Ingin Tetap Langsing? Ini 8 Cara Alami Mencegah Berat Badan Naik Usai Lebaran

Foto: Ingin Tetap Langsing? Ini 8 Cara Alami Mencegah Berat Badan Naik Usai Lebaran
WowKeren dan Kanal247


Sebagian orang kerap mengalami kenaikan berat badan usai Lebaran. Hal ini lantaran kuliner khas Lebaran yang identik dengan santan yang memiliki banyak lemak.

Kanal247.com - Lebaran 2019 telah tiba. Hari besar ini adalah saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Membagikan uang Lebaran, mengobrol dan menyantap kuliner khas yang super nikmat.

Baca juga ...

Sebagian orang kerap mengalami kenaikan berat badan usai Lebaran. Hal ini lantaran kuliner khas Lebaran yang identik dengan santan yang memiliki banyak lemak.


Buat yang enggak ingin berat badannya naik, terdapat 8 cara untuk mencegahnya, lho. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

1. Makan Secukupnya, Jangan Kalap!

Makan Secukupnya, Jangan Kalap!

Banyak orang yang menganggap Lebaran merupakan momen balas dendam setelah kalian menahan nafsu makan dan minum selama puasa. Namun, sebaiknya perhatikan porsi makan kalian, jangan terlalu berlebihan.

Kalian bisa makan di piring yang lebih kecil agar porsi dapat dibatasi. Perlu kalian tahu, faktanya banyak orang yang cenderung mengambil porsi lebih banyak saat menggunakan piring besar.

2. Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Selain porsi, kalian wajib memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Saat Lebaran, orang cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak dibandingkan berserat.

Maka dari itu, kalian perlu menyeimbangkannya dengan makanan yang sehat dan mengandung banyak serat, seperti buah dan sayur. Serat akan membantu kalian mengontrol berat badan sehingga tidak naik. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan serat dapat mengurangi asupan kalori total. Jadi, berat badan enggak bakal naik, deh!

3. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Tips lainnya agar berat badan tidak naik usai Lebaran adalah berhentilah makan sebelum kenyang. Jangan makan hingga perut terasa penuh. Pasalnya, kalian akan malas bergerak.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sambil melakukan sesuatu cenderung akan makan berlebih. Mereka kurang mampu mengetahui kapan tubuh memberi sinyal kenyang. Maka itu, makanlah dengan kesadaran penuh dan tidak ada gangguan.

4. Batasi Asupan Makanan-Minuman Manis

Batasi Asupan Makanan-Minuman Manis

Makanan dan minuman manis juga kerap dikonsumsi saat Hari Raya Idul Fitri. Perlu kalian tahu bahwa gula lebih berisiko membuat cepat gemuk dibandingkan lemak. Gula hanya memiliki 4 kalori/gram sementara lemak 9 kalori/gram.

Namun, bukan berarti tingginya kadar kalori lemak yang lebih tinggi akan membuat cepat gemuk. Penelitian menyebutkan, jika mengkonsumsi makanan kaya gula, seseorang akan lebih cepat memicu kegemukan mengingat kandungan gula bisa membuat sel-sel di dalam otak yang merangsang nafsu makan berlebihan menjadi lebih aktif. Kita jadi cenderung ingin makan terus menerus.

5. Perbanyak Minum Air Putih saat Lebaran agar Tidak Gemuk

Perbanyak Minum Air Putih saat Lebaran agar Tidak Gemuk

Nah, tips selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi air putih. Dengan minum air putih, kalian akan cepat kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan menjadi berkurang. Apalagi, air putih memiliki 0 kalori yang enggak bikin gemuk.

Sebuah penelitian juga menunjukkan seseorang yang memenuhi kecukupan air dapat secara efektif mengurangi nafsu makan dan asupan kalori, sehingga seseorang yang mengkonsumsi air sebelum makan berpeluang 44% untuk mengalami penurunan berat badan.

6. Jangan Lupa untuk Kontrol Stres

Jangan Lupa untuk Kontrol Stres

Saat stres, tubuh memiliki kadar kortisol yang tinggi. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan sebagai respon terhadap stres. Hal ini akan memicu rasa ingin mengonsumsi makanan yang bergula dan berkalori tinggi.

Maka dari itu, kalian perlu memperhatikan tingkat stres, ya. Kalian dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang dapat mengatasi stres dan ga bakal bikin gemuk. Simak di sini.

7. Selalu Aktif Bergerak Agar Tidak Gemuk

Selalu Aktif Bergerak Agar Tidak Gemuk

Cara mencegah berat badan naik saat Lebaran adalah dengan aktif bergerak. Kegiatan yang menetap, seperti duduk di kursi sambil main game atau menonton televisi akan menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Apalagi jika kalian mengonsumsinya secara berlebihan. Lakukan aktivitas seperti berolahraga atau membersihkan rumah.

8. Jangan Lupa Tidur yang Cukup

Jangan Lupa Tidur yang Cukup

Kurang tidur akan menyebabkan berat badan naik. Hal ini lantaran orang yang tidak tidur cukup cenderung lapar, mengonsumsi lebih banyak kalori dan kurang melakukan aktivitas

Nah, kurang tidur juga dikaitkan dengan meningkatkan kadar hormon kelaparan  yang akan membuat asupan kalori lebih tinggi. Sangat penting untuk menjaga jam tidur, ya. Enggak mau tubuh mengalami kenaikan berat badan, kan?

Buat yang lagi mudik, kalian bisa simak beberapa tips yang dapat dilakukan agar tidak bosan di sini. simak pula manfaat kurma untuk kesehatan di sini.

Loading...

Komentar Anda

Topik Berita

Rekomendasi Artikel

Loading...