Kecanduan Instagram Berdampak ‘Jahat’, Ini 8 Cara Untuk Atasi

Foto: Kecanduan Instagram Berdampak ‘Jahat’, Ini 8 Cara Untuk Atasi
WowKeren dan Kanal247


Terlalu lama menggunakan Instagram dan media sosial memiliki dampak yang sangat buruk bagi kehidupan, 8 cara ini patut dilakukan untuk berusaha menghindari efek 'jahat'.

Kanal247.com - Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang menjadikan media sosial menjadi hal paling penting dimiliki para generasi milenial. Media sosial misalnya Instagram disebut-sebut sebagai suatu upaya untuk mendapatkan informasi tercepat saat ini.

Baca juga ...


Orang-orang tampak semakin senang memainkan Instagram agar mengetahui hal-hal kekinian atau sedang viral. Tak ayal, waktu penggunaan Instagram pun jadi meningkat tajam. Hingga perasaan untuk ingin selalu membuka Instagram pun tak terhindarkan oleh sebagian orang yang sudah kecanduan.

Sayang, bukannya memiliki dampak positif terlalu banyak memainkan Instagram justru memiliki efek buruk. Insomnia, gangguan kecemasan, iri dengki hingga menghujat orang bisa muncul akibat terlalu sering membuka Instagram. Kewaspadaan untuk tidak terjerumus ke dalam kecanduan Instagram pun harus dilakukan.

Penasaran bagaimana cara mengatasi dampak buruk Instagram? Ini 8 cara yang harus mulai di lakukan.

1. Membatasi Penggunaan Instagram

Membatasi Penggunaan Instagram

Menghindari Instagram memang tidak bisa dilakukan dengan cepat, sehingga upaya untuk membatasi penggunaan bisa menjadi awal perubahan. Instagram pun sudah memiliki fitur untuk melakukan pembatasan penggunaan. Sehingga, kamu akan mendapatkan notifikasi seperti alarm ketika mencapai batas maksimal yang telah ditentukan.

Memperhatikan berapa waktu ketika menggunakan Instagram per harinya akan menghindarkan risiko kecanduan. Misalnya saja membatasi penggunaan maksimal 1 jam per hari. Memilih waktu-waktu tertentu untuk menggunakan Instagram juga bisa dilakukan. Sehingga, perasaan selalu ingin membuka Instagram bisa diatasi perlahan-lahan. Berani coba?

2. Mematikan Notifikasi Instagram

Mematikan Notifikasi Instagram

Upaya ini cukup ampuh agar semakin menghindarkan kamu berlama-lama menggunakan Instagram. Notifikasi yang muncul di layar hp kapan pun akan semakin memperbanyak waktu menggunakan salah satu media sosial itu.

Sehingga, dengan mematikan notifikasi Instagram milikmu maka keinginan untuk segera mengetahui apa yang sedang muncul pun berkurang. Mematikan notifikasi akan menghindarkan rasa "penasaran" yang menggelitik segera membuka Instagram. Tidak ada salahnya bukan sedikit terlambat menyadari notifikasi Instagram daripada malah kecanduan?

3. Memilih Sumber Informasi Selain Instagram

Memilih Sumber Informasi Selain Instagram

Jika alasanmu menggunakan Instagram adalah untuk mencari informasi yang sedang viral, maka berubah sumber menjadi cara mengatasinya. Ubah sumber informasi yang ingin kamu dapatkan dari Instagram ke hal lain, misalnya website resmi koran atau berita online.

Upaya untuk mengganti sumber itu akan semakin menimimalkan penggunaan Instagram. Cara ini juga bisa menghindarkanmu untuk ikut-ikutan julid seperti netizen ketika ada informasi yang buruk. Lebih terhindar dari dosa, bukan?

4. Mengirim Pesan di Aplikasi Khusus Chatting

Mengirim Pesan di Aplikasi Khusus Chatting

Terkadang menjalin pertemanan melalui Instagram menjadikan orang-orang suka mengirim direct message (DM) juga. Hal ini tentu akan membuat waktu menggunakan Instagram semakin meningkat, apalagi jika berkirim pesan dengan teman akrab.

