Lapar Tengah Malam? Hindari 7 Jenis Makanan Ini

Foto:  Lapar Tengah Malam? Hindari 7 Jenis Makanan Ini DermaMed Solutions
WowKeren dan Kanal247

Jika ingin mengonsumsi makanan saat malam hari, jangan lupa hindari 7 jenis makanan ini. Penasaran apa saja?

Kanal247.com - Lapar pada malam hari memang menyiksa sebagian orang. Terkadang karena rasa lapar tersebut menganggu kenyamanan saat tidur lho.

Tidak heran jika sebagian orang memilih tidur dengan perut kenyang dari pada didera rasa lapar. Namun rupanya hal itu tidak baik buat kesehatan. Berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, stroke, gangguan pencernaan dapat menyerang tubuh.

Jika masih nekat makan saat malam hari sebaiknya diberi jeda waktu sebelum tidur. Dan jangan lupa hindari beberapa makanan ini. Apa saja ya?


Baca juga ...

1. Jangan Konsumi Makanan yang Berlemak


Jangan Konsumi Makanan yang Berlemak

Mengisi perut malam hari, sebaiknya jangan dengan makanan yang berlemak. Seperti hamburger, kentang goreng, pizza dan lainnya.

Mengonsumsi makanan yang berlemak saat malam hari dapat membuat seseorang lesu keesokan paginya. Selain itu, makanan tersebut dapat menyebabkan saluran pencernaan bekerja terlalu keras untuk mencerna semua makanan tersebut.

2. Hindari Makanan Manis dan Tinggi Karbohidrat


Hindari Makanan Manis dan Tinggi Karbohidrat

Saat ingin tidur, terkadang sebagian orang membutuhkan makanan manis agar dapat beristirahat dengan nyaman dan bahagia. Tapi, jangan sampai kebanyakan lho.

Makanan yang manis dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan malah menganggu tidur seseorang. Hindari makanan seperti kue, roti, kue kering dan lainnya. Makanan itu dapat digantikan dengan sebuah apel misalnya.

3. Minuman Berkafein Bikin Sulit Tidur


Minuman Berkafein Bikin Sulit Tidur

Minuman berkafein seperti kopi tidak hanya dapat membuat seseorang kesulitan tidur. Tetapi juga menyebabkan buang air kecil yang berlebihan.

Tak hanya kopi, minuman bersoda pun mengandung kafein sebanyak 45 miligram dengan kisaran jumlah 335 mililiter minuman itu. Jadi hindari juga minuman bersoda ya.

4. Sulit untuk Dicerna, Hindari Daging


Sulit untuk Dicerna, Hindari Daging

Sebelum tidur, sangat tidak disarankan untuk makanan daging merah seperti kambing maupun sapi. Pasalnya, daging sulit dicerna oleh tubuh dan menyebabkan sulit tidur.

Selain itu, kandungan triptofan dan zat besi dalam daging bisa membuat tidur terganggu bahkan menyebabkan kram jika dikonsumsi sebelum tidur. Lemak dan proteinnya juga menyebabkan kenaikan berat badan lho.

5. Jangan Konsumsi Makanan Pedas Jika Tak Ingin Sakit Perut


Jangan Konsumsi Makanan Pedas Jika Tak Ingin Sakit Perut

Makanan pedas sebaiknya dihindari saat malam hari. Makanan yang mengandung cabai berlebihan dapat membuat perut sakit yang tentu saja menyebabkan kualitas tidur menurun.

Senyawa kimia dalam makanan pedas juga membuat seseorang mengalami mimpi buruk. Jadi tunda dulu konsumsi makanan pedas sampai keesokan harinya.

6. Kurangi Konsumsi Buah-Buahan Asam


Kurangi Konsumsi Buah-Buahan Asam

Pada malam hari jangan mengonsumsi buah-buahan yang asam. seperti anggur, jeruk dan nanas. Buah-buahan tersebut sebaiknya dikonsumsi pada siang hari saja.

Pasalnya, kandungan asam dalam buah-buahan tersebut dalam menyebabkan masalah lambung jika dimakan pada malam hari. Seseorang dapat mengalami maag atau kembung yang membuat tidur tidak nyaman karenanya.

7. Jangan Makan dengan Porsi Banyak


Jangan Makan dengan Porsi Banyak

Makan saat malam hari sebaiknya dengan porsi kecil saja. Porsi yang ringan sudah cukup untuk membantu seseorang tidur.

Sebaiknya cukup dengan mengonsumsi makanan dengan kalori dibawah 200 sehingga tidak akan mengalami gangguan saat tidur. Jangan lupa harus memakan makanan yang sehat ya.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel