7 Manfaat Durian untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Enggak Banyak Diketahui

Foto: 7 Manfaat Durian untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Enggak Banyak Diketahui
WowKeren dan Kanal247


Tidak banyak yang tahu bahwa durian memiliki banyak manfaat, kan? Ayo simak di sini.

Kanal247.com - Durian merupakan buah yang unik lantaran memiliki kulit keras berduri. Buah ini tidak disukai sebagian orang lantaran baunya yang menyengat. Bau tersebut membuat mereka mendekat saja tak mau apalagi mencicipi daging buahnya.

Baca juga ...

Namun, bagi sebagian lainnya, buah durian memiliki bau yang menarik dan rasa yang nikmat. Daging buahnya memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis. Lantaran buah durian musiman, banyak orang yang mengincarnya.


Nah, tidak banyak yang tahu bahwa durian memiliki banyak manfaat, lho. Mulai dari kesehatan jantung hingga anti penuaan. Untuk selengkapnya, simak di sini.

1. Durian Tinggi Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Durian Tinggi Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Perlu kalian tahu bahwa radikal bebas dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

Radikal bebas sendiri merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme. Radikal bebas pada tubuh akan meningkat jika kalian melakukan kegiatan yang buruk untuk kesehatan seperti merokok atau terpapar radiasi.

2. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Selain antioksidan, durian juga mengandung kalium. Kandungan tersebut merupakan bagian dari keseimbangan garam dan cairan di seluruh sel tubuh. Kalium juga menentukan tekanan darah.

Saat tubuh mendapatkan kalsium yang cukup, maka pembuluh darah tidak perlu bekerja terlalu keras dan dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Berbagai penyakit seperti aterosklerosis, serangan jantung dan stroke juga dapat dicegah.

3. Durian dapat Meningkatkan Energi

Durian dapat Meningkatkan Energi

Tak hanya itu, mengonsumsi durian juga dapat meningkatkan energi. Hal tersebut didapat dari kandungan karbohidrat di dalamnya yang cukup tinggi. Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang menyenangkan.

4. Durian Akan Menjaga Kesehatan Jantung

Durian Akan Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa durian dapat dimasukkan dalam makanan anti-kardiovaskular lantaran terdapat serat di dalamnya.

Serat tersebut membantu mengurangi kolesterol dalam darah dengan membuang LDL (kolesterol jahat) dari tubuh dan dengan cepat mengeluarkannya sebelum merusak sistem kardiovaskular dalam bentuk penumpukan plak.

5. Manfaat Durian untuk Melancarkan Pencernaan

Manfaat Durian untuk Melancarkan Pencernaan

Serat yang di dalam durian juga bermanfaat untuk sistem pencernaan. Serat memicu pergerakan usus sehingga membuatnya lebih mudah untuk bergerak melalui saluran susu. Serat juga akan merangsang gerak peristaltik dan sekresi cairan pencernaan serta lambung.

Hal tersebut akan mempermudah seluruh proses pencernaan dengan meredakan masalah sembelit dan penyumbatan di usus, perut kembung, heartburn, mulas, kram, gangguan pencernaan lainnya serta membantu masalah serius pada pencernaan seperti kanker kolotektal. Wah, manfaatnya banyak banget, kan?

6. Durian Punya Manfaat Anti-Aging

Durian Punya Manfaat Anti-Aging

Nah, dalam kecantikan durian dimanfaatkan sebagai anti-aging alias anti penuaan. Hal tersebut lantaran durian memiliki sifat antioksidan yang berasal dari vitamin dan bahan kimia organik yang secara aktif mengurangi jumlah radikal bebas pada tubuh. Sehingga mengurangi kemungkinan penuaan dini dan menunda munculnya gejala seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, kerontokan rambut dan lainnya.

7. Mengatasi Insomnia

Mengatasi Insomnia

Nah, durian juga mengandung triptofan, bahan kimia argonik yang sangat memengaruhi kepulasan tidur. Triptofan akan dialirkan menuju otak kemudian diubah menjadi serotonin, hormon yang memberikan rileks serta kebahagiaan. Serotonin kemudian melepaskan melatonin ke dalam aliran darah sehingga membuat tubuh merasa lelah, mengantuk dan akhirnya tidur. Bagi kalian yang mengalami insomnia, coba makan beberapa potong durian.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...