Lebih baik meminta teman chatting-mu di Instagram berpindah ke aplikasi yang memang dipakai untuk berkirim pesan. WhatsApp, Line, Kakao Talk, Skype, Hangout, dan beberapa aplikasi lain bisa dipilih. Pasalnya, membuka Instagram untuk membalas DM pun bisa membuatmu ingin scrolling foto di sana. Percaya?

5. Tidak Terlalu Sering Unggah Sesuatu di Instagram

Tidak Terlalu Sering Unggah Sesuatu di Instagram

Kerap membagikan foto di Instagram bukan cara untuk menjadi dikenal orang lain, hal itu justru akan membuatmu semakin kecanduan. Keinginan untuk selalu menunjukkan kehidupan di Instagram pun semakin besar.

Sehingga, ada baiknya untuk mengurangi jatah foto yang akan diunggah di Instagram. Misalnya saja 1 unggahan per hari. Pasalnya, dengan mengunggah lebih sering maka notifikasi akan terus muncul. Tak ayal jika keinginan untuk melihat notifikasi semakin meningkat. Fitur membagikan 10 foto sekaligus dalam 1 unggahan di Instagram pun bisa digunakan. Jadi, kamu tidak harus mengunggah foto satu per satu. Hemat caption juga, bukan?

6. Cari Hobi Menyenangkan Lain di Rumah

Cari Hobi Menyenangkan Lain di Rumah instagram

Menggunakan Instagram memang menyenangkan, apalagi untuk orang-orang yang suka melihat foto-foto indah. Namun, dengan mencari hobi baru yang tak kalah menyenangkan kecanduan Instagram jadi bisa diatasi.

Alasan membuka Instagram lantaran tidak memiliki kegiatan apa pun di rumah sebenarnya bisa diganti. Membaca buku atau membuat prakarya sederhana bisa dilakukan. Dua hal itu bahkan akan mendatangkan manfaat bagi orang lain juga jika kamu menceritakan buku yang dibaca alias membuat review. Tak-tik untuk membuat prakarya juga bisa dipilih.

Sehingga, penggunaan Instagram-mu menjadi lebih bermanfaat dengan mencari hobi lain selain sekadar scrolling foto orang. Dijamin followers akan berdatangan jika Instagram-mu bermanfaat!

7. Menonton Film

Menonton Film

Jika kamu terbiasa menggunakan Instagram sangat lama hanya untuk melihat foto-foto tidak bermanfaat, bagaimana jika memakai waktu terbuang sia-sia itu dengan menonton film? Menonton film akan memberikan kesenangan tersendiri bagimu, lho.

Aplikasi-aplikasi yang memungkinkanmu untuk nonton film gratis pun bisa diunduh sesuka hati. Sehingga, hiburanmu justru akan terlihat lebih keren dibandingkan bermain Instagram terus. Pesan-pesan dari film pun bisa dijadikan pelajaran berharga. Menarik, bukan?

8. Lebih Sering Berkumpul dengan Teman-teman di Dunia Nyata

Lebih Sering Berkumpul dengan Teman-teman di Dunia Nyata

Kesepian biasanya menjadi alasan utama menggunakan Instagram terlalu lama. Sehingga, membuat agenda untuk berkumpul dengan teman-teman di dunia nyata patut sekali dilakukan.

Sering berkumpul dengan teman-teman, melakukan kegiatan bersama-sama, menghadiri acara tertentu, bahkan sekadar bermain bisa mengurangi keinginanmu untuk bermain Instagram. Berkumpul dengan teman-teman di dunia nyata akan memungkinkanmu untuk bercengkrama secara langsung.

Berkumpul dengan teman-teman di dunia nyata akan membuatmu bersosialiasi. Penelitian bahkan menyebutkan jika sosialisasi akan menghindari keinginan untuk masuk ke dunia maya.

Dampak-dampak di atas bahkan tak hanya muncul akibat Instagram, lho. Semua media sosial akan memiliki efek serupa.

Kuliner juga bisa menjadi salah satu cara menghindari Instagram, nih. Untuk kamu yang berlokasi di Surabaya atau sedang mengunjunginya patut sekali mencoba restoran berkonsep bakar-bakar alias BBQ agar mirip orang-orang Korea dan Jepang. Penasaran di mana lokasinya? Klik di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...