Sering Lupa dan Susah Berkonsentrasi? 7 Makanan Ini Baik untuk Tingkatkan Daya Ingat

Foto: Sering Lupa dan Susah Berkonsentrasi? 7 Makanan Ini Baik untuk Tingkatkan Daya Ingat
WowKeren dan Kanal247


Otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Maka dari itu, kesehatan organ ini juga perlu dijaga dengan nutrisi yang cukup.

Kanal247.com -


Semakin bertambahnya umur, seseorang akan mengalami penurunan fungsi pada seluruh bagian tubuhnya, termasuk otak. Jika kalian memiliki kakek atau nenek pasti mengetahui bahwa daya ingat dan berpikir mereka sudah tidak setinggi anak muda.

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Maka dari itu, kesehatan organ yang berada di dalam tempurung kepala ini juga perlu dijaga dengan nutrisi yang cukup. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan perkembangan otak dan daya ingat menurun meskipun kalian masih sangat muda, lho.

Baca juga ...

Apa kalian salah satunya orang yang mengalami penurunan daya ingat? Berikut terdapat 7 makanan yang sangat baik untuk mengingkatkan daya ingat. Simak di bawah ini, ya.

1. Alpukat dapat Tingkatkan Daya Ingat

Alpukat dapat Tingkatkan Daya Ingat

Makanan yang pertama adalah alpukat. Selain untuk kecantikan, buah satu ini rupanya baik untuk menjaga kesehatan otak serta daya ingat. Alpukat mengandung vitamin K dan folat yang membantu mencegah pembekuan darah di otak. Kandungan tersebut juga meningkatkan fungsi kognitif, terutama ingatan dan konsentrasi.

Selain itu, alpukat akan membantu meningkatkan otak dengan menciptakan sebuah selubung di sekitar otak yang dikenali sebagai mielin. Mielin sendiri akan membantu proses informasi pada kecepatan hingga sekitar 300 km/jam.

2. Brokoli Baik untuk Pertumbuhan Otak Anak

Brokoli Baik untuk Pertumbuhan Otak Anak

Brokoli disebut-sebut sebagai salah satu sayuran paling baik untuk kesehatan orang. Kandungan vitamin K di dalamnya berguna sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang akan membantu melindungi otak terhadap kerusakan. Para peneliti mengatakan bahwa orangtua membutuhkan vitamin K yang tinggi agar daya ingat dapat meningkat.

Tak hanya vitamin K, brokoli juga mengandung zat besi yang mendorong pembentukan sel darah merah sehingga aliran darah dari jantung ke semua organ, termasuk otak akan berjalan lancar. Kandungan tersebut juga memastikan otak memperoleh pasokan darah dan oksigen yang cukup agar daya ingat tak menurun.

3. Rajin Konsumsi Bayam Agar Daya Ingat Meningkat

Rajin Konsumsi Bayam Agar Daya Ingat Meningkat

Sayuran selanjutnya adalah bayam. Sayuran hijau ini mengandung folat tinggi dan vitamin K di mana fungsinya sangat penting bagi otak. Folat adalah vitamin B yang membantu melindungi saraf dari kerusakan. Hal ini akan mencegah keterlambatan ketika pesan dikirim ke otak.

Sementara vitamin K terbukti meningkatkan daya ingat dan aktivitas otak. Hal ini dapat memperlambat proses penurunan kognitif yang didasari oleh faktor usia dan mencegah penyakit alzheimer. Selain itu, bayam juga akan mendetoksifikasi alias membuang racun di liver. Hal itu membuat darah bersih dan orang menjadi sehat.

4. Kubis Ungu Bagus untuk Kinerja Otak

Kubis Ungu Bagus untuk Kinerja Otak

Kubis ungu mungkin bukan makanan yang populer di Indonesia. Perlu kalian ketahui bahwa kubis ungu mengandung vitamin C dan kadar antosianin yang sangat tinggi. Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih yang menjaga sistem kekebalan tubuh. Imun yang baik, maka akan berimbas pada peredaran darah, saraf dan bagian yang terhubung ke otak.

Sedangkan zat antosianin sangat baik untuk melindungi sistem daya ingat dan daya kerja otak. Kandungan tersebut mencegah gangguan memori yang disebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah otak.

5. Manfaat Minyak Kelapa untuk Otak

Manfaat Minyak Kelapa untuk Otak

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang berfungsi sebagai sumber energi yang dapat meningkatkan daya ingat dan kinerja otak. Minyak kelapa juga berguna sebagai anti-inflamasi alami yang menekan sel yang bertanggung jawab untuk peradangan. Hal tersebut membantu masalah kehilangan ingatan saat tua.

6. Minyak Zaitun juga Baik untuk Daya Ingat

Minyak Zaitun juga Baik untuk Daya Ingat

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga memiliki manfaat yang sama. Kandungan polifenol yang merupakan antioksidan dapat meningkatkan daya ingat dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan karena usia. minyak zaitun juga membantu melawan protein beracun yang membahayakan otak.

7. Tingkatkan Daya Ingat dengan Biji Labu

Tingkatkan Daya Ingat dengan Biji Labu

Kalian mungkin tidak menyangka kalau biji labu juga bermanfaat untuk daya ingat, kan? Biji labu memiliki kandungan antioksidan kuat yang melindungi tubuh dan otak dari kerusakan radikal bebas. Makanan yang biasanya ditemukan pada kolak ini juga mengandung seng yang penting untuk sinyal saraf. Selain itu, magnesium yang dikandungnya baik untuk proses belajar dan ingatan.

Selain 7 makanan di atas, masih terdapat 5 makanan lagi yang baik untuk kinerja otak. Simak di sini.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel