Metabolisme Mulai Melambat? Konsumsi 6 Makanan Ini

Foto: Metabolisme Mulai Melambat? Konsumsi 6 Makanan Ini
WowKeren dan Kanal247


6 makanan ini dapat bantu kalian percepat metabolisme lho. Apa saja ya kira-kira?

Kanal247.com -


Metabolisme merupakan sebutan untuk berbagai proses kimiawi yang berfungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Salah satunya dengan menjaga keseimbangan energi.

Pada tubuh tiap orang, tentunya proses metabolismenya berbeda. Ada yang prosesnya cepat, ada juga yang lambat. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti penurunan cadangan makanan.

Baca juga ...

Dilansir dari MSN, ini 6 makanan yang dapat mempercepat metabolisme menurut Dr. Alissia Zenhausern, NMD dan Rebecca Lee, RN. Mari simak...

1. Makanan Berserat Tinggi

Makanan Berserat Tinggi

Makanan yang mengandung serat sangat lah penting untuk diet guna mempercepat metabolisme. Serat diubah menjadi asam lemak dan kemudian digunakan sebagai sumber energi untuk tubuh.

Menurut Lee, serat juga memberikan rasa kenyang yang lama bagi yang mengonsumsinya. Kalian dapat menemukan serat yang banyak di makanan seperti gandum, apel, plum, jeruk, wortel, kentang, kacang kedelai, kacang merah dan masih banyak lagi.

2. Air Putih Bantu Metabolisme yang Melambat

Air Putih Bantu Metabolisme yang Melambat

Manfaat air putih memang sudah tidak diragukan lagi. Penting bagi setiap orang untuk memastikan dirinya minum cukup air setiap hari.

Pasalnya, ketika kekurangan asupan air, akan terjadi gejala seperti kelelahan, dehidrasi, peningkatan rasa lapar, mesalah pencernaan dan tentunya metabolisme yang melambat. Minum air dapat membantu meningkatkan metabolisme berkat proses yang dikenal dengan thermpgenesis yang diinduksi air. Jadi, jika meminum segelas air dingin atau suhu ruangan, tubuh akan membakar kalori untuk membantu menghangatkan suhunya.

3. Kopi Membantu Membakar Kalori

Kopi Membantu Membakar Kalori

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme. Menurut penelitian tersebut, minum tiga cangkir kopi (sekitar 270 mg) dapat membakar 300 kalori per hari.

Eits, namun yang dimaksud adalah kopi hitam ya. Bukan kopi yang telah ditambahkan pemanis atau pun susu.

4. Rumput Laut Mengandung Yodium yang Penting untuk Tiroid

Rumput Laut Mengandung Yodium yang Penting untuk Tiroid

Rumpul laut mengandung yodium yang penting untuk tubuh. Yodium berguna untuk membantu fungsi tiroid bekerja dengan tepat.

Kesehatan tiroid sendiri adalah komponen besar dari metabolisme seseorang. Meski jarang dikonsumsi di Indonesia, makanan satu ini punya manfaat besar ya.

5. Kandungan Teh Hijau Bekerja Sama Tingkatkan Metabolisme

Kandungan Teh Hijau Bekerja Sama Tingkatkan Metabolisme

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang disebut katekin dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme ketika mereka bekerja sama. Kedua kandungan tersebut membantu meningkatkan kadar hormon, norepinefrin yang memberikan sinyal pada lemak yang tersimpan untuk dilepaskan ke dalam aliran darah sehingga dapat digunakan sebagai energi.

Namun, tidak semua teh hijau dibuat sama. Kalian juga harus melihat dengan teliti produk yang dikonsumsi.

6. Makanan yang Kaya Protein

Makanan yang Kaya Protein

Makanan yang kaya protein akan membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Pasalnya, protein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak.

Tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencerna dan tentunya membakar lebih banyak kalori. Jadi jika ingin menurunkan berat badan tanpa banyak usaha, kalian bisa mengonsumsi banyak protein.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel