Sempat Banjir Kritikan Karena Konsepnya, Respons Member 'Food Diary' Ini Buat Netter Terkesan

Foto: Sempat Banjir Kritikan Karena Konsepnya, Respons Member 'Food Diary' Ini Buat Netter Terkesan Allkpop
WowKeren dan Kanal247


Tak sedikit yang setuju dengan kata-kata yang diucapkan oleh Hwang Kyo Ik di episode terbaru 'Food Diary'.

Kanal247.com - Seperti yang diketahui, reality show terbaru tvN yang berjudul, "Food Diary" menuai kontroversi usai menayangkan episode perdananya beberapa waktu yang lalu. Tak sedikit yang menentang konsep "Food Diary" di mana para member acaranya membesarkan sendiri ayam yang akan mereka makan nantinya.

Banyak yang mengatakan bahwa konsep itu sangatlah 'kejam'. Bahkan, beberapa organisasi hak asasi hewan juga melayangkan petisi agar program acara tersebut segera di akhiri.

Baca juga ...

Rabu, 13 Juni 2018, pihak tvN menayangkan episode terbaru "Food Diary". Dalam kesempatan itu, Hwang Kyo Ik yang merupakan seorang kolumnis di bidang nutrisi angkat bicara terkait dengan kontroversi tersebut.

Penjelasan Hwang Kyo Ik Terkait Kritikan Netizen

Sumber: Allkpop


"Sangat tidak nyaman sekali untuk menangkap sendiri (hewan yang akan dimakan) dan menyantapnya. Oleh sebab itulah kita membuat orang lain yang lakukan hal itu untuk kita," ujar Hwang Kyo Ik. "Dari sudut pandang agama, orang-orang yang duduk di posisi tinggi dalam sebuah hierarki tidak diperbolehkan membunuh. Kau memakannya ketika orang lain memasaknya untukmu. Jadi di masa lalu, orang-orang akan menangkap (hewan dan membunuhnya) untuk satu sama lain. Mereka menggunakan segala macam metode untuk memuaskan kebutuhan dasar manusia."

Hwang Kyo Ik pun melanjutkan, "Pada masyarakat kita sekarang ini, penjagalan hewan ditempatkan pada satu lokasi. Kita membuatnya seolah hal itu tidak terjadi dalam kehidupan kita. Aku yakin reaksi yang ditunjukkan oleh netizen itu muncul karena kita biasa memakan hewan tapi tidak menangkap dan menyembelihnya sendiri. Jadi dengan pemikiran itu, aku yakin program acara ini akan sangat bermakna sekali."

Setelahnya, Hwang Kyo Ik pun berbagi cerita tentang pengalamannya menangkap ayam dengan neneknya dulu. Ia menjelaskan bahwa pengalaman itu menjadi sebuah memori yang sangat berharga untuknya.

"Aku pernah menangkap ayam bersama nenekku dulu. Saat itu nenekku menyembelih leher ayam tersebut dengan tubuh ayam yang berada dalam pelukanku," terang Hwang Kyo Ik. "Aku bisa merasakan nyawa ayam yang perlahan menghilang itu dengan tubuhku. Pengalaman itu sangat bermakna untukku. Kau jadi merasa harus menyantap sampai bersih ketika makan ayam. Kita mengambil sebuah nyawa ketika makan daging."

Ucapan Hwang Kyo Ik itu pun menuai banyak komentar netizen. Tak sedikit yang setuju dengan semua yang dikatakan oleh Hwang Kyo Ik saat itu.

"Mulai saat ini aku akan makan semuanya tanpa menyisakan apa pun. Sebegitu berharganya nilai dari makanan... aku bersyukur sekaligus meminta maaf pada semua makanan yang kusantap selama ini..." tulis salah seorang netter. "Aku tahu ini adalah acara yang akan dicintai atau dibenci oleh orang-orang. Tapi kurasa acara ini sukses membuat orang-orang berpikir tentang korelasi antara hidup dan makanan mereka," ujar netter lain. "Kata-katanya sungguh meyakinkan. Aku juga sebelumnya bertanya-tanya kenapa acara seperti ini harus dibuat. Tapi kata-katanya membuatku mempertimbangkan kembali pikiranku sebelumnya," tukas yang lainnya.

Loading...

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel