Ini 8 Langkah Mencegah Demam Berdarah yang Tengah Mewabah di Indonesia

Foto: Ini 8 Langkah Mencegah Demam Berdarah yang Tengah Mewabah di Indonesia
WowKeren dan Kanal247


Kementerian Kesehatan mencatat sepanjang Januari 2019 telah terjadi kasus DBD yang menjangkit 15.132 orang dan jumlah kematian mencapai 145 orang.

Kanal247.com - Demam berdarah (BDB) merupakan salah satu penyakit yang mewabah saat musim penghujan datang. Penyakit menular ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini memiliki kemampuan terbang sejauh 100 meter sehingga proses penularannya berlangsung cepat.

Saat ini, demam berdarah tengah mewabah di Indonesia. Kementerian Kesehatan mencatat sepanjang Januari 2019 telah terjadi kasus DBD yang menjangkit 15.132 orang dan jumlah kematian mencapai 145 orang, seperti dilansir dari CNN Indonesia. Mengerikan, bukan?

Baca juga ...

Menurut data, sebanyak 2.390 kabupaten atau kota dari 33 provinsi telah melapor kasus DBD. 259 di antaranya mengalami peningkatan jumlah kasus yang signifikan.

Nah, sebelum terserang penyakit DBD yang mematikan, ada baiknya kalian mencegah penyebaran nyamuk Aedes aegypti. Lakukan 8 cara ini untuk mencegah DBD. Simak di sini.


1. Atasi Tempat-tempat yang Menjadi Genangan Air

Atasi Tempat-tempat yang Menjadi Genangan Air

Langkah pertama untuk mencegah demam berdarah adalah memeriksa semua perabotan yang terdapat genangan air. Sebut saja vas bunga, akuarium, tempat minum binatang peliharaan, kolam dan lainnya yang harus rajin dibersihkan. Selain itu, buang barang-barang yang bisa menampung air hujan di sekitar rumah seperti ban, kaleng kosong, ember dan lainnya. Jika masih dibutuhkan, kalian bisa membalikkan barang-barang tersebut agar tidak menampung air.

Nah, hal tersebut dilakukan untuk mencegah nyamuk berkembang biak. Seperti diketahui, genangan air menjadi tempat tinggal yang sangat disukai oleh nyamuk. Langkah ini efektif untuk mencegah demam berdarah, lho.

2. Bersihkan Bak Mandi Seminggu Sekali

Bersihkan Bak Mandi Seminggu Sekali

Genangan air yang sering diabaikan adalah bak mandi. Meski bukan genangan air sembarangan, bak mandi juga bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Perlu kalian ketahui bahwa siklus tersebut berlangsung 8-10 hari dalam suhu ruangan. Jadi setidaknya, membersihkan bak mandi satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

3. Jangan Menggantung Baju di Kamar Terlalu Lama

Jangan Menggantung Baju di Kamar Terlalu Lama

Nah, selain genangan air, gantungan baju di balik pintu juga jadi tempat singgah favorit nyamuk. Baju kotor memang bukan tempat berkembang biak, namun berbahaya karena membuatnya terus berada di kamar kalian.

Nyamuk sering hinggap di gantungan baju lantaran mereka menyukai aroma tubuh manusia. Jika kalian memang harus menyimpan baju yang telah dipakai, letakkan baju pada tempat yang bersih dan tertutup.

4. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Nyamuk juga sangat senang berada di tempat gelap. Maka dari itu, mereka aktif saat malam hari ketika kalian tidur. Gunakan lotion anti nyamuk yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Aplikasikan lotion beberapa menit sebelum tidur agar menyerap sempurna dan tidak mengotori seprai.

Namun, sebelum menggunakan lotion anti nyamuk, kalian juga harus waspada. Pasalnya, enggak semua lotion anti nyamuk cocok dengan kulit. Oleh karena itu, coba oleskan sedikit pada kulit untuk melihat reaksi iritasi.

5. Gunakan Kelambu di Kamar Tidur untuk Anak Kecil

Gunakan Kelambu di Kamar Tidur untuk Anak Kecil

Kelambu merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah gigitan nyamuk saat tidur. Biasanya kelambu digunakan untuk perlindungan ekstra si kecil. Seperti diketahui, lotion cukup berbahaya buat anak kecil karena mungkin saja dimakan oleh mereka.

6. Menggunakan Pakaian Panjang Saat Tidur

Menggunakan Pakaian Panjang Saat Tidur

Tips lainnya buat kalian yang tidak suka menggunakan lotion anti nyamuk, coba pakai baju tidur panjang saat tidur. Pakaian tersebut mampu mencegah gigitan nyamuk. Namun, sebaiknya kalian tidak hanya menggunakannya ketika tidur, namun juga setiap saat. Tidak ada yang tahu penyebaran nyamuk di mana saja, kan?

7. Gunakan Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

Gunakan Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

Mengusir nyamuk juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Kalian dapat memanfaatkan beberapa bahan yang aromanya sangat dibenci oleh nyamuk. Salah satu contohnya adalah kulit jeruk. Senyawa yang terkandung di dalam kulit jeruk dapat merusak zat pelindung sistem pernapasan serangga sehingga dapat membuat nyamuk kabur.

Selain itu, terdapat daun serai yang mengandung atsiri dan sitronela. Nah, penggunaannya cukup dengan merebus serai selama beberapa menit hingga sarinya keluar. Kemudian gunakan untuk mengepel seluruh lantai rumah. Untuk mengetahui bahan alami lainnya, kalian bisa simak di sini.

8. Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tehindar Penyakit

Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tehindar Penyakit

Satu hal lagi yang paling penting untuk mencegah demam berdarah adalah menjaga daya tahan tubuh. Saat musim penghujan atau pergantian musim, daya tahan tubuh akan menurun. Hal tersebut yang menyebabkan kalian mudah terserang penyakit termasuk demam berdarah.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kalian dapat melakukannya dengan mengonsumsi berbagai makanan. Misalnya bawang putih yang mengandung antioksidan, fosfor, potasium, seng dan kalsium untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan menambah jumlah sel darah putih. Selain itu ada jeruk, bayam dan jahe yang ampuh menjaga daya tahan tubuh kalian tetap tinggi. Mau tahu apa saja makan lainnya? Simak di sini.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel