegerkan oleh kesalahan yang ada di buku panduan SEA Games dari pihak Malaysia. Di buku tersebut, bendera Indonesia digambarkan terbalik dengan bagian merah di atas.

Kesalahan tersebut tak pelak membuat masyarakat di Tanah Air meradang. Mereka mengecam dengan keras pemerintahan Negeri Jiran itu dan menganggapnya sebagai suatu penghinaan.

Beragam protes juga dilayangkan oleh masyarakat di Tanah Air. Contohnya seperti yang terjadi baru-baru ini di Solo, Jawa Tengah. Sebuah akun @essa_hebat mengunggah video sebuah mobil yang dikendarai mengelilingi kota. Namun di bagian belakangnya dipajang bendera Malaysia namun dalam kondisi terbalik.

Apa kabar Malaysia?? #indonesia #seagames2017 #seagames2017malaysia #kamuharustau

A post shared by Essa Hebat (@essa_hebat) on

Postingan tersebut kemudian langsung ramai dikomentari oleh pengguna media sosial lainnya. Banyak yang mendukung aksi pembalasan tersebut. Meski begitu, banyak juga yang menganggap jika Indonesia sebaiknya tidak membalas kesalahan tersebut.

"Bukanya kalo begitu kita jadi sama kyak mereka... dia buruk melakukan itu kita membalas dg hal sama berati kita jg sama halnya buruk," ujar netter. "Tidak ada faedah nya ketika di balas, dalam intinya manusia tu gak ada yang sempurna berpikir panjang jangan hanya bisa melihat sisi negatif #heran," imbuh yang lain.

Aksi pembalasan juga ramai di media sosial lainnya dalam bentuk gambar-gambar dan meme. Salah satunya seperti gambar bendera Malaysia terbalik yang diikuti kalimat berbunyi, "Kami Juga Lupa Bendera Anda!". Baru-baru ini aksi hacker asal Indonesia meretas situs Malaysia terkait dengan bendera terbalik itu juga sempat menjadi sorotan.

Sementara itu, pihak Malaysia sendiri sebenarnya telah mengakui kesalahan tersebut dan meminta maaf pada pihak Indonesia. Mereka sangat menyesal dan menyayangkan terjadinya kelalaian tersebut. Pihak pemerintah RI sebelumnya juga telah memaafkan setelah pihak Malaysia mengeluarkan pernyataan langsung.

Loading...

Komentar Anda

Topik Berita

Rekomendasi Artikel

Loading...