7 Cara Natural Mengatasi Milia di Wajah yang Mengganggu

Foto: 7 Cara Natural Mengatasi Milia di Wajah yang Mengganggu
WowKeren dan Kanal247


Milia muncul karena adanya protein bernama keratin yang terperangkap di dalam kelenjar pilosebasea pada kulit. Kemunculan kondisi ini enggak berbahaya, kok. Bahkan bisa juga hilang dengan sendirinya.

Kanal247.com - Apa kalian memiliki bintik-bintik mirip kutil yang muncul pada wajah? Kondisi tersebut bernama milia atau sering disebut dengan jerawat bayi. Pasalnya, umumnya penyakit ini terjadi pada bayi yang baru lahir.

Baca juga ...


Milia muncul karena adanya protein bernama keratin yang terperangkap di dalam kelenjar pilosebasea pada kulit. Kemunculan kondisi ini enggak berbahaya, kok. Bahkan bisa juga hilang dengan sendirinya.

Namun, kalian pasti tidak percaya diri dengan kemunculan milia, kan? Selain itu, tekstur wajah saat menggunakan make up menjadi tidak flawless.

Nah, ada cara mudah dan natural buat mengatasi milia, kok? Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini.

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin untuk Mengatasi Milia

Bersihkan Wajah Secara Rutin untuk Mengatasi Milia

Membersihkan wajah secara rutin merupakan salah satu tips pertama yang wajib kalian lakukan. Dengan membersihkan wajah, kotoran yang menyumbat pori-pori akan terangkat, sehingga milia baru tidak akan terbentuk.

Untuk mengatasi milia, sebaiknya kalian menggunakan produk sabun yang mengandung asam salisilat, asam sitrat dan asam glikolat . Bahan-bahan tersebut dapat mengatasi kondisi kulit akibat pertumbuhan sel-sel kulit berlebihan. Pilih pula sabun wajah yang memberikan efek pelembap.

2. Gunakan Eksfoliator untuk Atasi Milia

Gunakan Eksfoliator untuk Atasi Milia

Eksfoliasi kulit mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Sel-sel tersebut dapat membuat keratin terperangkap di pori-pori yang memicu timbulnya milia pada wajah.

Perawatan wajah satu ini enggak perlu dilakukan setiap hari. Eksfoliasi dapat dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu. Jika menggunakan eksfoliator berupa scrub, jangan lupa memijat atau menekan butirannya pada wajah. Hal ini akan mampu memaksimalkan proses pengangkatan sel-sel kulit mati.

3. Gunakan Scrub Rumahan dengan Gula Pasir

Gunakan Scrub Rumahan dengan Gula Pasir

Nah, enggak perlu beli produk eksfoliator mahal untuk mengatasi milia, kalian dapat membuatnya sendiri di rumah. Selain harganya murah, kalian juga dapat terhindar dari iritasi, lho.

Untuk membuatnya, kalian membutuhkan air perasan lemon dan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu masukkan gula pasir secukupnya hingga mengental. Masukkan scrub dalam botol higenis sehingga dapat kalian gunakan berkali-kali.

4. Atasi Milia dengan Masker Lidah Buaya

Atasi Milia dengan Masker Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Mulai dari memanjangkan rambut serta mencerahkan siku dan lutut. Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi milia.

Penggunaan lidah buaya dapat dilakukan dengan mengoleskan pada seluruh wajah atau area yang terdapat milia. Diamkan gel tersebut sehingga meresap ke kulit. Selain itu, kalian juga dapat memakai produk kecantikan yang mengandung ekstrak lidah buaya.

5. Masker Madu dapat Menghilangkan Milia

Masker Madu dapat Menghilangkan Milia

Bahan alami lainnya adalah madu. Kandungan antioksidan di dalamnya bisa membuat kulit lembap dan terhindar dari kondisi yang kering. Kalian hanya perlu mengoleskan madu asli pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit hingga kulit dapat menyerap manfaat tersebut.

6. Gunakan Masker Telur untuk Wajah

Gunakan Masker Telur untuk Wajah

Telur memiliki kandungan retinol yang dapat membantu membersihkan kulit. Kalian dapat membuatnya menjadi masker wajah. Sediakan terlebih dahulu minyak almond, yogurt tawar dan madu mentah.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 butir telur, setengah sendok teh minyak almond dan 1 sdm untuk masing-masing bahan lainnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata menjadi pasta, kemudian oleskan pada seluruh wajah. Biarkan hingga 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

7. Gunakan Uap untuk Membuka Pori-Pori Wajah

Gunakan Uap untuk Membuka Pori-Pori Wajah

Membersihkan pori-pori menjadi cara ampuh untuk mencegah serta menghilangkan milia. Kalian dapat menggunakan uap air panas untuk membuat pori-pori lebih besar agar mudah dibersihkan.

Cara yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengompres handuk yang telah direndam air hangat pada wajah. Selain itu, kalian juga dapat mengisi mangkuk besar atau baskom dengan air panas. Arahkan wajah ke atas mangkuk dan rasakan sensasi uap hangat tersebut. Kalian juga bisa menutupi kepala dengan handuk agar uap tidak keluar. Pertahankan posisi tersebut selama 5 hingga 10 menit.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...