Anang Hermansyah Lega RUU Permusikan Dicabut Meski Ikut Andil Beri Usul, Kapok Dihujat?

Foto: Anang Hermansyah Lega RUU Permusikan Dicabut Meski Ikut Andil Beri Usul, Kapok Dihujat? instagram
WowKeren dan Kanal247


RUU Permusikan akhirnya resmi dicabut lantaran banyak musisi mengungkapkan keberatan, Anang Hermansyah mengaku sangat senang dan mengungkapkan harapan ini.

Kanal247.com - Perundang-undangan mengenai musik akhirnya resmi dicabut oleh Dewan Perwakilan Rayat (DPR) pada Senin (17/6). Hal tersebut tentu disambut gembira oleh setiap musisi yang ada di Tanah Air. Pasalnya musisi merasa dibatasi dengan adanya RUU Permusikan. "Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan" pun dimunculkan oleh banyak musisi demi menggagalkan peraturan itu.


Baca juga ...

Anang Hermansyah yang diketahui ikut memberikan usul pembuatan undang-undang tentang musik ketika masih menjabat jadi DPR pun sempat mendapatkan sindirian banyak musisi. Misalnya saja vokalis dari Superman Is Dead, Jerinx.

Jerinx bahkan kembali menyindir Anang di akun Instagram @jrx1977 ketika mengetahui RUU Permusikan telah resmi dicabut. Jerinx berkata jika tidak ada ruginya Anang dimusuhi oleh banyak orang karena RUU Permusikan yang ia usulkan akhirnya gagal.

"Gak rugi dimusuhi se-Indonesia karena maki-maki ayam, vlogger benalu & musisi oportunis," tulis Jerinx di bagian caption. "Gaji DPR 38 juta/bulan cuma buat kisruh tok. Jancuk koe mas hijau."

Namun Anang justru mengaku lega lantaran RUU yang ia usulkan dicabut. Lantas apakah hal tersebut ia utarakan karena lelah dihujat?

Anang menerangkan jika RUU memang wajib melalui proses musyawarah sebelum benar-benar dilaksanakan. Sehingga respon negatif yang dimunculkan oleh RUU Permusikan harus disingkapi dengan baik oleh DPR.

"Carut marut di sektor musik harus direspons secara komprehensif oleh stakeholder musik di Tanah Air. Bentuknya penyikapannya seperti apa, mari kita rembuk bersama melalui musyawarah," jelas suami Ashanty itu, Selasa (18/6).

Anang mengaku meski ikut andil dalam mengusulkan RUU Permusikan, ia tidak mengetahui perkembangan peraturan itu. Sehingga, Anang sangat menyayangkan ketika RUU itu berkembang menjadi peraturan yang sangat membatasi seorang musisi menghasilkan karya. Hal tersebutlah yang membuat Anang lega karena RUU Permusikan resmi diberhentikan.

"Namun, dalam perjalanannya terdapat substansi materi RUU yang keluar dari khitah musik khususnya terkait dengan kebebasan berekspresi dan berkarya," terang Anang. "Tak ada jalan lain, RUU ini harus ditarik."

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...