Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Jika Tak Ingin Jerawat Makin Parah

Foto: Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Jika Tak Ingin Jerawat Makin Parah
WowKeren dan Kanal247


8 makanan ini bisa membuat jerawat kalian makin parah, lho. Ayo simak di sini!

Kanal247.com - Masalah wajah yang paling umum dialami banyak orang adalah jerawat. Kalian pasti pernah mengalaminya, kan? Enggak cuman jerawat yang besar dan merah tapi juga yang kecil seperti komedo.

Baca juga ...


Penyebab jerawat sendiri beragam, mulai dari menyentuh wajah dengan tangan kotor, terlalu sering mencuci muka, memencet jerawat, stres dan masih banyak lagi. Hal tersebut juga menyebabkan jerawat yang ada di wajah semakin meradang.

Tak hanya kebiasaan buruk, makanan yang kalian konsumsi juga dapat membuat jerawat di wajah makin parah, lho. Maka dari itu, menjaga makanan juga diperlukan saat kalian tengah jerawatan.

Nah, lalu apa saja ya makanan yang dapat membuat jerawat makin parah? Simak di bawah ini, ya.

1. Makanan Berlemak Sebabkan Jerawat Meradang

Makanan Berlemak Sebabkan Jerawat Meradang

Masih doyan mengonsumsi makanan berlemak saat kalian jerawatan? Jangan heran jika jerawat makin parah. Timbunan lemak pada tubuh menyebabkan masalah gula darah. Saat gula darah berfluktuatif maka akan menyebabkan peningkatan hormonal cascading yang dapat meningkatkan produksi sebum alias minyak kulit dan menutup pori-pori. Hal tersebut menjadi penyebab utama jerawat.

Selain itu, lemak memiliki dampak buruk lainnya. Lemak yang terlalu banyak lemak dalam aliran darah membuat nutrisi dan oksigen yang mengalir ke sel berjalan lambat. Efeknya, sel tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Kondisi ini yang memperparah kondisi jerawat.

2. Konsumi Makanan Manis Akan Membuat Jerawat Makin Parah

Konsumi Makanan Manis Akan Membuat Jerawat Makin Parah

Jika makanan berlemak menyebabkan masalah gula darah secara tidak langsung, lalu bagaimana dengan makanan yang manis? Makanan yang mengandung gula berlebih rupanya dapat menyebabkan lonjakan insulin dalam makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Tingkat insulin memicu produksi sebum di permukaan kulit. Minyak alami kulit yang berlebihan itu akan menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jadi, kurangi konsumsi makanan manis saat masih ada jerawat, ya.

3. Makanan atau Minuman Berkafein

Makanan atau Minuman Berkafein

Pecinta kopi mungkin harus menghindarinya sementara saat tengah berjerawat. Hal tersebut lantaran kopi mengandung kafein. Senyawa tersebut menyebabkan kelenjar adrenalin untuk melepas hormon stres yang dapat meningkatkan level stres. Tentunya, stres tidak baik untuk kesehatan kulit.

Tak hanya itu, kafein dapat mengganggu pola tidur kalian. Kafein bisa membuat tidur kalian tidak nyenyak. Padahal, tidur merupakan waktu istirahat penting untuk memperbaiki kondisi fisik dan detoksifikasi. Jika racun tidak terlepas dari tubuh, maka kesehatan akan menurun dan jerawat bisa makin parah. Kafein sendiri tidak hanya terdapat dalam kopi. Teh, cokelat, soda dan minuman energi juga mengandung senyawa tersebut.

4. Jerawat Makin Parah? Mungkin Karena Mie Instan

Jerawat Makin Parah? Mungkin Karena Mie Instan

Mie Instan merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Apalagi buat anak kost yang lagi akhir bulan, nih. Namun, kalian mungkin tidak tahu bahwa mie instan masuk dalam makanan yang menyebabkan jerawat.

Mengonsumsi mie instan yang mengandung terlalu banyak protein dan minyak jenuh sangat berbahaya bagi kesehatan juga kecantikan kulit. Sebaiknya, hindari mie instan saat muncul jerawat. Konsumsi makanan sehat seperti nasi, sayuran dan buah yang kaya serat.

5. Roti Bikin Jerawat Makin Parah

Roti Bikin Jerawat Makin Parah

Makanan selanjutnya adalah roti. Ahli dermatologi dari New York, Dr. Francesca Fusco mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti sumber karbohidrat non-kompleks seperti roti juga dapat memperburuk kondisi kulit. Glukosa di dalamnya mudah diurai menjadi gula sehingga meningkatkan level insulin yang bakal membuat jerawat semakin meradang.

6. Makan Kerang Bikin Jerawatan

Makan Kerang Bikin Jerawatan

Makanan laut seperti kerang dapat membuat jerawat makin parah. Hal tersebut disebabkan kandungan yodium di dalamnya yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Makanan laut lainnya, seperti kepiting, lobster dan udang juga memiliki efek yang sama, lho.

Konsumsi jenis ikan seperti tuna dan salmon yang mengandung asam lemak omega 3 untuk sementara waktu. Kulit akan tetap sehat dan jerawat juga akan membaik.

7. Kacang-Kacangan Membuat Jerawat Meradang

Kacang-Kacangan Membuat Jerawat Meradang

Kacang mengandung suatu senyawa yang disebut aflatoxin yang dapat memicu jamur dan membuat kulit wajah menghasilkan jerawat. Bukan hanya mengonsumsi kacang-kacangan biasa, selai kacang juga bisa bikin jerawat makin parah.

Bahkan selai kacang memiliki efek dua kali lipat meningkatkan minyak wajah karena tambahan karbohidrat dan gula. Insulin dan gula darah meningkat sehingga produksi androgen juga bertambah. Androgen merupakan hormon yang bertanggung jawab meningkatkan produksi kelenjar minyak.

8. Produk yang Mengandung Susu

Produk yang Mengandung Susu

Produk yang mengandung susu, seperti susu kaleng, yogurt, keju, cokelat dan es krim akan membuat jerawat di wajah semakin parah. Hal itu disebabkan makanan atau minuman yang mengandung susu memiliki lemak yang tinggi.

Selain itu, susu diproduksi dari sapi hamil. Sapi tersebut mengandung lebih banyak hormon. Namun, kelenjar kulit manusia mengandung enzim yang mengubah hormon tersebut menjadi DHT (dihydrotestosteron). DHT akan memicu peningkatan produksi sebum di kelenjar kulit.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...