Hindari Skoliosis, Ketahui 7 Posisi Duduk yang Baik saat Berada di Depan Komputer

Foto: Hindari Skoliosis, Ketahui 7 Posisi Duduk yang Baik saat Berada di Depan Komputer
WowKeren dan Kanal247


Apa kalian sering merasa pegal dan mudah lelah ketika terlalu banyak duduk? Nah, hal ini menandakan bahwa kalian duduk dapat posisi yang salah.

Kanal247.com - Buat pekerja kantoran, kalian pasti banyak menghabiskan waktu untuk duduk di depan komputer. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan posisi duduk yang benar. Jangan sampai posisi duduk selama ini menyebabkan kalian terkena penyakit, seperti skoliosis, kifosis, lordosis dan lainnya.

Baca juga ...

Apa kalian sering merasa pegal dan mudah lelah ketika terlalu banyak duduk? Nah, hal ini menandakan bahwa selama ini kalian duduk dapat posisi yang salah. Saat duduk dalam posisi benar pun, kalian masih bisa lelah. Bagaimana jika kalian duduk dalam posisi salah.


Nah, berikut 7 posisi duduk yang benar saat berada di depan komputer. Simak di sini, ya.

1. Duduk dengan Posisi Tegak

Duduk dengan Posisi Tegak

Saat duduk di depan komputer, kalian harus memperbaiki posisi tubuh terlebih dahulu. Posisikan punggung sejauh mungkin dari lekukan kursi. Biarkan bokong yang menyentuh bagian sandaran kursi.

Pada dasarnya, tulang punggung berbentuk sedikit melengkung ke depan pada bagian pinggang. Kalian bisa meletakkan bantal untuk menyangga lekukan tersebut. Penggunaan sandaran kursi juga dapat mencegah kalian mengalami sakit punggung.

2. Atur Posisi Keyboard Senyaman Mungkin

Atur Posisi Keyboard Senyaman Mungkin

Posisi keyboard juga perlu diperhatikan. Tempatkan keyboard tepat di depan badan bukan menyamping. Selain itu, gunakan kaki keyboard untuk mengatur kemiringannya. Namun, hal ini juga tergantung dengan posisi duduk.

Jika kalian duduk dengan posisi tinggi, maka buat keyboard dalam keadaan rata atau menjauh dari pergelangan tangan. Sebaliknya, tempatkan keyboard miring ke depan bagi kamu yang duduknya rendah atau sejajar.

Kalian juga dapat menggunakan palm rest, yakni bantalan yang berada di depan keyboard dan mouse untuk menjaga posisi pergelangan agar tetap baik. Pergelangan tangan tak seharusnya menekuk dengan tidak nyaman.

3. Atur Ketinggian Kursi dengan Baik

Atur Ketinggian Kursi dengan Baik

Nah, kalian juga harus mengatur ketinggian kursi hingga posisi wajah tepat di layar monitor. Namun, telapak kaki juga harus tetap menyentuh lantai. Jika kalian memiliki tubuh yang pendek, taruh bantalan kaki atau kursi bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Tak hanya itu, kalian juga harus meletakkan kursi dekat dengan meja. Semakin dekat, semakin sedikit pula otot yang bekerja untuk menariknya. Hal tersebut juga dapat membuat otot lebih rileks.

4. Atur Posisi Lutut Dan Bahu

Atur Posisi Lutut Dan Bahu

Nah, posisi duduk yang tepat adalah membuat bahu tetap tegak agar tidak menyandar atau membungkuk. Bersandar atau membungkuk dapat menyebabkan sarat siatik dan otot bahu menjadi tegang. Kondisi tersebut akan membuat kalian kehilangan keseimbangan.

Lutut juga harus berada pada posisi yang nyaman. Letakkan lutut kalian sejajar atau lebih tinggi dari pinggul. Posisi yang paling baik adalah saat bagian bawah pada dapat menyentuh kursi dan telapak kaki berada di lantai. Kalian juga harus meninggalkan kebiasaan menyilangkan kaki. Mungkin akan terasa nyaman, namun hal ini bisa membebani tulang belakang dan menyebabkan ketidakseimbangan pada panggul.

5. Perhatikan Sandaran Kursi

Perhatikan Sandaran Kursi

Sandaran kursi memiliki sudut ideal, yakni 100 derajat-110 derajat ke belakang. Sandaran kursi sebaiknya tidak boleh terlalu lurus dan miring ke belakang. Sudut sandaran kursi yang baik akan menompang punggung jauh lebih nyaman dibandingkan yang terlalu lurus. Selain itu, pastikan pula punggung bagian atas dan bawah ditompang dengan baik. Maka, kalian akan terhindar dari rasa pegal.

6. Posisikan Monitor Sejajar dengan Mata

Posisikan Monitor Sejajar dengan Mata

Posisi monitor yang paling baik adalah sejajar dengan mata. Hal ini berguna agar kalian tidak harus menjulurkan kepala secara berlebihan. Kalian harus mendapatkan posisi yang santai dan netral.

Ketika menggunakan bahan ketika berupa media cetak, usahakan untuk menaruh buku atau kertas tersebut tepat di bawah layar. Hal itu berguna untuk meminimalisir pergerakan tubuh khususnya leher saat bekerja.

7. Lakukan Peregangan Setiap Satu Jam Sekali

Lakukan Peregangan Setiap Satu Jam Sekali

Duduk dalam waktu yang lama tidak baik untuk tubuh. Maka dari itu, jangan lupa istirahat sejenak untuk berdiri, berjalan-jalan kecil hingga peregangan sendi. Lakukan peregangan di bagian pergelangan tangan minimal enam kali sehari. Lakukan dengan menekuk tangan ke atas dan ke bawah sehingga pergelangan terasa tertarik.

Selain itu, kalian harus mengistirahatkan mata juga sangat penting. Coba liat benda-benda yang jauh setiap kali beristirahat agar mata tidak cepat rusak.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...