Ikuti 8 Tips Ini Agar Tak Lemas Selama Puasa Ramadhan

Foto: Ikuti 8 Tips Ini Agar Tak Lemas Selama Puasa Ramadhan
WowKeren dan Kanal247


Merasa lemas saat berpuasa menjadi hal yang wajar. Apalagi untuk kalian yang memiliki aktivitas di luar ruangan dan mengharuskan aktif bepergian. Simak tips di sini agar terhindar dari rasa lemas!

Kanal247.com - Bulan puasa sudah berjalan beberapa hari. Apa ada di antara kalian yang merasa kewalahan untuk menahan lapar dan haus seharian sementara tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa?

Baca juga ...

Merasa lemas saat berpuasa menjadi hal yang wajar. Apalagi untuk kalian yang memiliki aktivitas di luar ruangan dan mengharuskan aktif bepergian. Maka dari itu, asupan makanan dan kondisi tubuh perlu diperhatikan.


Nah, berikut terdapat 8 tips yang dapat kalian lakukan agar terhindar dari rasa lemas selama puasa. Simak di sini, ya!

1. Jangan Kurangi Jam Tidur

Jangan Kurangi Jam Tidur

Saat bulan Ramadhan tiba, rutinitas pada malam hari kemungkinan besar berubah lantaran harus bangun sahur. Makan sahur pasti akan mengganggu siklus tidur kalian. Padahal, cukup istirahat adalah kunci untuk dapat berenergi saat beraktivitas sepanjang hari.

Kalian dapat mempertahankan waktu tidur dengan cara tidur lebih awal. Tidur setelah tarawih dapat membantu mencukupi waktu tidur di malam hari, sekitar 7 hingga 8 jam. Dengan ini, kalian dapat tetap segar saat bangun pada malam hari.

2. Konsumsi Air Putih agar Tetap Terhidrasi Saat Buka dan Sahur

Konsumsi Air Putih agar Tetap Terhidrasi Saat Buka dan Sahur

Salah satu penyebab tubeh merasa lemas ketika puasa adalah dehidrasi, kekurangan cairan tubuh. Saat puasa, kalian tentu tidak boleh minum air ketika siang hari. Maka dari itu, sebaiknya cukupi asupan air saat berbuka dan sahur.

Kalian dapat mencoba pola 2-4-2. Pola tersebut berarti, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur. Selain itu, asupan cairan enggak harus didapatkan dari air kok, namun juga buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi.

3. Konsumsi Karbohidrat Kompleks Agar Tidak Mudah Lapar

Konsumsi Karbohidrat Kompleks Agar Tidak Mudah Lapar

Asupan saat sahur pun perlu diperhatikan. Hindari makanan yang tidak sehat seperti fast food. Salah satu asupan yang wajib kalian masukkan dalam karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, nasi merah, oatmeal dan masih banyak lagi.

Karbohidrat kompleks akan membuat kalian tak mudah lapar. Karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh dan otak melakukan aktivitas fisik maupun mental. Asupan ini pun bisa membantu tubuh tidak mudah lelah.

4. Konsumsi Makanan Berprotein seperti Telur Ketika Sahur

Konsumsi Makanan Berprotein seperti Telur Ketika Sahur

Selain karbohidrat, protein jadi salah satu asupan yang dapat membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Salah satu makanan yang mengandung protein cukup banyak adalah telur. Shelley McGuire dari American Society for Nutrition pernah menyampaikan bahwa mengonsumsi telur di pagi hari akan membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Tak hanya telur, masih banyak makanan lain yang mengandung protein. Sebut saja dada ayam, susu, brokoli, yogurt, tuna, udang, biji labu dan masih banyak lagi.

5. Hindari Makanan Bertepung dan Berminyak saat Sahur

Hindari Makanan Bertepung dan Berminyak saat Sahur

Saat sahur, kalian sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng cenderung akan menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari. Pasalnya, gorengan akan membuat banyak oksigen pada makanan menghilang.

6. Dapatkan Serat dan Gula Alami dalam Kurma

Dapatkan Serat dan Gula Alami dalam Kurma

Jangan lupa untuk memasukkan kurma dalam menu sahur dan berbuka. Kandungan serat dan gula alami di dalam kurma akan membuat kalian tetap berenergi selama seharian penuh. Kalian dapat menikmati kurma dalam berbagai cara, mulai dari memakan langsung, membuatnya menjadi jus, sebagai topping yogurt atau oatmeal dan masih banyak lagi.

7. Tetap Berolahraga Ringan saat Berpuasa

Tetap Berolahraga Ringan saat Berpuasa

Meski tengah berpuasa, olahraga tidak boleh ditinggalkan. Jangan berpikir akan semakin lelah, percayalah bahwa olahraga teratur akan membuat tubuh lebih bertenaga. Olahraga juga akan membuat kualitas tidur meningkat.

Enggak perlu melakukan olahraga berat, latihan kecil seperti berjalan kaki selama 10 menit dalam sehari sudah cukup kok. Kalian juga dapat melakukannya bersama-sama agar terasa lebih ringan dan menyenangkan.

8. Hindari Tidur Setelah Sahur

Hindari Tidur Setelah Sahur

Tips selanjutnya adalah jangan tidur usai sahur. Hal tersebut akan membuat makanan pada saat sahur terbuang sia-sia. Selain itu, tidur setelah sahur pun akan menimbulkan penyakit berbahaya. Sebut saja GERD (penyakit pencernaan), sakit kepala, ancaman stroke, serangan jantung dan masih banyak lagi.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...