Sering Disangka Flu, Ini Sederet Tanda Kanker Tiroid yang Paling Mudah Dikenali

Foto: Sering Disangka Flu, Ini Sederet Tanda Kanker Tiroid yang Paling Mudah Dikenali
WowKeren dan Kanal247


Faktanya terdapat sekitar 75% penyakit kanker tiroid terjadi pada perempuan. Kenali yuk tandanya!

Kanal247.com - Kanker tiroid merupakan penyakit di mana terdapat perkembangan sel-sel tiroid yang tidak normal. Kelenjar tiroid sendiri terdapat di leher yang memiliki peran untuk menghasilkan hormon yang mengontrol metabolisme. Jika sel-sel di tiroid rusak, tentunya tubuh akan rentan sakit.

Baca juga ...


Perlu kalian tahu bahwa kanker tiroid paling banyak menyerang wanita. Menurut John Morris, M.D., mantan presiden American Thyroid Association (ATA) dan seorang endokrinologis di Mayo Clinic, faktanya terdapat sekitar 75% penyakit kanker tiroid terjadi pada perempuan. Namun, kanker ini juga dapat menyerang pria, jadi kalian wajib berhati-hati.

Nah, bahayanya, banyak yang salah sangka dengan gejala kanker tiroid lantaran mirip dengan penyakit flu. Hal ini yang menyebabkan penanganan kanker tiroid tidak dapat dilakukan secepat mungkin.

Berikut 6 tanda kanker tiroid yang paling mudah dikenali. Simak di bawah ini, ya.

1. Kanker Tiroid Menyebabkan Benjolan di Leher

Kanker Tiroid Menyebabkan Benjolan di Leher

Gejala kanker tiroid yang paling mudah dikenali adalah adanya benjolan di leher. Umumnya, benjolan tersebut berasa di bawah jakun. Benjolan tersebut memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan tidak normal.

Benjolan kanker tiroid berukuran sangat kecil atau sebesar kelereng yang lama-kelamaan bertumbuh menjadi sebesar bola golf. Jika kalian mendeteksi adanya benjolan kecil mencurigakan di leher, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan medis yang benar.

2. Suara Berubah Menjadi Serak

Suara Berubah Menjadi Serak

Keberadaan kanker tiroid dapat mempengaruhi suara kalian. Hal ini disebabkan lantaran pita suara berada di sekitar laring. Laring sendiri merupakan bagian dari sistem pernapasan yang terletak di bagian atas kelenjar tiroid dan berfungsi membawa udara menuju trakea.

Ketika ada pembesaran kelenjar tiroid, maka akan ada tekanan pada laring. Aliran udara tidak masuk secara normal dan otomatis akan mempengaruhi suara penderitanya. Maka dari itu, segera periksakan diri agar kanker tidak bertumbuh semakin besar dan sulit ditangani.

3. Terdapat Rasa Sakit pada Leher Menuju Telinga

Terdapat Rasa Sakit pada Leher Menuju Telinga

Tiroid yang membesar akan menyebabkan leher terasa sakit karena penekanan dan peradangan. Hal tersebut akan mempengaruhi syaraf telinga, hidung dan tenggorokan yang saling terhubung. Penderita umumnya merasakan sakit pada bagian tersebut

Gejala ini mirip dengan saat seseorang mengalami flu, tenggorokan, hidung bahkan telinga bisa merasakan sakit. Namun, rasa sakit karena pembesaran tiroid berlangsung lama dan sulit diatasi. Kalian harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hal ini.

4. Penderita Kanker Tiroid Sulit Untuk Bernapas

Penderita Kanker Tiroid Sulit Untuk Bernapas

Penderita tiroid berbentuk dasi kupu-kupu yang berada mengelilingi trakea. Hal ini menyebabkan mengalami kesulitan bernapas. Biasanya, penderita kanker tiroid akan merasa tercekik karena sel kanker yang terus membesar akan memberikan tekanan pada organ sekitar sehingga timbul perasaan seperti itu.

5. Adanya Pembengkakan di Leher

Adanya Pembengkakan di Leher

Perlu kalian ketahui bahwa pembengkakan dan benjolan tidak dalam. Pembengkakan merujuk pada bagian tertentu yang membesar dari ukuran normal. Dengan sentuhan lembut, pembesaran tersebut dapat dirasakan. Jangan menyangka pembengkakan tersebut adalah gondok, ya. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang benar.

6. Penderita Kanker Tiroid akan Kesulitan Menelan

Penderita Kanker Tiroid akan Kesulitan Menelan

Lokasi kerongkongan berada berdampingan dengan trakea sehingga penderita kanker tiroid mengalami kesulitan menelan makanan. Pembesaran kelenjar tiroid akan menekan trakea dan secara otomatis memberikan tekanan pada kerongkongan, jalur masuknya makanan pun jadi menyempit.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...