Selain Air Putih, Ini 7 Minuman yang Dapat Cegah Dehidrasi

Foto: Selain Air Putih, Ini 7 Minuman yang Dapat Cegah Dehidrasi
WowKeren dan Kanal247


Dehidrasi sebenarnya adalah masalah yang cukup serius. Jika tidak ditangani dengan baik, dehidrasi dapat mengganggu fungsi tubuh.

Kanal247.com - Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan. Hal tersebut membuat keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Baca juga ...


Manusia memiliki kandungan air di dalam tubuhnya sebanyak lebih dari 60% total berat badan. Tubuh harus selalu mendapat pasokan cairan yang cukup agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, seperti membantu sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian dan masih banyak lagi.

Dehidrasi sebenarnya adalah masalah yang cukup serius. Jika tidak ditangani dengan baik, dehidrasi dapat mengganggu fungsi tubuh. Gejala dehidrasi sendiri dapat diketahui dari merasa haus dan pusing, mulut dan kulit menjadi kering, kelelahan, jarang buang air kecil dan urine yang berwarna lebih gelap serta berbau kuat.

Maka dari itu, kalian harus rajin memasok cairan tubuh, ya. Lalu, minuman apa sih yang paling baik untuk cegah dan atasi dehidrasi? Yuk simak di sini!

1. Susu, Minuman Terbaik untuk Dehidrasi

Susu, Minuman Terbaik untuk Dehidrasi

Apa kalian tahu bahwa susu merupakan minuman yang paling baik untuk dehidrasi? Bahkan berdasarkan hasil riset, susu lebih mampu menghidrasi tubuh daripada air putih atau pun minuman berenergi. Pasalnya, susu memiliki kandungan nutrisi yang mampu menggantikan sejumlah cairan dan elektrolit tubuh yang hilang.

Selain itu, meminum susu dapat meningkatkan nafsu makan seimbang. Kalian dapat mengolah susu menjadi kuliner kreatif, kok. Seperti mengonsumsinya menjadi smooties atau es krim buatan rumah yang sehat.

2. Minum Air Kelapa untuk Cegah Dehidrasi

Minum Air Kelapa untuk Cegah Dehidrasi

Ketika merasa sangat haus di cuaca yang panas, minuman yang paling pas untuk kondisi tersebut adalah air kelapa. Minuman ini mengandung potasium yang tinggi dan rendah kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Kandungan tersebut disertai dengan sodium, magnesium dan kalsium, baik untuk mencegah masalah dehidrasi. Jadi, ketika merasakan tanda-tanda dehidrasi segera konsumsi air kelapa. Minuman ini juga mampu memberikan rasa segar pada tubuh.

3. Jus Jeruk dan Lemon untuk Dehidrasi

Jus Jeruk dan Lemon untuk Dehidrasi

Jeruk dan lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C. Selain terkenal karena vitamin C, jeruk juga mampu menghidrasi tubuh karena kandungan air yang banyak di dalamnya. Apalagi tingginya vitamin dan mineral lainnya yang sangat baik untuk tubuh.

Untuk memanfaatkan buah jeruk, kalian hanya perlu memeras sarinya. Kemudian masukkan ke dalam gelas dan tambahkan air hangat. Kalian bisa menambahkan satu sendok madu untuk memperkaya rasanya. Selain itu, kalian bisa mengolah jeruk dan lemon menjadi jus yang menyegarkan.

4. Infused Water, Cara Minum Air Putih Biar Enggak Bosan

Infused Water, Cara Minum Air Putih Biar Enggak Bosan

Kalian pasti sudah tidak asing dengan infused water, kan? Nah, infused water ini merupakan salah satu cara minum biar tidak bosan mengonsumsi air putih. Minuman ini dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam se-botol air mineral. Biasanya infused water disimpan dalam kulkas selama semalaman agar sari buah menyatu dengan air.

Nah, kalian bisa mencampur air mineral dengan berbagai buah seperti jeruk, lemon, semangka dan lainnya. Kandungan serat dan vitamin dalam buah bisa larut dalam air, sehingga sedikit fungsinya dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Teh Herbal dapat Atasi Dehidrasi

Teh Herbal dapat Atasi Dehidrasi

Teh herbal biasanya banyak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Namun, perlu kalian tahu bahwa teh herbal rupanya juga dapat menghidrasi tubuh. Sebut saja teh mawar, teh chamomile, teh hijau dan masih banyak lagi dapat mengatasi dehidrasi.

Selain dehidrasi, teh herbal juga dapat merelaksasi pikiran dan tubuh di sela aktivitas. Khusus untuk teh hitam, manfaatnya dapat melawan kanker serta meningkatkan kesehatan jantung karena tingginya zat polifenol di dalamnya.

6. Atasi Dehidrasi dengan Smooties

Atasi Dehidrasi dengan Smooties

Smooties merupakan minuman yang kerap dikonsumsi setelah berolahraga. Minuman ini difungsikan sebagai pembangkit energi instan yang baik dikonsumsi setiap hari. Smooties terbuat dari buah-buahan dan susu yang rendah kalori.

Nah, ketika membuat smooties, jangan tambahkan gula karena dapat mengurangi manfaatnya. Jika suka minuman manis, coba tambahkan madu alami, ya. Smooties baiknya dikonsumsi saat siang atau sore hari untuk melepas dahaga.

7. Konsumsi Jus Lidah Buaya saat Dehidrasi

Konsumsi Jus Lidah Buaya saat Dehidrasi

Lidah buaya merupakan tanaman yang manfaatnya tak perlu diragukan lagi. Tanaman berduri ini, sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah dan rambut. Selain itu, dehidrasi dapat menghidrasi tubuh karena memiliki kandungan air yang sangat tinggi.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat racun keluar dengan sangat lancar sehingga organ dalam tubuh berfungsi maksimal. Tak hanya itu, cairan tubuh yang tercukupi akan memungkinkan untuk terjadinya proses pemulihan yang sangat cepat sesudah berolahraga.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...