7 Artis Indonesia yang Berjuang Hadapi Penyakit Mental

Foto: 7 Artis Indonesia yang Berjuang Hadapi Penyakit Mental Instagram
WowKeren dan Kanal247


Banyak selebriti Hollywood yang mengidap penyakit mental, seperti Lady Gaga, Demi Lovato, Selena Gomez hingga diva terkenal Mariah Carey. Beberapa selebriti Indonesia juga terbuka soal penyakit yang mereka alami.

Kanal247.com - Kesehatan fisik kerap menjadi perhatian utama sebagian orang. Padahal, mental seseorang juga perlu dijaga kesehatannya.

Baca juga ...

Banyak selebriti Hollywood yang mengidap penyakit mental, lho. Sebut saja Lady Gaga, Demi Lovato, Selena Gomez hingga diva terkenal Mariah Carey mengaku pernah mengalami penyakit tersebut.


Terdapat selebriti Indonesia yang rupanya juga mengidap penyakit mental. Mau tahu siapa saja mereka? Ayo simak di sini.

1. Marshanda

Marshanda Instagram

Salah satu artis yang diketahui memiliki penyakit mental adalah Marshanda. Ia menderita bipolar disorder tipe dua. Diagnosa tersebut pertama kali diketahui pada 2009 silam.

Penyakit bipolar membuat Marshanda menjadi hiperaktif dan energinya berlebihan. Penyakit yang dideritanya membuat ibu satu anak ini harus meminum obat-obatan tertentu yang diberikan dokter. Obat-obatan tersebut bertujuan untuk mencegahnya merasa depresi dengan meningkatkan serotonin, hormon yang mencegah depresi dalam otak.

2. Tora Sudiro

Tora Sudiro Instagram

Tora Sudiro harus berurusan dengan polisi karena penyakitnya. Ia ditangkap lantaran menyimpan 30 butir dumolid tanpa resep dokter pada 2017 lalu.

Setelah ditangkap, diketahui rupanya Tora menggunakan obat tersebut untuk mengobati stres dan insomnia yang dideritanya. Tora juga mengidap tourette syndrome yang merupakan penyakit turunan yang menyerang saraf. Penyakit ini membuat penderitanya sering berkata-kata atau melakukan gerakan di luar kendali.

3. Vidi Aldiano

Vidi Aldiano Instagram

Selebriti lainnya yang mengidap penyakit mental adalah Vidi Aldiano. Ia baru-baru ini menceritakan kisahnya pada Raditya Dika di sebuah konten YouTube. Gangguan mental yang dihadapinya adalah anxiety attack, semacam kecemasan yang berlebihan.

Vidi mengaku, penyakitnya tersebut membuatnya pingsan sebelum naik ke panggung. "Tapi parahnya 5 bulan lalu sampai nggak bisa fungsi badan gue. It's a very panic attack, anxiety attack, tapi itu sampai total shutdown badan gue blackout jadi ya lumayan parah sih," ujar Vidi.

4. Mey Chan

Mey Chan Instagram

Rekan duet Maia Estianty, Mey Chan mengidap panic attack disorder. Ia menjelaskan bahwa penyakit tersebut membuatnya dilanda kepanikan dan ketakutan yang amat parah. Bahkan terkadang membuatnya ingin pingsan.

Mey Chan mengaku selalu membawa obat untuk mengatasi penyakitnya. Penyakit tersebut tiba-tiba menyerang saat dirinya tidak dalam kondisi stres atau pun mengalami masalah hidup.

5. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier Instagram

Deddy Corbuzier mengaku bahwa dirinya memiliki penyakit diseleksia. Penyakit mental tersebut membuatnya sulit untuk belajar dan menghafal berbagai hal. Namun, penyakit tersebut tidak membuatnya menjadi seseorang yang patah semangat hingga dapat terjun ke dunia hiburan.

Diseleksia yang diderita Deddy rupanya juga menurun pada Azkanio Nikola Corbuzier, anaknya bersama Kalina Oktarani. sama seperti Deddy, Aza merupakan anak yang memiliki banyak prestasi yang membanggakan.

6. Awkarin (Karin Novilda)

Awkarin (Karin Novilda) Instagram

Karin Novilda atau Awkarin merupakan salah satu selebgram yang saat ini terbilang tengah naik daun. Dalam video yang diunggah di akun Youtube miliknya, Karin mengaku dirinya memiliki penyakit mental.

Ia bahkan pernah beberapa kali keluar masuk rumah sakit karena percobaan bunuh diri saat SMA. "Mental illness bukan suatu hal yang dapat disepelekan. Di luar negeri, orangtua sudah sadar akan informasi tentang mental illness, sehingga mereka bisa membawa anak-anak mereka kepada psikolog untuk mengetahui kepribadian dan cara merawat mereka," kata Karin dalam videonya.

"Orang Indonesia cenderung malu untuk menceritakan suatu hal berbeda yang dirasakan dirinya karena takut dianggap gila," lanjutnya. "Dengan menutup diri, mereka akan lebih sulit untuk sembuh karena tidak adanya masukan untuk menanggulanginya."

7. Andovi da Lopez

Andovi da Lopez Instagram

Andovi da Lopez, seorang YouTuber ternama juga buka-bukaan soal penyakit mental, yakni depresi yang dialaminya. Andovi juga mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah video di akun YouTube-nya.

Ia juga kembali membicarakan terkait penyakit mental bersama Raditya Dika dalam sebuah konten. Andovi sendiri mengaku tidak mengetahui penyebab dari depresi yang dialaminya. Menurutnya, ia memiliki karir, keluarga, teman dan pasangan yang baik.

Saat depresi menyerang, Andovi tidak memiliki semangat dan kehilangan hasrat dalam melakukan apapun. Ia menyarankan bagi orang yang memiliki penyakit mental untuk dapat berbicara dan bercerita pada orang terdekat yang dipercaya.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...