Punya Wajah Berminyak? Simak 8 Penyebab Ini Agar Semakin Mudah Atasi

Foto: Punya Wajah Berminyak? Simak 8 Penyebab Ini Agar Semakin Mudah Atasi
WowKeren dan Kanal247


Memiliki kulit wajah berminyak memang membuat banyak bakteri mudah berkembang biak sehingga jerawat akan menghiasi wajah. Bingung cara mengatasinya? Cari tahu dulu penyebab kulit berminyak di sini.

Kanal247.com - Kulit wajah berminyak memang menjadi hal yang sangat menjengkelkan, apalagi bagi para wanita. Pasalnya tipe wajah ini akan membuat bakteri-bakteri jahat berkembang biak menjadi lebih cepat. Tak ayal, masalah-masalah lain pun akan muncul di wajah. Misalnya jerawat dan komedo.

Baca juga ...

Cara mengatasi kulit berminyak pun tampaknya akan berbeda satu sama lain. Hal itu dikarenakan sumber kulit berminyak berbeda-beda. Sehingga setiap orang patut untuk mengetahui sumber pasti wajah berminyak sebelum mencari cara mengatasinya. Mencari akar penyebab masalah kulit berminyak menjadi wajib untuk dilakukan agar wajah mendapatkan menanganan yang tepat. Tidak mau kan wajah cantikmu jadi semakin rusak karena salah perawatan?


Lantas apa sajakah penyebab wajah berminyak itu? Simak di sini!

1. Genetik

Genetik

Nah, tak disangka-sangka ternyata memiliki wajah berminyak juga bisa dikarenakan faktor keturunan loh. Jika kedua orangtua atau salah satunya memiliki jenis kulit wajah berminyak maka bisa jadi itu sumber masalahmu.

"Seperti banyak hal lainnya, kulit berminyak adalah sifat kekeluargaan," kata dr. Yoram Harth, direktur medis MDacne yang merupakan salah seorang dokter kulit.

Untuk kasus ini, kamu akan jauh lebih sulit untuk mengatasinya. Tidak ada salahnya tanya orangtuamu yang memiliki masalah serupa. Kemudian cobalah beberapa sabun pembersih wajah sampai menemukan yang cocok. Mencoba melakukan scrub wajah juga tidak ada salahnya. Semoga beruntung!

2. Hormon

Hormon

Bukan rahasia lagi nih jika hormon memang kerap kali menjadi sumber masalah seseorang, apalagi jika sedang dalam masa pubertas. Hormon memberikan pengaruh penting untuk perubahan-perubahan di dalam tubuh. Wajah pun juga menjadi salah satunya.

"Hormon yang menyebabkan kelenjar kita memproduksi lebih banyak minyak adalah hormon pria (kromoson X) - androgen yang dimiliki pria dan wanita," kata dr. Harth.

Sehingga, semakin banyak jumlah androgen hadir, semakin banyak minyal yang diproduksi dan dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Masalah ini akan semakin parah ketika seseorang mencapai puncak pubertas, lho. Namun tak perlu khawatir, seiring bertambahnya usia masalah ini akan teratasi dengan sendirinya. Semakin dewasa usiamu, bisa minyak yang dikeluarkan akan berkurang dan kulit wajahmu akan menjadi lebih kering. Eits, semua tergantung pribadi masing-masing.

3. Skin Care

Skin Care

Kamu memang perlu hati-hati ketika memilih produk kecantikan untuk wajahmu. Pasalnya tak semua kulit akan menerima produk-produk itu. Kamu patut memperhatikan jenis kulit, kandungan produk, hingga manfaat untuk mendapatkan hasil memuaskan dari skin care yang kamu pilih.

Musim pun juga patut untuk diperhatikan ketika memilih skin care, loh. Bisa jadi ketika musim hujan kamu patut mengganti skin care andalanmu yang dipakai kala kemarau. Kelembaban cuaca ternyata memiliki pengaruh penting untuk kulit wajahmu. Hati-hati, ya!

