Bikin Syok, 7 Kegiatan Kebersihan di Rumah Ini Ternyata Malah Menimbulkan Penyakit

Foto: Bikin Syok, 7 Kegiatan Kebersihan di Rumah Ini Ternyata Malah Menimbulkan Penyakit unsplash
WowKeren dan Kanal247


Beberapa kegiatan yang berhubungan dengan kebersihan di rumah ini ternyata kerap dilakukan salah oleh sebagian orang. Hal itu ternyata bisa menimbulkan efek jelek, apa saja?

Kanal247.com - Kebersihan memang menjadi hal yang patut dijaga oleh semua orang. Kegiatan kebersihan itu tentu lebih sering dilakukan di dalam rumah masing-masing. Mulai dari mandi, sikat gigi, hingga mencuci pakaian.

Baca juga ...

Namun, tidak banyak diketahui orang lain ternyata sering dilakukan dengan cara yang salah. Kebiasaan-kebiasaan itu justru memiliki dampak tidak baik hingga bisa menimbulkan penyakit, lho.


Apa saja kegiatan-kegiatan kebersihan yang harus diubah? Coba ikuti tips di bawah ini.

1. Terlalu Sering Mandi

Terlalu Sering Mandi unsplash

Mandi tentu menjadi kebiasaan paling wajib dilakukan setiap hari. Namun, ternyata mandi yang memiliki fungsi menghilangkan bakteri di tubuh tidak boleh dilakukan berkali-kali dalam sehari nih.

Mandi dalam waktu yang lama juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang Journal of Allergy and Clinical Immunology tahun 2014, menunjukkan bahwa menggosok badan terlalu sering justru dapat membuat tubuh lebih mungkin mengembangkan masalah kulit, seperti eksim. Serem!

2. Sikat Gigi Setelah Makan

Sikat Gigi Setelah Makan unsplash

Sebagian orang memang memilih untuk menggosok gigi ketika mandi, namun ada pula yang memilih usai makan. Ternyata kebiasaan menggosok gigi setelah makan tidak boleh dilakukan, lho.

Menurut sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Caries Research, menyikat langsung setelah makan dapat mengikis dentin, lapisan di bawah email gigi. Sehingga, lebih aman menggosok gigi 2 kali sehari yakni usai bangun dan sebelum tidur.

3. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur unsplash

Aduh, gosok gigi terlalu sering saja tidak boleh apa lagi menggunakan obat kumur? Obat kumur memang berfungsi menyehatkan mulut, tapi jika terlalu sering digunakan menimbulkan efek sebaliknya nih.

Jurnal Nitric Oxide pada tahun 2017 mengungkapkan, bahwa sering menggunakan obat kumur sebenarnya dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes. Jangan coba-coba deh, ya.

4. Tidak Mencuci Tangan dengan Benar

Tidak Mencuci Tangan dengan Benar unsplash

Tangan memang menjadi salah satu bagian tubuh yang mudah terkena bakteri. Pasalnya, tangan memang digunakan untuk bersentuhan dengan banyak sekali barang. Sayang, banyak orang masih sering "asal" cuci tangan.

Sebenarnya, jika ingin membersihkan tangan dari kuman yang berpotensi berbahaya, harus membahasasi terlebih dahulu, busa dengan sabun, habiskan setidaknya 20 detik untuk mencuci. Kemudian baru bilas dengan air bersih dan matikan keran dengan siku agar lebih aman. Ribet tapi daripada terkena kuman, kan?

5. Blender Harus Dibersihkan dengan Air Hangat

Blender Harus Dibersihkan dengan Air Hangat unsplash

Blender ternyata tidak boleh dicuci seperti alat makan lainnya, lho. Jika ingin membersihkan blender dari kuman, maka harus menggunakan api.

Caranya isi blender dengan sedikit air hangat dan sabun cuci piring. Kemudian nyalakan blendermu dengan kecepatan selama beberapa detik atau hingga terlihat berkilat. Baru bilas dan aman dari kuman, deh.

6. Cara Salah Mencuci Jeans

Cara Salah Mencuci Jeans unsplash

Sebagian orang memang menyadari jika mencuci baju atau celana berbahan jeans memang sulit dilakukan. Bahkan mencuci dengan sabun berkali-kali ternyata tidak benar-benar membersihkan kuman di dalam jeans, lho.

Meski jeans yang telah dicuci terlihat sudah bersih, ternyata bisa jadi kuman masih ada. Penelitian menyebutkan jika ingin menghilangkan kuman di dalam jeans maka harus didinginkan dalam freezer. Mengejutkan, bukan?

7. Mesin Cuci Menyimpan Bakteri

Mesin Cuci Menyimpan Bakteri unsplash

Siapa yang memakai mesin cuci untuk membersihkan baju? Baju akan tetap memiliki bakteri jika kamu tidak pernah membersihkan mesin cuci, lho. Meski tugasnya adalah membersihkan baju, bukan berarti mesin cuci akan bebas kuman ketika digunakan. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan jika mesin cuci bisa menyimpan kuman berbahaya. Jika ingin menghindari kuman itu, setidaknya rajin-rajin membersihkan mesin cuci dengan air hangat dan sabun nih.

Lalu, cara memakai mesin cuci yang benar adalah isi air terlebih dahulu, kemudian sabun, baru baju kotor. Jangan sebaliknya, ya.

Tak cuma kegiatan kebersihan nih yang bisa salah kaprah, kebiasaan sehari-hari juga berefek negatif bagi kesehatan. Makan pun bisa jadi kebiasaan salah lho, penasaran kenapa? Cari tahu penyebabnya di sini. Ada pula kebiasaan merawat rambut yang salah, cek cara mengubahnya di sini, ya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...