Enggak Perlu Perawatan Mahal, Ini 7 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Foto: Enggak Perlu Perawatan Mahal, Ini 7 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah dan Rambut tv360nigeria.com
WowKeren dan Kanal247


Daripada mengandalkan produk yang dijual di pasaran yang mengandung bahan kimia, gunakan madu alami untuk perawatan kecantikan. Ayo simak di sini caranya!

Kanal247.com - Madu merupakan bahan alami yang dikenal memiliki banyak manfaat. Madu yang biasanya digunakan sebagai pengganti gula ini dipercaya menjadi salah satu bahan yang mampu menambah stamina.

Baca juga ...


Selain itu, madu juga sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah dan rambut. Bahkan telah banyak produk kecantikan yang kini menggunakan madu sebagai bahan dasar pembuatannya. Namun, produk tersebut mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh.

Daripada mengandalkan produk yang dijual di pasaran, mengapa tidak menggunakan madu murni saja? Pemanfaatannya mudah, kok. Menggunakan madu murni pun tidak memiliki efek samping buruk.

Nah, mau tahu apa saja manfaat madu dan pemanfaatannya? Ayo simak di sini.

1. Memerahkan Bibir Alami dengan Madu

Memerahkan Bibir Alami dengan Madu

Manfaat pertama madu adalah untuk melembapkan bibir. Bahan alami ini cocok buat kalian yang punya bibir pecah-pecah. Tak hanya itu, madu juga dapat membuat bibir merah alami, lho. Simak di sini untuk mengetahui bahan alami lain yang dapat melembapkan bibir.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan madu pada bibir kering kemudian mendiamkannya selama beberapa menit. Madu akan menutrisi bibir, melembutkan, melembapkan dan membuatnya tampak mulus. Nah, lakukan hal ini setiap hari agar hasil cepat terlihat.

2. Manfaat Madu untuk Membuat Kulit Cerah

Manfaat Madu untuk Membuat Kulit Cerah

Kulit wajah kusam tentu menjadi salah satu masalah yang banyak dialami wanita. Daripada menggunakan krim pemutih wajah, kalian dapat menggunakan madu sebagai eksfoliator. Bahan alami ini akan membantu mencerahkan wajah.

Cara penggunaanya mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan madu dengan minyak kelapa dan gula sebagai scrub hingga mengental. Oleskan campuran tersebut pada wajah sembari dipijat halus. Madu dan gula akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi cerah. Lakukan kegiatan ini 2 kali seminggu, ya.

3. Jerawat dapat Diatasi dengan Madu

Jerawat dapat Diatasi dengan Madu

Manfaat madu lainnya adalah mengatasi jerawat. Madu memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengurai bakteri penyebab jerawat di wajah. Bahan alami ini mengandung anti-inflamasi yang mengurangi radang dan iritasi.

Memanfaatkan madu untuk menyembuhkan jerawat cukup mudah. Oleskan madu pada area yang terdapat jerawat. Diamkan selama 15 menit sebelum bilas dengan air hangat. Coba campurkan madu dengan kayu manis terlebih dahulu.

4. Madu dapat Melembapkan Kulit Kering

Madu dapat Melembapkan Kulit Kering

Tidak hanya bibir, madu juga dapat melembapkan kulit wajah. Madu dapat menghidrasi kulit karena memiliki kandungan yang mampu mengikat air sehingga wajah akan menjadi lembap. Kulit kering kalian akan teratasi meski tidak mengandalkan produk kecantikan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, oleskan madu pada seluruh wajah seperti masker. Cukup tipis saja agar tidak menetes kemana-mana. Diamkan madu pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Cegah Rambut Rontok dengan Madu

Cegah Rambut Rontok dengan Madu

Madu juga bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut. Beberapa kandungan di madu dipercaya bisa memperkuat folikel rambut. Dengan begitu, rambut bisa terhindar dari resiko kerontokan yang ada.

Nah, untuk memanfaatkan madu, kalian memerlukan santan kelapa. Kandungan lemak dan protein penting dalam kelapa sangat dibutuhkan untuk memberikan kekuatan pada rambutmu sehingga tidak mudah rontok. Sementara antioksidan dalam madu juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut, terutama untuk mencegah kerontokan.

Campurkan madu dan santan kemudian oleskan secara merata pada rambut. Tutup dengan handuk selama satu jam kemudian bilas menggunakan sampo.

6. Madu Bisa Menjadi Kondisioner Alami

Madu Bisa Menjadi Kondisioner Alami

Kondisioner menjadi salah satu yang tidak dapat dipisahkan dari perawatan rambut. Kandungan alami dalam madu dapat memberikan kelembapan alami untuk rambutmu sama seperti kondisioner. Apalagi madu memiliki banyak nutrisi dan enzim.

Cara menggunakannya, kalian harus mencampurkan madu dengan minyak kelapa atau alpukat terlebih dahulu. Minyak kelapa dipercaya ampuh menghaluskan kutikula rambut. Sementara alpukat mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerusakan dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.

7. Madu Membantu Menumbuhkan Rambut

Madu Membantu Menumbuhkan Rambut

Madu memiliki antioksidan yang dipercaya dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan emoliennya juga berfungsi untuk menyehatkan folikel rambut. Dengan madu, rambut akan lebih mudah dan cepat tumbuh dengan sehat. Madu juga akan menambah volume rambutmu sehingga terlihat tebal dan sehat.

Caranya mudah, kalian dapat membuat madu menjadi masker. Campurkan dengan beberapa bahan lainnya. Kalian juga bisa menambahkan madu pada sampo yang digunakan. Mudah, bukan?

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...