Duel Gladiator Sudah Berlangsung 4 Tahun, Tiap Sekolah di Bogor Wakilkan 5 Pelajar

Foto: Duel Gladiator Sudah Berlangsung 4 Tahun, Tiap Sekolah di Bogor Wakilkan 5 Pelajar
WowKeren dan Kanal247


Pihak kepolisian telah menangkap empat tersangka yang dinilai terlibat dalam kasus kematian Hilarius. Mereka berperan sebagai wasit hingga petarung.

Kanal247.com - Kematian Hilarius Christian Event Raharjo (15) membuka mata masyarakat atas pertarungan ala gladiator yang terjadi antar pelajar di Bogor. Siswa kelas X SMA Budi Mulya itu diduga tewas setelah bertarung mati-matian dalam "bom-boman" dengan pelajar dari sekolah lain.


Baca juga ...

Dari informasi yang ada diketahui fakta mengejutkan, jika pertarungan gladiator tersebut ternyata sudah berlangsung selama empat tahun. Tradisi ini kabarnya dilakukan setiap menjelang pertandingan basket antar sekolah di Bogor, Jawa Barat.

"Dari hasil keterangan di lapangan dan beberapa saksi, tradisi ini sudah berjalan kurang lebih 4 tahun," ujar Kapolresta Bogor Kota, Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolresta Bogor Kota, Kamis, (21/9).

Tidak tanggung-tanggung, Kombes Ulung mengungkap jika setiap sekolah harus mengirimkan lima pelajar untuk "mewakili". Mereka kemudian diadu satu lawan satu di lapangan terbuka, sedangkan pelajar lain menonton dan mengelilingi sambil bersorak-sorak.

"Tradisi ini baru ketahuan setelah ada korban. Setelah kejadian ini tidak ada lagi tradisi itu. Senior-seniornya sebelumnya juga sudah di keluarkan oleh pihak sekolahnya masing-masing," tutur Ulung.

Kini setelah ada kematian Hilarius kabarnya pertarungan ala gladiator tersebut telah dihentikan. Meski begitu, pihak kepolisian masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut dan memastikan hal serupa tidak akan terjadi. "Untuk sekolah lain kita sedang kami selidiki. Motif dan tujuan kegiatan ini juga sedang kita dalami termasuk mencari tahu golnya apa bagi yang menang atau kalah setelah mereka berduel," imbuhnya.

Seperti diketahui, kasus Hilarius Christian Event Raharjo terungkap setelah sang ibu, Maria menuliskan mengenai kisahnya di akun media sosial. Dalam sekejap postingan itu menjadi viral dan polisi akhirnya turun tangan melakukan penyelidikan. Baru-baru ini makam pemuda yang tewas saat masih berusia 15 tahun itu juga dibongkar untuk dilakukan otopsi.

Pihak kepolisian telah menangkap empat dari enam tersangka dalam kasus kematian Hilarius Christian Event di Taman Palupuh, Bogor Utara, Kota Bogor pada 29 Januari 2016. Keempat tersangka yang berinisial BV, HK, MS dan TB itu memiliki peran berbeda mulai petarung hingga wasit. Mereka dijerat dengan Pasal 80 jo Pasal 76 huruf C UU RI no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel