Kantong Mata Menghitam Sebabkan Tak Percaya Diri? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Foto: Kantong Mata Menghitam Sebabkan Tak Percaya Diri? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
WowKeren dan Kanal247


Hindari penyebab timbulnya kantong mata hitam agar penampilan tampak lebih segar.

Kanal247.com - Kantong mata hitam atau yang paling sering disebut dengan mata panda merupakan masalah yang cukup mengganggu bagi sebagian wanita. Keberadaan mata panda membuat penampilan tampak lesu dan tidak segar.

Baca juga ...


Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi kantong mata yang menghitam. Mulai dari menutupinya menggunakan make up, memakai perawatan wajah khusus area bawah mata hingga bahan-bahan alami.

Namun, cara yang paling baik untuk mengatasi kantong mata menghitam adalah menghindari penyebab hal tersebut terjadi. Bukannya mencegah lebih baik daripada mengobati?

Nah, berikut terdapat 6 penyebab mata panda. Simak lengkapnya di bawah ini.

1. Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan wajah yang sangat penting. Krim tabir surya sering disepelekan pemakaian, padahal paparan sinar UV yang langsung terkena kulit dapat menyebabkan berbagai masalah wajah hingga kanker. Nah, salah satunya adalah kantong mata yang menghitam. Perlu kalian ketahui bahwa kulit area bawah lebih tipis dari pada lainnya sehingga rentan rusak.

Maka dari itu, gunakan krim tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit wajah kalian. Jangan lupakan bagian sekitar mata agar ikut terlindungi. Dengan melakukan hal ini, dijamin area hitam pada bawah mata dapat teratasi.

2. Tidur dengan Make Up Mata yang Belum Dihapus

Tidur dengan Make Up Mata yang Belum Dihapus

Pernah tidur dengan riasan mata yang masih menempel hingga pagi? Atau bahkan sering? Nah, tanpa kalian sadari, kebiasan ini menyebabkan munculnya mata panda, lho. Kulit di bawah mata akan semakin gelap karena riasan yang tidak dihapus.

Mengatasi hal ini tentu cukup mudah. Kalian hanya perlu rajin membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur. Tidak hanya make up mata, namun juga seluruh wajah, ya. Kalau perlu lakukan double celansing agar riasan benar-benar hilang.

3. Menghapus Make Up Area Bawah Mata dengan Kasar

Menghapus Make Up Area Bawah Mata dengan Kasar

Membersihkan make upmerupakan kewajiban agar area kantong mata tidak menghitam. Namun, kalian perlu melakukannya dengan lembut. Pasalnya, kulit di bawah mata yang tipis dapat rusak dan menyebabkan perubahan warna menjadi lebih gelap jika kalian menggosoknya dengan kasar.

Sebaiknya, gosok area bawah mata secara perlahan namun pasti. Jangan mengusap dengan keras dan terburu-buru. Pastikan juga semua make up telah tersapu bersih, ya.

4. Jam Tidur Berantakan Akan Menyebabkan Mata Panda

Jam Tidur Berantakan Akan Menyebabkan Mata Panda

Apa kalian mengalami insomnia atau tidur tidak teratur? Nah, jangan heran jika area kantong mata menghitam. Perlu kalian tahu bahwa kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar, sehingga warnanya akan lebih gelap.

Hal ini dapat diatasi dengan mulai mengatur jam tidur dengan baik. Selain itu, jangan terlalu lama menatap komputer atau ponsel hingga larut malam karena hanya akan menyebabkan rasa kantuk hilang.

5. Mata Panda dapat Disebabkan Karena Diet Tidak Sehat

Mata Panda dapat Disebabkan Karena Diet Tidak Sehat

Timbulnya mata panda juga disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, termasuk diet. Proses menurunkan berat badan secara ketat dan tidak memikirkan kesehatan akan menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi. Hal ini tentu menyebabkan tubuh lesu dan area bawah mata menghitam .

Memperbaiki gaya hidup dan diet merupakan satu-satunya jalan untuk mengatasi hal tersebut. Daripada menerapkan diet yang beresiko pada kesehatan, kalian harus mencoba beberapa diet sehat seperti OCD, diet mayo, diet paleo dan masih banyak lagi. Selengkapnya kalian bisa simak di sini.

6. Stres Sebabkan Kantong Mata Menghitam

Stres Sebabkan Kantong Mata Menghitam

Saat stres, kulit dan jaringan tubuh melemah. Hal ini juga berlaku pada jaringan kulit sekitar mata. Nah, akibatnya kantong mata dapat terbentuk karena penumpukan cairan. Oleh karena itu, kalian harus lebih rileks dalam menghadapi sesuatu agar tidak menimbulkan stres. Selain itu, kalian juga dapat membagikan cerita pada keluarga dan teman agar beban menjadi lebih ringan.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...