7 Lagu Hits Slank Ini Tak Pernah Kadaluwarsa dan Sukses Bikin Pendengar Nostalgia

Foto: 7 Lagu Hits Slank Ini Tak Pernah Kadaluwarsa dan Sukses Bikin Pendengar Nostalgia Instagram
WowKeren dan Kanal247


Sudah berkarya selama 35 tahun, lagu-lagu Slank ini selalu membekas di hati. Apa saja?

Kanal247.com - Penggemar musik Indonesia pstinya sudah tidak asing lagi dengan grup band Slank. Grup band yang dibentuk oleh Bimbim Slank pada 26 Desember 1983 ini selalu mendapatkan tempat khusus di hati para penikmat musik. Terlebih bagi fans setia mereka, Slankers.


Baca juga ...

Tanpa terasa, Slank ternyata sudah memasuki usia hampir 36 tahun. Selama itu, Slank sudah melewati jatuh bangun di dunia musik. Sampai akhirnya band mereka menjadi salah satu band papan atas yang selalu dinantikan kehadirannya.

Slank menjadi salah satu musisi bersejarah di Indonesia. Kehadiran Slank sangat berpengaruh bagi belantika musik Indonesia. Mereka pernah menyandang predikat sebagai Indonesia's Highest-Paid Music Star alias bintang musik berbayaran termahal pada tahun 2008 dan 2009. Tak tanggung-tanggung, honor manggung Slank pada saat itu dikabarkan mencapai Rp 500 juta per sekali manggung.

Grup band yang digawangi oleh Bimbim, Kaka Slank, Ridho Slank, Ivanka Slank, dan Abdee Slank ini juga sudah malang melintang hingga ke luar negeri. Membawa nama harum Indonesia, Slank sudah pernah manggung di beberapa negara seperti Korea Selatan dan juga Thailand.

Tak hanya posisi yang melambung, Slank juga pernah mengalami masa-masa jatuh hingga kurang menyenangkan. Seperti diketahui, Slank merupakan musisi yang aktif buka suara untuk menegakkan kebenaran lewat musik. Pada tahun 2008, Slank sempat akan digugat oleh DPR lantaran mendukung KPK. Salah satu lagu mereka dituding menyakiti lembaga tertentu. Namun, banyak pihak memberikan dukungan kepada Slank untuk tetap membawakan lagu-lagunya.

Tak melulu berbicara soal perjuangan menegakkan kebenaran, Slank ternyata juga musisi yang punya lagu-lagu romantis khas anak muda. Beberapa lagunya berhasil menyihir penikmat musik dan pastinya bagi para Slankers.

Menyambut usia band yang hampir menyentuh 36 tahun, Slank ternyata akan menggelar konser spesial, lho. Agenda tersebut tentunya jadi kabar gembira untuk para Slankers dan juga kamu yang ingin nostalgia lagu hits Slank, kan?

Eits, sebelum itu, ketahui dulu deh daftar lagu Slank yang seolah tak pernah kadaluwarsa dan bikin pendengarnya nostalgia ini. Berikut daftarnya seperti dirangkum Kanal247.

1. 'Terlalu Manis', Lagu Romantis Slank yang Melegenda (1991)

"Terlalu manis untuk dilupakan...Kenangan yang indah bersamamu...Tinggalah mimpi," jadi sepenggal lirik lagu "Terlalu Manis" dari Slank yang melegenda banget. Bagi kamu yang punya kisah cinta romantis di masanya, pasti sudah akrab dengan lagu ini. Apalagi jika kisahmu ternyata harus kandas di tengah jalan, nih.

"Terlalu Manis" jadi lagu Slank yang masuk dalam album "Kampungan". Album ini dirilis pada tahun 1991 dengan lagu utama "Mawar Merah" dan "Terlalu Manis". Berisi 12 lagu, album "Kampungan" menjadi salah satu penanda kejayaan Slank di belantika musik Tanah Air.

Lagu "Terlalu Manis" yang melegenda ini ternyata punya kisah penciptaannya sendiri. Kabarnya, lagu "Terlalu Manis" diciptakan untuk salah satu personelnya, yakni Pay yang sempat hengkang dari Slank Formasi 13. Pantas saja lagunya bercerita soal kenangan sebuah kebersamaan, ya.

