7 Bahan Alami yang dapat Dimanfaatkan untuk Mengatasi Gatal-Gatal di Kulit

Foto: 7 Bahan Alami yang dapat Dimanfaatkan untuk Mengatasi Gatal-Gatal di Kulit
WowKeren dan Kanal247


Saat gatal, godaan untuk menggaruk kulit pasti ada. Tak jarang, hal ini menimbulkan luka pada kulit.

Kanal247.com - Kalian pasti pernah mengalami gatal-gatal, kan? Dalam dunia medis, gatal-gatal disebut dengan pruritus. Kondisi ini sidertai dengan ruam kulit yang kemerahan, benjolan, lecet, bintik-bintik serta kulit kering.

Baca juga ...

Gatal-gatal sendiri dapat terjadi secara singkat, namun ada pula yang berlangsung lama. Rasa gatal dapat mengganggu kenyamanan seseorang sehingga tidak bisa berkosentrasi dalam melakukan aktivitas.


Saat gatal, godaan untuk menggaruk kulit pasti ada. Tak jarang, hal ini menimbulkan luka pada kulit. Maka dari itu, gatal-gatal harus cepat di atasi. Mengatasi gatal-gatal pada kulit tak perlu menggunakan obat dari dokter, kok. Kalian bisa memanfaatkan bahan alami di sekitar saja. Mau tahu apa saja? Selengkapnya ada di bawah ini.

1. Minyak Kelapa Mengatasi Gatal-Gatal

Minyak Kelapa Mengatasi Gatal-Gatal

Bahan alami pertama yang dapat mengatasi gatal-gatal pada kulit adalah minyak kelapa. Minyak ini mengandung asam laurat, vitamin K dan E yang membantu menghilangkan gatal serta membuat kulit terasa sejuk. Minyak kelapa juga berkhasiat sebagai khasiat anti jamur, anti bakteri, antimikroba dan antioksidan.

Penggunaan minyak kelapa cukup mudah. Kalian dapat mengoleskan langsung minyak kelapa pada kulit. Kalian juga dapat mencampurkannya dalam air hangat untuk mandi. Selain itu, coba konsumsi 2 hingga 4 sendok makan minyak kelapa setiap harinya jika gatal-gatal berlangsung lama.

2. Hilangkan Gatal di Kulit dengan Lidah Buaya

Hilangkan Gatal di Kulit dengan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Lidah buaya memiliki kandungan zat anti inflamasi yang membantu menenangkan rasa gatal. Sensasi terbakar saat kulit mengalami eksim juga dapat diatasi, lho.

Cara menggunakan lidah budaya, kalian dapat mengoleskan gel yang terdapat di dalamnya. Lalu, oleskan pada kulit yang gatal dan biarkan hingga terserap. Jika gel lidah buaya sudah kering, cukup bilas dengan air hangat. Kalian dapat melakukannya hingga rasa gatal hilang.

3. Manfaatkan Cuka Apel

Manfaatkan Cuka Apel

Jika memiliki cuka apel, kalian dapat memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi rasa gatal. Hal tersebut disebabkan sifat antijamur dan antiseptik yang membantu meringankan infeksi kulit. Cuka apel pun dapat membantu mengatasi kulit kering yang sebabkan iritasi.

Memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi gatal mudah, kok. Kalian hanya perlu mengoleskan cuka apel ke kulit yang gatal. Kalian juga dapat mencampurkannya dengan air terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan ke kulit dengan kapas.

4. Tea Tree Oil untuk Mengurangi Gatal

Tea Tree Oil untuk Mengurangi Gatal

Bahan selanjutnya adalah tea tree oil. Bahan ini memiliki kandungan sifat antiradang yang dapat meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit. Sifat antiradang dan antimikrobanya yang akan menghilangkan iritasi kulit dan gatal-gatal.

Campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa dan beberapa minyak esensial lainnya. Oleskan campuran minyak tersebut pada kulit yang gatal. Kalian bisa membawanya saat bepergian dan mengoleskannya jika butuh.

5. Gunakan Air Dan Minyak Kamomile

Gunakan Air Dan Minyak Kamomile

Kalian tahu teh dari kamomile, kan? Bunga tersebut ternyata mengandung zat aktif azulene yang bersifat anti alergi sehingga ekstrak kamolile dalam bentuk minyak dapat digunakan untuk mengatasi iritasi kulit, gatal akibat alergi, eksim bahkan jerawat.

Penggunaannya mudah, kalian hanya perlu mencampurkannya dengan air hangat. Ambil cairan dengan kain atau kapas bersih. Lalu kompreskan pada bagian kulit yang terasa gatal.

6. Gunakan Oatmeal untuk Atasi Gatal

Gunakan Oatmeal untuk Atasi Gatal

Kalian mungkin tidak menyangka bahwa oatmeal dapat bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal di kulit. Kandungan zat avenanthramides di dalamnya dapat mengurangi peradangan. Oatmeal juga mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antigatal.

Caranya, oleskan oatmeal yang telah dicampur dengan air hingga menjadi kental. Diamkan sejenak sebelum kalian bilas dengan air. Selain itu, coba bungkus oatmeal kering dalam kain tipis. Lalu rendam dalam bak mandi selama 15 menit. Gunakan air tersebut untuk mandi.

7. Kulit Pisang untuk Mengatasi Gatal di Kulit

Kulit Pisang untuk Mengatasi Gatal di Kulit

Kulit pisang memiliki kandungan histamin, magnesium, vitamin C dan E. Kandungan tersebut akan membantu mengatasi gatal-gatal atau iritasi. Kalian dapat mengoleskan langsung bagian dalam kulit pisang pada kulit yang gatal. Diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Tak hanya itu, kulit pisang juga memiliki manfaat lainnya. Simak di sini.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...