4. Scrubs

Scrubs

Scrubs atau membersihkan wajah dengan menggunakan bahan-bahan sedikit kasar memang patut untuk dilakukan agar kulit-kulit mati yang menempel terlepas. Namun, terlalu sering melakukan scrubs justru membuat kulitmu memproduksi kelenjar minyak lebih banyak.

Bahan-bahan atau produk khusus scrubs justru akan membuat kulit wajahmu berminyak. Pasalnya kandungan astringen dalam scrub yang memiliki fungsi mengurangi minyak justru akan sangat kontraproduktif jika dipakai terlalu sering.

"Mengeringkan kulit secara berlebihan dengan menggunakan pembersih atau scrub kulit yang keras dapat menyebabkan permukaan menjadi lebih berminyak," jelas dr. Harth. Sehingga, kulit merasakan kekeringan dan memproduksi minyak lebih banyak sebagai upaya penyembuhan alami.

5. Dehidrasi

Dehidrasi

Ketika dehidrasi, tubuhmu secara alami akan berusaha agar mengeluarkan minyak atau keringat lebih banyak dibandingkan biasanya. Pasalnya, tubuh berpikir jika kekurangan cairan akan bisa diatasi dengan mengeluarkan keringat dari dalam.

Jadi, bisa dipastikan meminum banyak air putih wajib kamu lakukan untuk mengatasi masalah dengan sumber ini. Jangan biarkan tubuhmu menjadi dehidrasi dan malah mengeluarkan banyak minyak. Wajah cantikmu jadi ikut terkena dampak deh. Yuk, biasakan minum air putih 8 gelas sehari!

6. Jenis Kulit Rambut dan Kepala Berminyak

Jenis Kulit Rambut dan Kepala Berminyak

Nah, jika kamu memiliki rambut yang mudah berminyak maka bisa jadi itu adalah sumber masalah wajahmu. Hal tersebut bisa kamu ketahui dengan cara memperhatikan minyak atau keringat yang menetes melalui kulit bagian atas kepalamu. Keringat itulah yang kemudian menjadikan wajahmu menjadi berminyak.

Cara mengatasinya cukup mudah, kamu cukup mengganti sampo yang kamu gunakan dan memilih produk khusus untuk kulit kepala berminyak. Jika kamu sudah merasa cocok dengan sampo yang kamu gunakan saat ini, tak perlu khawatir. Kamu juga tidak perlu mengganti produk sampo itu, sebagai gantinya cukup keramas setiap hari. Simpel, kan?

7. Pilihan Makanan

Pilihan Makanan

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu juga menjadi salah satu sumber masalah wajah berminyak, lho. Kenapa? Pasalnya beberapa jenis makanan justru akan membuat tubuhmu memproduksi lebih banyak minyak atau keringat. Produk makanan yang patut kamu perhatikan adalah olahan susu.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa susu dan semua produk olahannya seperti keju dan mentega akan memicu kelenjar minyak di kulit untuk lebih cepat keluar dalam tubuh. Jadi, mulai saat ini jika kamu merasa kulit wajahmu berminyak perhatikan banyaknya susu dan olahannya masuk ke dalam tubuhmu ya!

8. Make Up

Make Up

Memakai make up menjadi hal yang paling penting kamu perhatikan. Pasalnya, tidak semua jenis make up akan cocok untuk wajahmu. Jika kamu memiliki jenis wajah berminyak, maka haram hukumnya memakai oily make up. Oily make up justru bukan akan membuat wajahmu glowing tapi malah kelebihan minyak.

Selain menghindari memakai oily make up, kamu juga tidak diperbolehkan memakai terlalu banyak riasan untuk wajah. Pasalnya banyaknya make up yang menempel di wajahmu akan menutupi pori-pori kulit. Sehingga, kulitmu yang harusnya terkena udara demi menghilangkan minyak justru melakukan kebalikannya. Kulit juga butuh bernapas, lho! Jadi jangan biasakan untuk menggunakan make up tebal terlalu sering, ya!

Sudah menemukan sumber masalah berminyakmu? Setelah bebas dari kulit berminyak, kamu patut untuk mencoba fashion agar tampik menarik nih. Kamu bisa coba kenakan gaya Harajuku jika suka tampil unik. Klik di sini!

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...