Rusak Metabolisme hingga Efek Yoyo, Ketahui 7 Dampak Buruk Diet Tak Sehat untuk Tubuh

Foto: Rusak Metabolisme hingga Efek Yoyo, Ketahui 7 Dampak Buruk Diet Tak Sehat untuk Tubuh
WowKeren dan Kanal247


Enggak semua orang mempraktekkan diet sehat. Padahal dampak diet tidak sehat berbahaya untuk tubuh, lho.

Kanal247.com - Menurunkan berat badan mungkin jadi suatu hal yang sangat lekat dengan para wanita. Namun, tak sedikit pria yang juga memperhatikan bentuk badan dan melakukan diet.

Baca juga ...


Diet bukan lah suatu hal yang mudah dan cepat. Butuh proses yang panjang dan usaha besar untuk mendapatkan tubuh yang kalian inginkan. Sayangnya, enggak semua orang mau menunggu, nih.

Banyak dari mereka yang melakukan diet instan yang tidak sehat. Padahal, diet tidak sehat tersebut akan memberikan banyak efek buruk bagi tubuh, lho.

Nah, berikut 7 dampak buruk bagi tubuh akibat diet tidak sehat. Ayo simak di bawah ini.

1. Diet Tak Sehat Menyebabkan Sembelit

Diet Tak Sehat Menyebabkan Sembelit

Diet tidak sehat biasanya menyebabkan kalian kurang mendapatkan asupan makanan yang cukup. Hal ini tentu menyebabkan pencernaan terganggu. Misalnya saat menggantikan karbohidrat dengan protein dan lemak yang menyebabkan asupan serat berkurang.

Kurangnya serat akan menimbulkan penyakit seperti sembelit. Nah, efek dari kotoran yang tidak dibuang akan menyebabkan perut buncit. Simak buah-buahan yang dapat mengatasi sembelit di sini.

2. Imunitas Tubuh Akan Melemah

Imunitas Tubuh Akan Melemah

Mengurangi asupan makanan tidak hanya menyebabkan sembelit, namun juga membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Menurunnya kekebalan tubuh akan membuat penyakit mudah menyerang. Jadi, kalian bisa sering sakit dan tidak fit. Simak makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas di sini.

3. Metabolisme Tubuh Akan Melambat

Metabolisme Tubuh Akan Melambat

Diet tak sehat membuat kalian memangkas nutrisi harian yang dapat menurunkan kerja metabolisme tubuh. Hal tersebut akan membuat tubuh menganggap kalian sedang kelaparan sehingga akan memperlambat pembakaran kalori. Berat badan malah akan sulit turun, lho. Maka dari itu, jangan kurangi asupan makanan secara ekstrem, ya.

4. Kulit dan Rambut Menjadi Rusak

Kulit dan Rambut Menjadi Rusak

Nah, dampak buruk lainnya dari diet tidak sehat adalah membuat rambut rontok. Hal ini umum terjadi ketika seseorang membatasi konsumsi gula dan karbohidrat. Biasanya kerontokan rambut terjadi selama tiga bulan setelah memulai pola makanan baru.

Tak hanya itu, kekurangan vitamin dan nutrisi lainnya juga berimbas pada kesehatan kulit. Nah, jika kalian pelaku diet tidak sehat, jangan heran jika kulit menjadi kering dan berkerut.

5. Kulit Perut Mengendur dan Terlihat Tidak Segar

Kulit Perut Mengendur dan Terlihat Tidak Segar

Nah, kulit perut juga akan menjadi bergelambir jika kalian menjalani diet tidak sehat. Hal ini lantaran kulit kehilangan elastisitas setelah sekian lama terengang oleh kehadiran lemak. Selain area perut, bagian paha dan lengan juga akan bergelambir. Kulit yang kendur ini tidak akan terjadi pada orang-orang yang menjalani diet dibarengi dengan olahraga.

6. Diet Tak Sehat Sebabkan Kekurangan Asupan Gizi

Diet Tak Sehat Sebabkan Kekurangan Asupan Gizi

Satu hal yang pasti dari diet tidak sehat adalah kekurangan asupan gizi. Umumnya, diet ketat rendah kalori beresiko menyebabkan seseorang kekurangan zat besi, folat, kalsium dan vitamin B12. Efek ini dapat merugikan kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Maka dari itu, kalian wajib berhati-hati saat menjalankan diet. Jangan sampai terjebak dalam diet tidak sehat.

7. Berat Badan Akan Mudah Bertambah

Berat Badan Akan Mudah Bertambah

Nah, buat kalian yang menjalani diet tidak sehat hati-hati dengan efek yoyo, yakni membuat tubuh mengalami kenaikan badan dengan cepat setelah menurun drastis. Efek ini akan menyebabkan dampak buruk kesehatan dan psikologis.

Kehilangan berat badan dan kemudian meningkat kembali secara berulang-ulang dapat membuat kalian putus asa dan depresi. Efek yoyo juga membuat seseorang mempunyai rasa percaya diri yang rendah dan kurang puas terhadap tubuhnya.

Dari pada melakukan diet tak sehat, kalian dapat melakukan tips sukses diet di sini. Buat yang tengah diet, kalian juga dapat mengganti karbohidrat nasi dengan bahan yang lebih sehat. Simak di sini.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...