Jangan Anggap Sepele, 8 Jenis Makanan Ini Dilarang Masuk Kulkas

Foto: Jangan Anggap Sepele, 8 Jenis Makanan Ini Dilarang Masuk Kulkas unsplash
WowKeren dan Kanal247


Tak banyak diketahui orang-orang, ternyata banyak sekali makanan-makanan yang tidak diperkenankan untuk dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Apa saja makanan itu?

Kanal247.com - Lemari pendingin alias kulkas memang menjadi barang paling penting yang ada di rumah. Kulkas dianggap akan membantu untuk menjaga makanan serta minuman lebih awet agar lebih lama di konsumsi.

Baca juga ...

Namun, ternyata tidak semua makanan boleh dimasukkan ke dalam kulkas. Pasalnya, kulkas justru akan menghilangkan khasiat makanan tersebut atau bahkan malah lebih mudah basi.


Penasaran makanan-makanan yang sebaiknya tidak diletakkan di dalam kulkas dan tetap awet? Cari tahu di sini.

1. Rasa Bawang Akan Menghilang

Rasa Bawang Akan Menghilang pinterest

Siapa yang memasukkan bawang di kulkas? Segala jenis bawang tidak dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam kulkas, lho. Bawang yang dimasukkan ke dalam kulkas justru akan menjadi kisut, berjamur, dan malah berkembang memiliki daun. Pernah melihatnya?

Selain itu, bawang yang dimasukkan ke dalam kulkas justru akan kehilangan rasa aslinya. Hal itu disebabkan karena bau dalam bawang akan bercampur dengan hal lain yang kamu masukkan ke kulkas. Nah, mau?

2. Tekstur Roti, Kentang, dan Ubi Akan Rusak

Tekstur Roti, Kentang, dan Ubi Akan Rusak unsplash

Roti, kentang, dan ubi-ubian lebih baik tidak dimasukkan ke kulkas, deh. Pasalnya, bukan malah jadi awet tapi teksturnya menjadi lebih keras dan tentu tidak enak ketika dimakan.

Roti yang dimasukkan ke dalam kulkas akan kehilangan kualitas aslinya. Jadi gagal enak, deh. Sayang, kan? Sedang kentang dan ubi-ubian ketika dimasukkan ke dalam kulkas justru akan lebih cepat busuk. Langsung makan saja, ya!

3. Buah-buahan Akan Kehilangan Khasiat

Buah-buahan Akan Kehilangan Khasiat unsplash

Beberapa buah ternyata tidak dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam kulkas, lho. Alpukat, pisang, apel, melon, stroberi, dan hampir semua buah lebih baik tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Pasalnya, kulkas justru akan membuat tekstur buah dan rasa hilang. Khasiatnya jadi berkurang, deh.

Jika memang ingin merasakan makan buah dingin, kupas buah-buahan itu terlebih dahulu. Kemudian masukkan ke kulkas paling lama 30 menit sebelum disantap. Oke?

4. Kopi dan Kacang-kacangan Tak Lagi Gurih

Kopi dan Kacang-kacangan Tak Lagi Gurih unsplash

Biji kopi dan segala kacang-kacangan tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, kok. Mereka justru lebih awet jika diletakkan di udara terbuka dan kering. Lebih oke lagi jika dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Jika dimasukkan ke dalam kulkas, biji kopi atau kacang-kacangan justru akan lembab. Hasilnya, mereka justru tidak lagi gurih deh. Tak enak, kan?

5. Saus, Kecap, bahkan Cabai Hanya Bikin Kulkas Penuh

Saus, Kecap, bahkan Cabai Hanya Bikin Kulkas Penuh pinterest

Aduh, ngapain membuat kulkas penuh dengan botol-botol saus, kecap, bahkan cabai dan paprika? Mereka tidak akan menjadi lebih awet dalam kulkas. Tidak ada bedanya dengan diletakkan di tempat terbuka. Apalagi saus dan kecap dalam botol memiliki tanggal kadaluarsa. Memasukkan ke kulkas nggak akan membuat tanggal kadaluarga berubah, kok.

Cabai dan paprika pun lebih baik justru diletakkan di luar kulkas agar lebih awet. Simpan saja di kantong kertas dengan udara yang sejuk. Beres!

6. Segala Jenis Minyak dan Madu akan Membeku

Segala Jenis Minyak dan Madu akan Membeku unsplash

Minyak dan madu jika dimasukkan ke dalam kulkas juga salah besar. Mereka justru akan menjadi beku karena suhu kulkas. Hasilnya, pembekuan itu justru akan merusak zat-zat yang terkandung di dalamnya.

Minyak dan madu lebih baik diletakkan di ruangan dengan suhu ruangan, yakni sekitar 20-25 derajat celsius. Santai, nggak perlu mengukur suhunya. Ruangan dalam rumah kira-kira sudah memiliki suhu itu, kok.

7. Makanan Kaleng Sudah Aman Tanpa Masuk Kulkas

Makanan Kaleng Sudah Aman Tanpa Masuk Kulkas

Nah, makanan kaleng untuk apa dimasukkan ke dalam kulkas? Produsen makanan kaleng sudah mendesain agar mereka tetap aman dan awet tanpa perlu didinginkan. Kecuali jika makanan itu sudah dibuka, maka boleh dimasukkan kulkas.

Namun, tidak langsung menghabiskan makanan kaleng tidak dianjurkan lho. Kebanyakan makanan kaleng didesain kecil-kecil karena memang bertujuan untuk sekali santap.

8. Acar dan Tomat Masuk Kulkas Adalah Kesalahan

Acar dan Tomat Masuk Kulkas Adalah Kesalahan pinterest

Tomat dan acar atau timun dimasukkan ke kulkas justru akan membuat mereka cepat busuk dan tidak segar. Pasalnya, kandungan air di tomat dan timun akan terpengaruh dengan suhu kulkas. Hasilnya, rasanya akan berubah deh. Sama seperti cabai dan paprika, lebih baik menyimpan tomat serta timun di kantong kertas saja.

Dan, untuk acar simpan saja di wadah yang tertutup rapat. Acar kan sudah diawetkan, jadi tidak perlu dimasukkan kulkas juga.

Nah, bagaimana? Masih mau menyimpan makanan-makanan di atas di kulkas? Lebih baik jangan, ya. Hati-hati juga dengan makanan-makanan yang disebut-sebut sehat, nih. Makanan-makanan itu ternyata tidak benar-benar baik untuk kesehatan. Apa saja makanan itu? Baca di sini, ya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...