Hindari 7 Kebiasaan yang Rupanya Dapat Sebabkan Mata Rusak

Foto: Hindari 7 Kebiasaan yang Rupanya Dapat Sebabkan Mata Rusak
WowKeren dan Kanal247


Mata rusak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah kebiasaan yang kalian lakukan.

Kanal247.com - Mata merupakan organ tubuh yang memiliki peran sangat penting. Mata memiliki fungsi untuk mempermudah seseorang melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca juga ...


Aktivitas manusia tentu akan terganggu jika mata mengalami kerusakan seperti rabun jauh atau rabun dekat. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting. Kalian tidak mau seumur hidup bergantung pada kacamata, kan?

Mata rusak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi lantaran kebiasaan kalian selama ini, seperti membaca saat lampu redup, mengenakan kontak lensa dan masih banyak lagi.

Mau tahu apa saja kebiasaan yang dapat merusak mata lainnya? Ayo simak di sini.

1. Jangan Memakai Kontak Lensa Saat Tidur

Jangan Memakai Kontak Lensa Saat Tidur

Selain kacamata, mengenakan lensa kontak merupakan salah satu cara untuk membantu penglihatan. Lensa kontak juga telah menjadi tres fesyen di kalangan wanita maupun laki-laki. Apalagi dengan banyaknya motif dan warna lensa kontak saat ini.

Penggunaan lensa kontak terutama saat tidur rupanya dapat membuat mata rusak. Menurut studi oleh American Academy of Ophthamalogy, terdapat resiko terjadinya ulkus kornea lebih tinggi 10 hingga 15 kali pada orang yang menggunakan lensa kontak semalaman dibandingkan dengan yang hanya pada siang hari.

Jika kalian menggunakan lensa kontak saat tidur, kornea mata tidak akan mendapat asupan oksigen yang dibutuhkan dan mengakibatkan infeksi serta mendorong pertumbuhan bakteri pada mata. Menyeramkan, bukan?

2. Membaca Saat Pencahayaan Kurang

Membaca Saat Pencahayaan Kurang

Kalian pasti sudah tahu bahwa membaca dalam keadaan redup atau kurang cahaya sangat tidak baik untuk mata. Meski sebenarnya mata diciptakan untuk dapat menyesuaikan dalam keadaan apapun, namun kalian harus tetap meninggalkan kebiasaan ini.

Membaca di tempat yang redup menyebabkan pupil harus membuka luas dan membiarkan cahaya cukup agar dapat melihat. Hal ini akan mengubah lokasi di mana cahaya menyentuh retina sehingga gambar akan terlihat buram. Jadi, mata mendapatkan sinyal untuk tumbuh lebih panjang dan gambar akan menyentuh tempat yang tepat pada retina. Hal tersebut akan menyebabkan rabun jauh.

3. Tidur-Tiduran saat Membaca Tidak Baik untuk Mata

Tidur-Tiduran saat Membaca Tidak Baik untuk Mata

Tak hanya dalam cahaya redup, membaca sambil berbaring juga dapat membuat mata rusak. Kalian seharusnya membiasakan diri untuk membaca sambil duduk lantaran jarak ideal mata pada benda adalah 25 hingga 30 cm. Mata juga tidak akan cepat lelah jika membaca dalam posisi yang tepat.

4. Menatap Layar Ponsel atau Laptop Terlalu Lama

Menatap Layar Ponsel atau Laptop Terlalu Lama

Alat elektronik yang memiliki layar, seperti komputer, laptop, ponsel atau TV memancarkan cahaya biru yang sama berbahaya dengan sinar ultraviolet. Sinar tersebut tentu tidak baik untuk mata, apalagi kalian menatapnya terlalu lama. Hal tersebut dapat menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala.

Sebaiknya, kalian mengurangi intensitas cahaya dari monitor agar tidak terlalu terang. Kalian juga wajib mengistirahatkan mata minimal selama 10 menit setiap satu jam sekali.

5. Jangan Menggosok Mata saat Tangan Kalian Kotor

Jangan Menggosok Mata saat Tangan Kalian Kotor

Kebiasaan selanjutnya yang akan merusak mata adalah menyentuhnya dalam keadaan tangan kotor. Mengucek mata terlalu keras juga dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengalami peradangan. Jika mata terasa gatal, kalian dapat menutup mata dan menyentuh bagian luar saja. Selain itu, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.

6. Tidak Mengenakan Pelindung Mata Saat Berenang

Tidak Mengenakan Pelindung Mata Saat Berenang

Mengenakan pelindung mata sangat penting di saat seseorang ingin berenang. Pasalnya di dalam air banyak mikroorganisme yang hidup, seperti bakteri yang bernama acanthamoeba. Bakteri tersebut bisa menyebabkan mata rusak permanen, lho. Maka dari itu, kalian wajib mengenakan kacamata renang, ya.

7. Merokok Berbahaya Bagi Mata

Merokok Berbahaya Bagi Mata

Studi membuktikan bahwa merokok dan konsumsi minuman beralkohol dapat berpotensi menyebabkan kerusakan pada sarat mata. Parahnya, kalian dapat mengalami kebutaan karena kebiasaan buruk satu ini. Jadi, sebaiknya kurangi merokok agar mata dan organ tubuh lainnya tetap sehat.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...