8 Cara Alami untuk Mengobati Ambeien Tanpa Operasi

Foto: 8 Cara Alami untuk Mengobati Ambeien Tanpa Operasi
WowKeren dan Kanal247


Ambeien adalah benjolan yang muncul ketika pembuluh darah vena di anus meradang dan membengkak. Kondisi ini juga kerap disebut dengan wasir.

Kanal247.com - Ambeien merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan anus. Ambeien adalah benjolan yang muncul ketika pembuluh darah vena di anus meradang dan membengkak. Kondisi ini juga kerap disebut dengan wasir.

Baca juga ...


Benjolan ambeien dapat muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau di sekitar bukaan anus. Benjolan tersebut membuat seseorang tidak nyaman berlama-lama duduk lantaran merasa gatal dan sakit.

Selain itu, ambeien menimbulkan rasa sakit saat tengah BAB. Bahkan banyak kasus yang menyebabkan penderita mengalami BAB berdarah. Penyakit satu ini juga dapat bertahan lama jika tidak segera diatasi.

Nah, buat kalian yang tengah mengalami ambeien, berikut terdapat cara menyembuhkannya tanpa melalui operasi. Cari tahu di bawah ini.

1. Obati Ambeien dengan Bawang Putih

Obati Ambeien dengan Bawang Putih

Salah satu cara tradisional untuk mengobati ambeien adalah dengan bawang putih. Hal ini lantaran bawang putih mengandung senyawa aktif allicin. Senyawa tersebut memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Allicin akan memperkuat pembuluh darah dan membasmi bakteri yang berada di sekitar anus.

Caranya mudah, kalian dapat menghaluskan bawang putih, kemudian oleskan pada benjolan di sekitar anus. Kalian juga dapat melakukannya dengan meminum jus bawang putih secara rutin agar benjolan ambeien cepat kempes. Selain itu, rasa gatal dan sakit juga dapat teratasi, lho.

2. Lidah Buaya untuk Atasi Ambeien

Lidah Buaya untuk Atasi Ambeien

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung banyak manfaat. Lidah buaya berguna untuk mencerahkan siku dan lutut, mengobati sariawan, mengatasi gatal-gatal, memanjangkan rambut dan masih banyak lagi. Tanaman berduri ini rupanya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ambeien.

Terkait ambeien, lidah buaya dapat mengurangi pembengkakan, rasa gatal dan terbakar. Kalian dapat langsung mengoleskan gel lidah buaya pada anus. Gunakan gel lidah buaya alami, jangan produk yang sudah mengandung bahan kimia.

3. Manfaatkan Kulit Manggis untuk Obati Ambeien

Manfaatkan Kulit Manggis untuk Obati Ambeien

Bertahun-tahun belakangan ini, kulit manggis menjadi populer untuk kesehatan lantaran memiliki banyak manfaat. Kalian juga dapat memanfaatkan kulit manggis untuk mengobati ambeien.

Kulit manggis kaya akan xanthone yang tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan, namun juga anti peradangan, anti diabetes, anti kanker, anti bakteri, anti jamur dan anti plasmodial. Xanthone memiliki turunan yang paling banyak terkandung pada kulit manggis adalah alfa-mangistin dan gamma-mangostin.

Dua turunan senyawa tersebut, menurut penelitian, dapat menghentikan proses peradangan dengan cara menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan. Nah, untuk mengolahnya, kalian perlu mengeringkan kulit manggis dengan cara menjemurnya terlebih dahulu. Kemudian rebus dan minum airnya setiap hari.

4. Akar Kangkung dapat Sembuhkan Ambeien

Akar Kangkung dapat Sembuhkan Ambeien

Bahan alami selanjutnya adalah akar kangkung. Kangkung sendiri mengandung zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Dengan kandungan tersebut tak heran jika akar kangkung dapat mengobati ambeien.

Cara memanfaatkannya mudah. Cukup ambil lah batang dan akar kangkung, kemudian cuci bersih. Rebus dengan dua gelas air mineral hingga menyisakan satu gelas. Minum air rebusan tersebut setiap hari.

5. Obati Ambeien dengan Minyak Kelapa

Obati Ambeien dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa punya kemampuan anti-peradangan dan penyembuhan yang dapat berguna untuk mengobati ambeien internal maupun eksternal. Minyak satu ini akan membantu mengecilkan daerah yang membesar di anus dan mempercepat proses penyembuhan.

Nah, kalian dapat mengoleskan minyak kelapa pada daerah yang membengkak setiap kali selesai BAB. Selain itu, kalian dapat mencampurkan minyak kelapa ke dalam makanan atau ketika mengonsumsi teh. Kalian juga dapat mengonsumsinya langsung sebanyak 1 hingga 2 sendok makan setiap hari.

6. Kompres Air Dingin

Kompres Air Dingin

Buat kalian yang memiliki ambeien tengah meradang atau membengkak, coba kompres menggunakan es batu. Cara ini ampuh untuk mengurangi iritasi dan bengkak pada anus. Rasa sakit pun dapat sedikit berkurang.

Siapkan handuk atau kantong untuk membungkus es batu. Kemudian masukkan es batu dan kompreskan di area ambeien. Lakukan selama 15 menit setiap hari secara rutin.

7. Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Garam epsom merupakan garam yang dikenal dengankhasiatnya untuk meredakan nyeri. Garam ini berasal dari daerah Surrey, ‌Inggris. Biasanya garam epsom dicampur air hangat untuk mandi atau kompres.

Nah, mandi dengan air hangat yang dicampur dengan garam epsom dapat mengurangi iritasi pada ambeien. Pembengkakan juga akan mereda. Kalian hanya perlu merendam tubuh dengan air tersebut sekitar 20 menit.

8. Konsumsi Makanan yang Banyak Serat

Konsumsi Makanan yang Banyak Serat

Cara mengobati ambeien lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membuat feses menjadi lunak dan menghindarkan kalian dari sembelit.

Setiap hari, kalian wajib mengonsumsi sebanyak 30-35 gram serat setiap hari. Kalian bisa mendapatkan serat dengan mengonsumsi buah-buahan seperti alpukat, buah beri, biji labu, kacang-kacangan, sayuran hijau dan masih banyak lagi.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...