7 Tips Mengatasi Stretch Mark yang Kerap Bikin Tak Percaya Diri

Foto: 7 Tips Mengatasi Stretch Mark yang Kerap Bikin Tak Percaya Diri
WowKeren dan Kanal247


Keberadaan stretch mark biasanya membuat banyak wanita tidak percaya diri. Apalagi ketika ingin berpakaian minim. Mau tahu cara mengatasinya? Ayo simak di sini!

Kanal247.com - Apa di antara kalian ada yang mengalami stretch mark, guratan putih yang muncul pada bagian kulit? Stretch mark sendiri muncul lantaran perubahan hormonal atau peregangan berlebihan.


Baca juga ...

Awalnya, stretch mark muncul berwarna merah keunguan, kemudian secara bertahap menjadi mengkilap dan berwarna putih seperti mutiara atau berwarna daging. Umumnya, stretch mark terjadi di pantat, paha, perut atas dan payudara.

Stretch mark terjadi pada orang yang mengandung sedikit kolagen atau protein pada kulitnya sehingga membuat kulit lebih lentur. Ketika kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh bertambah berat badan, lapisan kulit akan menipis sehingga lapisan bawahnya muncul ke permukaan.

Keberadaan stretch mark biasanya membuat banyak wanita tidak percaya diri. Apalagi ketika ingin berpakaian minim.

Nah, kalian tentu ingin mengatasi stretch mark, kan? Berikut cara ampuh untuk mengatasi guratan putih pada kulit kalian. Simak di bawah ini, yuk!

1. Gunakan Lotion Secara Rutin

Gunakan Lotion Secara Rutin

Cara paling sederhana untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan rajin menggunakan lotion. Namun, kalian harus memastikan bahwa produk yang digunakan memiliki kandungan untuk stretch mark atau bekas luka.

Salah satunya adalah roduk lotion yang mengandung cocoa butter. Bahan tersebut akan menghidrasi dan meningkatkan serta kehalusan kulit dengan sangat baik. Jika menggunakan lotion secara rutin, kulit akan semakin kenyal dan mendorong perbaikan kulit yang signifikan. Stretch mark akan memudar dan secara perlahan menghilang.

2. Krim Tretinoin Atau Retinoid untuk Menghilangkan Stretch Mark

Krim Tretinoin Atau Retinoid untuk Menghilangkan Stretch Mark

Selain lotion, kalian dapat menggunakan krim tretinoin atau retinoid. Krim tersebut dapat membantu mengembalikan kandungan kolagen dalam kulit. Meskipun stretch mark tidak dapat hilang sepenuhnya, krim jenis ini mampu memperbaiki tampilannya.

Namun, krim retinoid terkadang mampu membuat kulit iritasi lantaran terbuat dari bahan kimia. Nah, bagi ibu hamil atau menyusui, sebaiknya hindari krim ini, ya. Kalian dapat menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi stretch mark. Simak di bawah ini.

3. Minyak Zaitun, Castor dan Kelapa

Minyak Zaitun, Castor dan Kelapa

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang mengandung nutrisi dan antioksidan. Minyak satu ini juga merupakan pelembap alami yang dapat mengatasi stretch mark. Selain minyak zaitun, kalian juga dapat menggunakan minyak castor dan minyak kelapa.

Cara menggunakannya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun, castor atau kelapa sembari dipijat pada area kulit yang terdapat stretch mark. Kalian juga dapat menghangatkan terlebih dahulu minyak tersebut untuk melancarkan aliran darah ke kulit.

4. Putih Telur dapat Atasi Stretch Mark

Putih Telur dapat Atasi Stretch Mark

Stretch mark dapat diatasi dengan masker putih telur. Kandungan asam amino dan protein di dalamnya dapat memperbaiki kulit. Putih telur dianggap sebagai lotion alami.

Nah, putih telur memang memiliki bau amin, namun kalian dapat mengatasinya dengan mencampurkannya dengan jeruk nipis atau lemon. Kemudian kocok putih telur hingga membentuk busa halus. Oleskan pada permukaan kulit yang terdapat stretch mark menggunakan kuas. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air dingin.

5. Hilangkan Stretch Mark dengan Scrub Gula

Hilangkan Stretch Mark dengan Scrub Gula

Cara yang paling tepat untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan eksfoliasi. Kalian dapat menggunakan gula sebagai scrub alami. Bahan ini akan mengelupas sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Untuk membuatnya mudah, cukup campurkan gula dengan madu agar dapat menyatu. Kalian juga dapat menggantikan madu dengan perasan air lemon. Aduk rata bahan-bahan tersebut kemudian gunakan langsung pada kulit. Pijat secara perlahan agar sel-sel kulit mati dapat terangkat.

6. Kentang untuk Menghilangkan Stretch Mark

Kentang untuk Menghilangkan Stretch Mark

Mungkin kalian tidak menyangka bahwa stretch mark dapat diatasi dengan kentang. Makanan satu ini mengandung "sari" yang dikeluarkan setelah dipotong. Sari tersebut memiliki vitamin dan mineral penting untuk membantu memulihkan dan memacu pertumbuhan sel kulit.

Nah, kalian hanya perlu menggosokkan kentang yang sebelumnya telah dipotong tebal ke bagian yang terdapat stretch mark. Pastikan sari tersebut melapisi semua area stretch mark. Kemudian diamkan hingga mengering dan bilas bersih menggunakan air hangat.

7. Vitamin C dalam Lemon dapat Mengatasi Stretch Mark

Vitamin C dalam Lemon dapat Mengatasi Stretch Mark

Nah, bahan alami selanjutnya adalah lemon. Buah ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kulit lembap dan elastis. Lemon memang sering digunakan sebagai bahan pemutih alami, maka dari itu cocok untuk membantu memudarkan gurat peregangan dengan lebih cepat.

Cukup oleskan air lemon pada stretch mark. Saat mengoleskan jangan lupa dipijat dengan lembut, ya. Selain itu, lakukan secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...