8 Hal Ini Wajib Dilakukan Demi Dapatkan Perlakuan Manis Tetangga Rumah, Apa?

Foto: 8 Hal Ini Wajib Dilakukan Demi Dapatkan Perlakuan Manis Tetangga Rumah, Apa? Getty Images
WowKeren dan Kanal247


Sebagai seseorang yang tidak bisa hidup sendiri, selalu menjadi tetangga baik hati harus dilakukan lho. Cara itu akan membuat tetanggamu juga memperlakukan dengan manis. Ingin tahu yang harus dilakukan?

Kanal247.com - Hidup sendiri memang hal yang tidak mungkin dilakukan oleh siapa pun di dunia. Sehingga, selalu baik dengan orang-orang di sekitar kita adalah kunci untuk mendapatkan perlakuan manis juga.

Baca juga ...

Akrab dengan tetangga pun menjadi hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, tetangga adalah orang yang akan membantu kita paling cepat lantaran memiliki rumah paling dekat. Jadi, pastikan untuk membuat tetangga selalu nyaman.


Bagaimana cara mendapatkan perlakuan baik dari tetangga agar sama-sama nyaman? Yuk, ikuti tips di bawah ini.

1. Hargai Peraturan yang Dibuat Oleh Tetangga

Hargai Peraturan yang Dibuat Oleh Tetangga unsplash

Peraturan yang dibuat oleh tetangga adalah hal wajib dipatuhi, sesederhana pun itu. Entah dilarang menginjak rumput milik tetangga, kecepatan kendaraan, hingga merokok di wilayah rumah harus diikuti.

Peraturan-peraturan yang dibuat oleh tetangga tentu memiliki maksud baik. Bisa jadi peraturan yang agak egois sebenarnya dapat mempengaruhi kesehatan tetangga. Kamu juga boleh kok menuliskan peraturan-peraturan dan ditempel depan rumah jika terganggu dengan tetanggamu. Adil, kan?

2. Kenali Nama Setiap Tetangga

Kenali Nama Setiap Tetangga unsplash

Saat ini banyak sekali orang-orang yang tidak mengetahui nama para tetangganya sendiri, nih. Tentu itu sangat tidak baik untuk hidup bertetangga. Coba deh mengingat setidaknya nama tetangga yang paling dekat denganmu. 5 tetangga dari kanan, kiri, depan, belakang rumahmu.

Seperti kata pepatah, "tak kenal, maka tak sayang". Jadi, coba deh kenalan dulu dengan tetanggamu. Bisa jadi kalian jadi teman main seru. Yuk, coba!

3. Usahakan Selalu Membantu Masalah Tetangga

Usahakan Selalu Membantu Masalah Tetangga unsplash

Tetangga kesusahan karena sesuatu itu bukan ajang untuk menjelekkan, lho. Jangan sekali-kali merendahkan tetanggamu karena kegagalan yang mereka dapatkan.

Lebih baik, mengulurkan bantuan sebisa mungkin untuk tetangga. Jika tidak bisa membantu cukup memberikan semangat tanpa maksud menjatuhkan atau menggurui. Atau cukup beri pelukan, deh. Itu akan lebih membantu, lho.

4. Pastikan Selalu Berperilaku Sopan

Pastikan Selalu Berperilaku Sopan unsplash

Sopan adalah kunci untuk mendapatkan respons baik dari tetangga. Selalu menghargai tata krama yang berlaku di lingkungan rumahmu akan membuatmu mendapatkan kesan baik untuk para tetanggamu. Menghargai perbedaan juga termasuk lho.

Jika kamu selalu berusaha bersikap sopan dalam situasi apa pun, maka tetangga juga akan melakukan hal serupa kepadamu. Bahkan dengan tetangga yang lebih muda pun harus tetap sopan, agar bisa memberikan pelajaran secara tidak langsung. Mulia, kan?

5. Tak Ragu Beri Undangan untuk Main ke Rumah

Tak Ragu Beri Undangan untuk Main ke Rumah unsplash

Coba deh ajak tetanggamu sesekali untuk datang ke rumah. Selalu melibatkan tetangga dalam kegiatan-kegiatan menyenangkan akan membuat akrab pertemanan kalian. Sehingga, ketika suatu saat kesusahan maka tetangga juga akan langsung menolong tanpa pikir panjang. Asyik, kan?

6. Selalu Berbagi dengan Tetangga

Selalu Berbagi dengan Tetangga unsplash

Jika memang tidak memungkinkan untuk sering mengundang tetangga, maka setidaknya berbagi kebahagiaan deh. Tidak ada salahnya memberikan oleh-oleh atau makanan usai liburan ke tetangga. Atau mungkin memberikan bingkisan ketika kamu ulang tahun.

Percaya deh, kebaikanmu akan selalu diingat oleh tetangga. Eiiits, tapi jangan memberi karena ingin dipuji ya. Kalau tak ikhlas tidak ada gunanya.

7. Selalu Memberikan Senyuman

Selalu Memberikan Senyuman unsplash

"Senyum adalah ibadah", siapa yang tahu pepatah itu? Nah, selalu memberikan senyuman dan menyapa tetangga ketika bertemu secara tidak sengaja adalah hal yang harus dilakukan kapan pun. Memberikan senyum orang lain bisa dijadikan sebagai bentuk dukungan atau semangat, lho. Berani coba?

8. Jangan Menjelekkan Tetangga di Media Sosial

Jangan Menjelekkan Tetangga di Media Sosial unsplash

Aduh, jangan coba-coba menjelekkan tetanggamu di media sosial deh. Sekali pun misalnya tidak saling follow bukan berarti tetanggamu tak mengetahui. Ingat, ucapanmu di media sosial bisa membuat orang lain sakit hati loh. Jika tetanggamu yang sakit hati, nanti ketika kamu susah enggan dibantu loh. Mau?

Simpel bukan cara membuat tetangga menjadi manis? Tips nomor 8 wajib banget dilakukan, bijak menggunakan media sosial itu penting lho. Terlalu banyak menggunakan media sosial juga memiliki dampak mengerikan. Tidak percaya? Buktikan dengan baca ini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...