2. 'Bang Bang Tut', Lagu Jenaka Slank yang Penuh Kritik Sosial (1996)

"Bang bang tut akar kulang kaling. Siapa yang kentut ditembak raja maling", adalah sepenggal lirik dari lagu "Bang Bang Tut" milik Slank. Lagu ini merupakan lagu Slank yang dirilis pada tahun 1996. "Bang Bang Tut" merupakan salah satu lagu yang ada dalam album bertajuk "Minoritas". "Bang Bang Tut" dirilis bersama dengan 10 lagu lainnya, di antaranya adalah "Kalau Kau Ingin Jadi Pacarku" dan juga "Bidadari Penyelamat".

Lagu "Bang Bang Tut" memiliki tempo yang menghentak dan asyik banget untuk dinyanyikan bersama. Ditambah lagi dengan liriknya yang jenaka, namun sebenarnya penuh dengan kritik sosial khas band Slank.

Lagu "Bang Bang Tut" ini berhasil menjadi lagu yang hits di masanya. Video klip lagu ini juga mendapatkan penghargaan sebagai Video Klip Terbaik dari VMI (Video Musik Indonesia) pada tahun 1995/1996.

3. 'Makan Gak Makan Asal Kumpul' Lagu Ikonik Slank Soal Pentingnya Kebersamaan (1998)

Slank selalu berhasil membuat kita menyadari kehidupan lewat musik-musiknya. Berjudul "Makan Gak Makan Asal Kumpul", lagu Slank ini selalu bisa dijadikan bahan nyanyi bareng bersama dengan teman-teman.

"Makan gak makan, makan gak makan, asal kumpul," sepenggal lirik lagu ini seolah mengingatkan kita betapa pentingnya kebersamaan. Selain itu, musiknya yang easy listening membuat lagu ini semakin menancap di hati para pendengarnya. Hal itu yang menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu legenda dari Slank.

4. 'I Miss You But I Hate You', Lagu Andalan Slank yang Bikin Kita Nostalgia

Satu lagi karya milik Slank yang berhasil melegenda banget. Lagu "I Miss You But I Hate You" pasti jadi lagu wajib yang mengingatkanmu pada Slank. Lagu ini juga masih terus populer hingga sekarang.

Lagu "I Miss You But I Hate You" memiliki lirik yang ringan khas percintaan anak muda. Lagu ini masuk dalam album Live Slank yang berjudul "A Mild Live Slank Virus Road Show". Lagu ini jadi salah satu lagu andalan Slank yang populer banget di kalangan anak muda di masanya. Rasanya, ngumpul kurang lengkap jika tak menyanyikan lagu Slank yang satu ini.

Lagu "I Miss You But I Hate You" ini juga pernah dibawakan Slank bersama dengan band asal Korea Selatan, Yoon Band. Vokalis dari Yoon Band kemudian mengubah liriknya menjadi bahasa Korea dan masuk dalam album Slank berjudul "Bajakan".

5. Slank Juga Bisa Bikin Baper Lewat Lagu Hits 'Ku Tak Bisa' (2004)

"Coba lari dari kenyataan, tapi ku tak bisa jauh jauh darimu. Ku tak bisa jauh jauh darimu," merupakan penggalan lirik dari lagu "Ku Tak Bisa" milik Slank yang melegenda banget. Meski bergelar band Rock and Roll, Slank juga punya lagu-lagu khas yang bikin pendengarnya terbawa perasaan alias baper.

Lagu "Ku Tak Bisa" dirilis tahun 2004. Lagu ini disebut menyerupai kesuksesan lagu "Maafkan" dan juga "Suit-Suit..hehe..Gadis Sexy" milik Slank. Lagu ini juga disebut menjadi salah satu lagu Slank yang banyak diminta untuk dibawakan di atas panggung. Oleh karena itu, lagu "Ku Tak Bisa" ini selalu wajib dibawakan Slank dalam setiap penampilannya.

