Sering Memencet Jerawat Sembarangan? Kenali Bahaya yang Dapat Terjadi Hingga Sebabkan Kematian

Foto: Sering Memencet Jerawat Sembarangan? Kenali Bahaya yang Dapat Terjadi Hingga Sebabkan Kematian Shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Memencet jerawat wajah, apalagi berada di area berbahaya, yakni 'Triangle of Death' atau 'Danger Triangle of The Face' yang meliputi bagian bibir atas hingga bagian atas hidung di antara alis sangat berbahaya.

Kanal247.com - Jerawat merupakan masalah kulit yang paling dihindari oleh semua orang. Munculnya jerawat bahkan terkadang bisa membuat mood buruk lantaran merusak penampilan kalian.

Baca juga ...


Saking sebalnya terhadap jerawat di wajah, kadang kalian tak sabar kemudian memencetnya agar cepat sembuh. Namun, hal tersebut bisa saja menjadi petaka untuk kalian.

Perlu kalian ketahui bahwa memencet jerawat wajah, apalagi berada di area berbahaya, yakni "Triangle of Death" atau "Danger Triangle of The Face" yang meliputi bagian bibir atas hingga bagian atas hidung di antara alis sangat berbahaya. Hal ini lantaran bagian bawah permukaan kulit di area tersebut terdapat cavernous sinus, rongga tempat syaraf dan pembuluh darah utama yang membawa darah ke otak. Ketika terkena infeksi jerawat, tandanya itu dapat menyebar ke pembuluh darah dan bisa masuk ke pusat syaraf. Jika infeksi menyebar, kemungkinan besar stroke atau kebutaan dapat terjadi. Lebih buruknya lagi kematian.

Selain itu, masih banyak dampak lain yang dapat terjadi ketika memencet jerawat. Mau tahu apa saja? Simak lengkapnya di bawah ini.

1. Memencet Jerawat Sebabkan Iritasi

Memencet Jerawat Sebabkan Iritasi

Setelah memencet jerawat sebagian orang kerap mengalami iritasi. Bukannya sembuh, kulit bisa saja terasa gatal, memerah dan perih di daerah sekitar jerawat. Memencet jerawat hanya akan menyebabkan kondisi yang semakin parah.

Hal tersebut disebabkan karena kuman dan bakteri yang ada di dalam jerawat keluar dan mengenai bagian kulit lainnya. Kuman dan bakteri tersebut yang menyebabkan iritasi. Apalagi jika kalian sembarangan menyentuhnya dengan tangan kotor.

2. Terjadi Infeksi hingga Mempengaruhi Otak

Terjadi Infeksi hingga Mempengaruhi Otak

Bukan hanya iritasi, memencet jerawat bisa sebabkan infeksi, terutama pada area segitiga yang telah disebutkan sebelumnya. Perlu kalian ketahui, ujung hidung memiliki jaringan vena yang terhubung secara langsung pada otak.

Jika kalian sering memencet jerawat pada daerah tersebut kemudian terjadi kesalahan, maka akan berpengaruh langsung ke otak. Pasalnya, kuman dan bakteri bisa saja masuk ke dalam otak melalui perantara aliran vena tersebut. Penyakit serius berupa radang selaput otak yang sulit disembuhkan bisa terjadi.

3. Waspada Pendarahan saat Memencet Jerawat

Waspada Pendarahan saat Memencet Jerawat

Pori-pori yang tersumbat otomatis akan terbuka saat memencet jerawat. Pendarahan pun bisa saja terjadi ketika kalian melakukan hal tersebut. Jika pendarahan yang terjadi semakin parah, terutama bagi mereka yang darahnya sulit untuk membeku maka akan terjadi terus menerus.

Hal ini tentu sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan serius. Pendarahan akan berakibat pada pengurangan darah yang membuat lemas pada tubuh, konsentrasi menurun dan mudah terserang penyakit.

4. Muncul Jaringan Parut pada Wajah

Muncul Jaringan Parut pada Wajah

Bahaya memencet jerawat selanjutnya adalah timbulnya jaringan parut pada wajah yang akan mengganggu penampilan. Saat memencet jerawat, jaringan di sekitarnya juga bisa rusak secara permanen dan meninggalkan bekas luka. Apa kalian mau jika jerawat bukannya sembuh malah timbul bekas luka?

5. Meninggalkan Bopeng

Meninggalkan Bopeng

Selain bekas luka, bopeng juga akan timbul jika kalian sering memencet jerawat. Bopeng seperti bekas luka namun berbentuk cekung seperti lubang di kulit dan tidak dapat hilang dengan sendirinya. Kalian harus melakukan serangkaian perawatan untuk mengatasinya. Sebut saja chemical peeling, krim khusus, dermabrasi dan lainnya dapat membantu menghilangkan bopeng.

6. Jerawat Semakin Meradang dan Banyak

Jerawat Semakin Meradang dan Banyak

Sudah berusaha memencet jerawat namun isinya masih tidak keluar? Hal itu akan mengakibatkan pembengkakan pada jerawat bertambah. Kegagalan tersebut terkadang menimbulkan darah yang menggumpal pada jerawat. Kalian akan merasakan perih dan sakit juga bertambah.

Selain itu, kuman dan bakteri yang menyebar saat isi jerawat keluar bisa menyebar ke kulit sekitarnya. Hal ini yang menyebabkan timbulnya jerawat baru. Maka, segera hindari tindakan salah ini agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Memencet Jerawat Bisa Sebabkan Kematian

Memencet Jerawat Bisa Sebabkan Kematian

Parahnya, memencet jerawat bisa sebabkan kematian juga, lho. Akibat ini masih berhubungan dengan area segitiga yang berbahaya. Seperti yang telah disebutkan bahwa area tersebut memiliki saraf yang berhubungan dengan otak. Maka jika kerusakan saraf terjadi, pendarahan hingga infeksi dalam kondisi parah dapat timbul dan menyebabkan kematian.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...