Punya Banyak Khasiat, Ini 8 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Masih Kosong di Pagi Hari

Foto: Punya Banyak Khasiat, Ini 8 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Masih Kosong di Pagi Hari
WowKeren dan Kanal247


Minum air putih di pagi hari tepat setelah bangun rupanya memiliki banyak manfaat, lho.

Kanal247.com - Setiap orang membutuhkan sebanyak sekitar 8 gelas atau setara dengan 1,5 liter bahkan lebih per hari. Cairan sebenarnya tak hanya didapatkan dari minum air putih. Kalian bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi sup, minuman ringan, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Baca juga ...

Nah, perlu kalian tahu bahwa terdapat waktu-waktu yang baik minum air putih agar dapat memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh. Salah satunya adalah tepat saat bangun tidur ketika perut masih kosong. Dan manfaatnya sangat besar, lho.


Berikut 8 khasiat minum air putih saat bangun tidur. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama dari minum air putih saat perut kosong adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena sistem limfatik yang seimbang. Saat kekebalan tubuh meningkat, kalian akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk mengisi perut yang kosong, kalian dapat meminum satu atau dua gelas air putih. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum menyikat gigi. Jadi, coba sediakan satu gelas air putih disamping tempat tidur kalian agar bisa dikonsumsi tepat setelah bangun.

2. Meningkatkan Metabolisme

Meningkatkan Metabolisme

Meningkatkan metabolisme dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya dengan makanan. Berbagai makanan dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, seperti cabai, gandum, makanan protein dan lainnya yang bisa kalian simak di sini.

Selain makanan, air putih rupanya memiliki manfaat yang sama, lho. Mengonsumsi air putih saat perut kosong dapat membuat metabolisme meningkat sekitar 24%. Hal ini sangat baik digunakan untuk kalian yang sedang diet.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Masih bersangkutan dengan manfaat sebelumnya, konsumsi air putih setelah bangun tidur juga dapat menurunkan berat badan. Ketika metabolisme meningkat, kalori yang dibakar juga lebih banyak.

Selain itu, air putih memiliki kandungan nol kalori sehingga tidak akan menimbulkan kenaikan berat badan meskipun dikonsumsi sebanyak-banyaknya. Kalian juga dapat membuat perut terasa kenyang dengan meminum segelas air putih hangat di pagi hari.

4. Melancarkan BAB dan Gangguan Pencernaan Lainnya

Melancarkan BAB dan Gangguan Pencernaan Lainnya

Mengonsumsi air putih saat perut kosong di pagi hari juga akan membuat proses buang air besar lebih lancar. Jika dilakukan setiap hari, maka dapat membantu mengatur pergerakan usus dan membantu menyingkirkan kotoran di dalam tubuh.

Tak hanya itu, bagi kalian yang menderita maag, minum air putih di pagi hari dapat sangat membantu. Saat minuma ir putih, asam bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung kalian naik.

5. Menjaga Fungsi Ginjal

Menjaga Fungsi Ginjal

Selain baik untuk penderita maag, minum air putih saat perut masih kosong juga akan membantu mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Minum air putih akan mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang kalian minum, semakin tubuh akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan toksin.

6. Menghilangkan Racun pada Tubuh

Menghilangkan Racun pada Tubuh

Saat malam hari, tubuh akan memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Nah, minum air putih di pagi hari akan membantu kalian mengeluarkan semua racun berbahaya tersebut. Tubuh akan terasa segar dan sehat. Selain itu, minum air putih akan meningkatkan produksi sel darah baru.

7. Kulit Menjadi Sehat dan Bercahaya

Kulit Menjadi Sehat dan Bercahaya

Manfaat selanjutnya adalah kulit akan menjadi sehat dan bercahaya. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi akan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Sebuah studi menemukan bahwa minum 500 ml air saat perut kosong akan meningkatkan aliran darah di kulit dan membantunya lebih bersinar. Hal ini juga disebabkan lantaran racun yang keluar.

8. Meningkatkan Energi dan Otot

Meningkatkan Energi dan Otot

Terkadang seseorang merasa lelah di pagi hari setelah bangun tidur. Untuk mengatasi hal ini, kalian dapat meminum segelas air hangat. Hal tersebut akan merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat sekaligus memperlancar asupan oksigen ke dalam darah. Tubuh akan merasa lebih banyak energi dan semangat untuk memulai hari.

Selain itu, otot tidak akan berfungsi dengan baik jika kalian tidak mempertahankan cairan dan elektrolit. Hal ini menyebabkan kalian mudah kelelahan. Oleh karena itu, minum air putih saat perut masih kosong di pagi hari sangat diperlukan.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...