Sederet Bahan Alami yang dapat Membasmi Ketombe Membandel

Foto: Sederet Bahan Alami yang dapat Membasmi Ketombe Membandel Shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Sudah mencoba berbagai sampo namun ketombe masih saja kembali? Gunakan 6 bahan alami ini.

Kanal247.com - Ketombe merupakan serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabuan yang mengelupas dan menempel pada rambut. Keberadaan ketombe tentu membuat kalian tidak percaya diri. Selain itu, ketombe juga menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kepala.

Baca juga ...


Perlu kalian ketahui bahwa tubuh secara teratur akan merontokkan sel kulit mati setelah membentuk sel kulit baru. Namun, jika sel-sel kulit mati yang tumbuh dan mati dengan terlalu cepat. Sel-sel yang mati tersebut menyebabkan munculnya ketombe.

Penyebab percepatan pertumbuhan dan juga kematian sel kulit mati tersebut masih belum diketahui. Namun, terdapat kemungkinan, yakni deratitis seboroik, sebuah kondisi yang menyebabkan kulit menjadi berminyak.

Mengatasi ketombe juga terkadang menjadi hal yang sulit. Sudah mencoba berbagai sampo namun ketombe masih saja kembali. Nah, kali ini kalian bisa mencoba berbagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Simak di bawah ini.

1. Lidah Buaya untuk Mengatasi Ketombe

Lidah Buaya untuk Mengatasi Ketombe

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang sudah banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Tanaman ini dipercaya dapat menebalkan serta mengatasi rambut rontok. Selain itu, rupanya ketombe juga dapat teratasi dengan lidah buaya, lho.

Manfaat lidah buaya untuk rambut diperoleh berkat kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Untuk penggunaannya, kalian hanya perlu menghaluskan daging lidah buaya. Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala. Pijat lembut agar meresap dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih.

2. Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa

Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang diketahui berguna untuk menyembuhkan penyakit berbahaya seperti alzheimer hingga kanker. Selain itu, minyak jenis ini juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi ketombe membandel di kepala, lho.

Cara menggunakannya adalah dengan mengusapkan minyak kelapa pada akar rambut hingga ujungnya. Pijat-pijat kepala secara lembut kemudian tutup rambut dengan handuk atau shower cup. Diamkan selama satu malam. Bilas hingga bersih pada keesokan harinya.

3. Gunakan Air Beras untuk Membasmi Ketombe

Gunakan Air Beras untuk Membasmi Ketombe

Bahan alami selanjutnya adalah air beras. Air cucian beras berfungsi untuk menyeimbangkan pH di kulit kepala. Hal tersebut sangat baik untuk mencegah dan mengatasi ketombe yang mengganggu. Selain masalah ketombe, air beras dapat memperbaiki rambut yang rusak, mencerahkan kulit, mengobati jerawat dan masih banyak lagi. 

4. Jeruk Nipis dan Lemon Bakal Singkirkan Ketombe

Jeruk Nipis dan Lemon Bakal Singkirkan Ketombe

Jeruk nipis tak hanya digunakan sebagai pelengkap sambal. Bumbu dapur ini sudah dikenal lama dapat mengatasi ketombe yang membandel. Penggunaannya juga dapat menebalkan rambut serta mengatasi kebotakan lantaran memiliki vitamin C yang akan mendorong pertumbuhan akar rambut.

Untuk menggunakannya, kalian dapat Mengiris jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian aplikasikan ke seluruh bagian kulit kepala. Cara satu ini mungkin membuat kulit kepala terasa perih apalagi jika terdapat luka bekas garukan. Namun, dijamin ampuh atasi ketombe, kok.

5. Manfaatkan Cuka untuk Basmi Ketombe

Manfaatkan Cuka untuk Basmi Ketombe

Kalian mungkin tidak percaya bahwa cuka dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Namun, untuk penggunaannya kalian harus berhati-hati. Jangan menggunakan cuka terlalu banyak pada kulit kepala. Kalian bisa memasukkannya ke dalam botol kemudian semprotkan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

6. Baking Soda dapat Menghilangkan Ketombe

Baking Soda dapat Menghilangkan Ketombe

Bahan selanjutnya adalah baking soda. Bahan ini dipercaya sebagai pengelupasan kulit atau eksfoliator yang cukup lembut. Baking soda mampu mengurangi gatal karena sifatnya anti-jamurnya. Kalian hanya perlu membubuhkan baking soda secukupnya di rambut yang masih basah. Pijat lembut kemudian biarkan sekitra dua menit. Kemudian bilas rambut dengan sampo hingga bersih, ya.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...