Lirik lagu "Ku Tak Bisa" memang benar-benar menggambarkan pasangan yang sudah diambang perpisahan. Namun, perpisahan itu berharap bisa diredam dengan kenyataan bahwa sang tokoh memang tak bisa jauh dari pasangannya. Kabarnya nih, lagu ini berhasil menjadi lagu yang menangkal perpisahan. Apakah kamu pernah punya pengalaman yang sama dengan lagu "Ku Tak Bisa" milik Slank ini?

6. Kritik Sosial Pedas Khas Slank dalam Lagu 'Seperti Para Koruptor' (2008)

Jika ada grup band yang berani memberikan kritik sosial pedas lewat lagu-lagunya, Slank adalah salah satunya. Tak hanya menyuguhkan lagu-lagu nuansa rock saja, Slank dalam lirik-liriknya juga tak segan mengkritik para koruptor. Seperti dalam salah satu lagunya yang berjudul "Seperti Para Koruptor" ini.

Berkolaborasi dengan musisi Jepang The Big Hip, Slank merilis album bertajuk "The Big Hip" ini pada tahun 2008. Di dalamnya, terdapat lagu "Seperti Para Koruptor" yang menjadi lagu utamanya.

"Seperti Para Koruptor" memiliki lirik lagu yang ringan. Menggambarkan seseorang yang tak ingin menuntut harta. Bahkan, hidup sederhana pun tak masalah asalkan tak sengsara seperti para koruptor. Ya, Slank memanglah band yang aktif memberikan kritik sosial kepada pemerintah tanpa banyak basa-basi.

7. Slank Ajak Pendengar Jauhi Narkoba Lewat Lagu 'Balikin' (2014)

"Balikin-balikin kehidupanku yang seperti dulu lagi. Balikin-balikin kebebasanku yang seperti dulu lagi." Menjadi salah satu band rock di Indonesia, Slank menampilkan kisah mereka lepas dari jeratan narkoba. Melalui lirik-liriknya, Slank mengajak pendengar menjauhi narkoba yang sangat merugikan. Tak heran jika lagu ini menjadi salah satu lagu legenda dan menjadi yang paling diingat para pendengar setia Slank.

Sempat dilanda nyaris "selesai", Slank berhasil kembali dari keterpurukan lewat album "Tujuh" dengan salah satu lagunya, "Balikin" ini. Perombakan personel hingga bangkitnya Abdee dan Ridho yang bersih dari narkotika merupakan salah satu penanda kebangkitan kembali Slank. Alhasil, Slank berhasil kembali ke posisi sebenarnya menjadi salah satu band rock and roll terbesar di Indonesia hingga sekarang.

Kangen Nostalgia Bareng Slank?

Konser spesial Slank

Source: Instagram

Punya banyak karya yang selalu diingat pendengarnya, tak terasa Slank sudah memasuki usia 35 tahun. Di usia ini, Slank masih menjadi salah satu band rock yang berpengaruh di Indonesia. Kehadiran Slank menyanyikan lagu-lagu yang seolah tak lekang oleh waktu ini selalu dinantikan para penikmat musik.

Melihat potensi Slank sebagai band yang tak pernah mati, e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee, memutuskan untuk mengangkat Slank menjadi brand ambassador. Tak hanya sebagai brand ambassador, Slank juga meluncurkan official merchandise khusus yang hanya dijual di Shopee, lho. Nantinya, kamu juga bakal bisa membeli album terbaru Slank di Shopee.

Bergabungnya Slank sebagai brand ambassador Shopee ditandai dengan diresmikannya TVC terbaru bertajuk "Shopee 31.3 elektronik & Digital Sale". Selain itu, Slank juga meluncurkan toko resmi di Shopee, yakni TheSlankStore. Bersama Slank, Shopee ingin memastikan bahwa konsumen pria juga dapat memenuhi kebutuhannya di e-commerce itu, sesuai dengan tagline mereka "Semua Pasti Ada di Shopee!

Semakin mendekatkanmu mewujudkan impian nostalgia bareng Slank, Shopee juga akan mengadakan Konser Spesial Slank bersama Shopee. Konser tersebut akan dilangsungkan pada 31 Maret pukul 19.00 WIB di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD.

Sudah kangen ingin nostalgia lagu-lagu Slank, kan? Jangan lupa nantikan konser Slank bersama Shopee akhir Maret ini.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...