Jangan Diabaikan, Kenali 6 Gejala Umum Diabetes

Foto: Jangan Diabaikan, Kenali 6 Gejala Umum Diabetes Biosphere Nutrition
WowKeren dan Kanal247


Jangan pernah menganggap remeh 6 hal yang bisa jadi gejala diabetes ini. Apa saja ya?

Kanal247.com -


Diabetes merupakan penyakit di mana tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup atau hormon pengatur gula darah tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Kurangnya insulin dalam tubuh lah yang menyebabkan gula darah meningkat.

Penyebab diabetes sendiri tidak hanya karena pola makan yang tidak baik. Diabetes dapat disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Kebiasaan merokok pun bisa jadi salah satu penyebab penyakit ini lho.

Baca juga ...

Sebagian orang mungkin tidak menganggap remeh beberapa hal yang bisa jadi gejala diabetes. Mari simak 6 gejala umum diabetes.

1. Penurunan Berat Badan

Penurunan Berat Badan

Turunnya berat badan yang tiba-tiba tentu membuat sebagian orang bahagia. Namun hal tersebut dapat menandakan bahwa pankreas tidak bekerja dengan baik.

Kehilangan berat badan secara tidak sengaja dapat menjadi tanda pertama diabetes. Tetapi hal ini juga bisa menjadi langkah awal menurunkan resiko diabetes. Mulai lah dengan memakan makanan yang sehat sejak saat itu.

2. Penglihatan Menjadi Kabur

Penglihatan Menjadi Kabur

Penglihatan yang tidak baik mungkin dianggap biasa oleh masyarakat saat ini. Sebagian orang telah menggunakan kacamata atau lensa kontak dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, kamu tetap harus berhati-hati terhadap hal tersebut. Penglihatan yang buram sering menjadi gejala diabetes karena kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pembengkakan pada lensa mata. Penglihatan kabur ini pun hanya bersifat sementara, bisa jadi mata kamu normal kembali ketika gula darah turun.

3. Napas Berbau Manis

Napas Berbau Manis

Diabetes biasanya dapat dikenali dengan bau napas yang manis atau seperti cat kuku. Ketika tubuh tidak bisa memproduksi insulin, sel tubuh tidak bisa menerima glukosa yang dibutuhkan untuk menjadi bahan bakar.

Lalu, tubuh akan membakar lemak yang menghasilkan kenton. Tingkat kenton yang tinggi itu lah yang menyebabkan bau mulut menjadi seperti cat kuku. Kenton biasanya terbentuk dalam darah dan air seni.

4. Sering Buang Air Kecil

Sering Buang Air Kecil

Penderita diabetes akan memiliki kandungan gula dalam darah mereka. Hal tersebut membuat ginjal bekerja keras untuk menyerap gula tambahan dan sering gagal dalam prosesnya. Akibatnya penderita akan sering buang air kecil.

Buang air kecil merupakan salah satu cara efektif untuk menyingkirkan kelebihan glukosa dalam tubuh. Ini menjadi alasan utama penderita diabetes tidak bisa menahan untuk buang air kecil.

5. Sering Merasa Haus dan Lapar

Sering Merasa Haus dan Lapar

Salah satu gejala diabetes yang umum adalah meningkatnya rasa lapar dan haus. Pasien diabetes memang sering merasa haus ketika tubuh mereka mencoba mengeluarkan gula berlebih dalam darah saat produksi insulin tidak baik.

Saat seseorang menderita diabetes, gula darah yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi sebagian besar hanya menumpuk dan mengalir dalam pembuluh daras. Gula darah tidak dapat masuuk dalam sel sebagai sumber energi atau bahan bakar.

6. Luka yang Susah Sembuh

Luka yang Susah Sembuh

Jika kalian memiliki luka sekecil apapun yang sulit untuk disembuhkan, sebaiknya segera periksakan gula darah ke dokter. Penderita diabetes memang akrab dengan hal satu ini.

Luka yang ada pada penderita diabetes susah sembuh bahkan akan bertambah parah jika dibiarkan. Hal ini disebabkan karena beberapa hal seperti sirkulasi darah terhambat, kerusakan saraf dan kekebalan tubuh yang melemah.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel