Selain Makanan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan Penuaan Dini

Foto: Selain Makanan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan Penuaan Dini
WowKeren dan Kanal247


Jangan lakukan kebiasaan buruk ini jika tak ingin terlihat lebih tua.

Kanal247.com - Tidak ada orang terutama wanita yang ingin terdapat tanda-tanda penuaan diri di wajahnya. Salah satu cara untuk terhindar dari keriput dan tanda penuaan dini lainnya adalah merawat wajah dengan berbagai produk kecantikan.

Baca juga ...

Nah, untuk menjaga tetap terlihat muda. Kalian juga perlu menghindari beberapa makanan yang menyebabkan penuaan dini. Coba simak artikel satu ini.


Selain itu, beberapa kebiasaan buruk yang sering kalian lakukan juga dapat menyebabkan timbulnya keriput dan flek-flek hitam. Apa saja, ya? Selengkapnya ada di bawah ini.

1. Jangan Duduk Terlalu Lama Agar Awet Muda

Jangan Duduk Terlalu Lama Agar Awet Muda

Siapa yang sering bermalas-malasan atau menghabiskan waktu duduk di depan komputer untuk bekerja? Tahukah kalian bahwa duduk dan kurang bergerak mengakibatkan penuaan pada sel-sel tubuh, seperti yang ditemukan pada penelitian dari American Journal of Epidermiology.

Para penelitimengamati kromosom dari 1.500 responden perempuan dan menemukan bahwa bagian ujung DNA (telomeres) dalam sel tubuh memendek seiring bertambahnya usia. Nah, dengan terlalu banyak duduk, kalian mempercepat proses memendeknya telomeres. Jadi, imbangi aktivitas sehari-hari dengan kegiatan yang lebih aktif.

2. Penuaan Dini Disebabkan oleh Merokok dan Minum Alkohol

Penuaan Dini Disebabkan oleh Merokok dan Minum Alkohol

Kalian pasti tahu bahwa merokok dan minum alkohol merupakan kebiasaan buruk yang berdampak pada kesehatan seseorang. Selain itu, rokok dan alkohol juga menyebabkan penuaan dini lantaran racun serta radikal bebas di dalamnya dapat menyerang sel-sel kulit sehingga kulit lambat untuk mengganti selnya yang mati.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa tanda-tanda penuaan seperti garis halus pada perokok akan muncul 10-15 tahun lebih cepat ketimbang orang yang tidak merokok. Selain itu, konsumsi alkohol akan membuat kerusakan pada tekstur dan warna kulit.

3. Tidak Menggunakan Sunscreen saat Beraktivitas

Tidak Menggunakan Sunscreen saat Beraktivitas

Sinar UV dapat menyebabkan radikal bebas yang merusak kolagen, elastin dan sel-sel kulit yang berujung pada penuaan diri bahkan kanker kulit. Untuk mengatasi hal tersebut kalian perlu melindungi kulit dengan krim tabir surya setiap hari saat beraktivitas di luar ruangan.

Penelitian juga mencatat bahwa 70% proses penuaan dini tergantung pada paparan sinar matahari langsung ke kulit. Maka, jangan sepelekan penggunaan tabir surya pada kulit, ya. Tidak hanya wajah, namun juga semua area kulit juga memerlukan sunscreen.

4. Kurang Tidur Sebabkan Keriput

Kurang Tidur Sebabkan Keriput

Tidur merupakan hal yang penting agar tetap fit untuk menjalani hari keesokan harinya. Jika seseorang kurang tidur, aktivitas yang dijalaninya akan terganggu dan terhambat. Selain itu, waktu tidur yang tidak cukup juga sebabkan penuaan dini, lho.

Sebuah penelitian dari University Hospitals Case Medical Center menemukan bahwa wanita yang masuk dalam kategori kurang tidur menunjukkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti keriput, warna kulit tidak merata, kulit kendur dan lainnya. Nah, pastikan tidur kalian tetap nyaman dan nyenyak dengan beberapa langkah berikut, simak di sini.

5. Stres Bikin Wajah Cepat Tua

Stres Bikin Wajah Cepat Tua

Kalian mungkin tidak mengetahui bahwa stres akan mendorong proses penuaan dini. Hal ini disebabkan lantaran peningkatan hormon corsitol saat stres yang mengakibat kerusakan sel-sel tubuh akibat oksidasi.

Ketika menghadapi masalah atau pun kesibukan, coba untuk tenangkan diri. Selain itu, kalian bisa berbagi pikiran dengan keluarga atau teman dekat agar beban lebih ringan.

6. Terlalu Sering Berganti Produk Perawatan Kulit

Terlalu Sering Berganti Produk Perawatan Kulit

Seperti yang telah disebutkan, produk perawatan kulit merupakan salah satu cara untuk mencegah penuaan dini. Namun, cara ini malah akan berakibat sebaliknya jika kalian terlalu sering mengganti produk perawatan kulit.

Perlu kalian tahu bahwa gonta-ganti produk perawatan kulit akan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini lantaran zat kimia di dalamnya bereaksi dengan kulit kalian. Maka dari itu, beri jarak waktu jika kalian ingin mengganti produk.

7. Kurang Air Putih Sebabkan Penuaan Dini

Kurang Air Putih Sebabkan Penuaan Dini

Kulit memerlukan hidrasi yang baik. Air merupakan komponen penting bagi kulit dan struktur di bawahnya. Jika kekurangan air alias dehidrasi, kulit akan kehilangan daya elastisitasnya. Dehidrasi juga akan membuat kulit menjadi kering dan tampak keriput. Cekungan di daerah maka juga akan terlihat. Alhasil, wajah kalian tampak lebih tua dari sebelumnya.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...