Konsumsi 7 Makanan Sehat Ini Mampu Meredakan Stres

Foto: Konsumsi 7 Makanan Sehat Ini Mampu Meredakan Stres
WowKeren dan Kanal247


Perlu kalian ketahui bahwa saat stres akan timbul kadar karsitol yang membuat kalian ingin makan terus. Selain itu, hal ini juga memicu rasa ingin mengonsumsi makanan yang bergula dan berkalori tinggi.

Kanal247.com - Apa ada di antara kalian yang mengalami stres? Kondisi stres terkadang membuat seseorang tidak bisa mengontrol nafsu makannya. Hal ini tentu mengundang stres lainnya lantaran kalian dapat membuat gemuk.

Baca juga ...


Perlu kalian ketahui bahwa saat stres akan timbul kadar karsitol yang membuat kalian ingin makan terus. Selain itu, hal ini juga memicu rasa ingin mengonsumsi makanan yang bergula dan berkalori tinggi.

Nah, ada sejumlah makanan sehat yang bisa kalian konsumsi untuk menghilangkan stres. Nilai tambahnya, makanan ini sehat sehingga tidak membuat berat badan naik.

Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

1. Alpukat dapat Meredakan Stres

Alpukat dapat Meredakan Stres

Alpukat mengandung glutathione yang akan memblokir penyerapan lemak tertentu di dalam usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Buah satu ini juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E dan folat yang lebih banyak dari buah-buahan lain.

Tak hanya itu, alpukat dapat berfungsi menurunkan tingkat stres lantaran mengandung kalium yang memberikan rasa tenang. Tenang saja, kalian tidak perlu khawatir akan gendut karena alpukat mengandung lemak tak jenuh.

2. Manfaatkan Jeruk untuk Atasi Stres

Manfaatkan Jeruk untuk Atasi Stres

Jeruk merupakan buah yang tinggi kandungan vitamin C. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin tersebut rupanya terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres.

Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh. Maka dari itu, orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi tidak menunjukkan tanda stres mental dan fisik yang diharapkan saat mengalami tantangan psikologis akut. Nah, dengan mengonsumsi jeruk akan mengembalikan kondisi mental kalian menjadi lebih baik.

3. Atasi Stres dengan Makan Oatmeal

Atasi Stres dengan Makan Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang membantu otak membuat serotonin, hormon yang membuat mood lebih baik. Kandungan ini tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga rasa menenangkan yang membantu mengatasi stres.

Kalian dapat memilih oatmeal verietas rolled atau steel cut daripada kemasan instan untuk mengatasi stres. Racik bubur oatmeal dengan porsi besar, kemudian simpan dalam kulkas di wadah yang tertutup. Hangatkan oatmeal setiap pagi. Konsumsi dengan topping buah-buahan yang segar.

4. Kacang Mede dapat Redakan Stres

Kacang Mede dapat Redakan Stres

Makanan selanjutnya adalah kacang mede. Perlu kalian tahu bahwa kacang ini dinobatkan sebagai cara menghilangkan stres yang paling baik dari semua jenis kacang. Ini lantaran kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi.

Kadar zinc yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan kecemasan tinggi dan kecenderungan depresi. Tubuh tidak memiliki fasilitas untuk menyimpan cadangan zinc, maka dari itu, kalian harus memberikan asupan dari luar berupa makanan.

5. Konsumsi Sayuran Berdaun Hijau

Konsumsi Sayuran Berdaun Hijau

Apa kalian salah satu orang yang tidak suka sayur? Jangan heran jika cepat stres. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, mengandung folat yang menghasilkan dopamin. Zat kimia otak tersebut yang merangsang kebahagiaan sehingga membuat kalian tetap tenang.

Studi tahun 2002 di Journal of Affective Disorders yang mengamati 2.800 orang paruh baya dan lansia mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi paling banyak folat memiliki resiko gejala depresi yang lebih rendah daripada mereka yang makan sedikit sayuran hijau.

6. Dark Chocolate dapat Menghilangkan Stres

Dark Chocolate dapat Menghilangkan Stres

Cokelat merupakan makanan yang diketahui dapat menghilangkan stres, terutama cokelat hitam. Penelitian telah membuktikan bahwa cokelat dapat mengurangi hormon kortisol di dalam tubuh.

Cokelat hitam sendiri diketahui menurunkan tekanan darah yang memicu perasaan tenang. Jenis cokelat ini juga mengandung lebih banyak polifenol dan flavonol, jenis antioksidan yang penting. Dengan mengonsumsi cokelat hitam, kalian juga tidak perlu khawatir akan penambahan berat badan.

7. Manfaatkan Yogurt untuk Mengatasi Stres

Manfaatkan Yogurt untuk Mengatasi Stres

Sebuah studi UCLA 2013 di antara 36 wanita sehat mengungkapkan bahwa mengonsumsi probiotik dalam yogurt dapat mengurangi aktivitas otak di daerah yang menangani emosi, termasuk stres. Yogurt juga dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang berguna memberikan rasa nyaman saat kalian stres.

Yogurt yang baik adalah yang tidak memiliki pemanis buatan. Lebih baik tambahkan pemanis alami seperti madu, berry, alpukat, jeruk dan lainnya. Sudah enak, stres juga hilang, deh.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...