Waspada, Tasya Kamila Ternyata Pernah Terjebak ‘Perangkap’ Hacker Lewat Modus Ini

Foto: Waspada, Tasya Kamila Ternyata Pernah Terjebak ‘Perangkap’ Hacker Lewat Modus Ini instagram



Tasya Kamila mengingatkan netizen untuk lebih berhati-hati atas penipuan siber hingga pinta untuk lakukan tindakan pencegahan ini agar tak bernasib sama seperti pengalaman pahit yang pernah dialaminya.

Kanal247.com - Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila baru saja membagikan sebuah pengalaman tak menyenangkan di dunia maya. Bukan penipuan berupa uang, namun hal yang dialami Tasya tak kalah membahayakan.

Ibu satu anak ini rupanya pernah menjadi korban penipuan di jagad media sosial oleh oknum tak bertanggung jawab. Secara tak sadar, Tasya pernah memberikan data akun Instagram miliknya kepada hacker.

Diakui Tasya jika saat itu ia memang tak berhati-hati dan asal percaya dengan sebuah email yang didapatkannya yang mengatasnamakan pihak Instagram. Sayangnya setelah melakukan permintaan dari email tersebut, Tasya justru tak bisa log in ke dalam akun IG miliknya.

Ada yg pernah jadi korban 'Phishing' gak? Waktu itu aku pernah loh,” buka cerita Tasya. “Jd aku pernah dapet email yg mengatas namakan Instagram utk melakukan log in akun Instagram aku melalui sebuah link yg dia berikan. Waktu itu aku ngga teliti, aku gak cek alamat email si pengirim, dan lgs aja klik link yang diberikan di email tsb utk log in ke Instagram. Stlh log in melalui link itu, aku gak bs lg akses akun IG aku!!

Setelah itu lah Tasya baru menyadari jika ia secara tak langsung sudah terjebak dalam perangkap seorang hacker. Beruntungnya tak lama sesudah itu ia segera menghubungi pihak resmi Instagram dan sukses mendapatkan akunnya kembali sebelum berpindah tangan.

Baca juga ...

Trus aku cek lagi dong emailnya, ternyataaa emailnya bukan dr Instagram official, dan aku udh memberikan data log in aku ke HACKER melalui halaman website yg miriiiip bgt sm design instagram, tp ternyata PALSU. Huaaa aku udh jd korban Phising dan Instagramku di-Hack!!” sambungnya. “Setelah galauuu beberapa hari gak bs akses akun IG aku, bahkan akunnya udh diubah usernamenya dan hampir dijual tu akun, tp Alhamdulillah aku berhasil hubungi Instagram dan dapatkan akun aku kembali.

Melalui cerita tersebut, Tasya tentu berharap agar netizen lain lebih waspada lagi akan modus penipuan yang sama. Ia pun mengajak warganet untuk bersama-sama melakukan tindakan pencegahan dengan belajar terkait keamanan dalam terjun ke dunia siber atau internet.

Itu kejadian baru sosmed tuh yg di-hack. Serem bgt kan kalau akun e-commerce atau internet banking kita yg di-hack dgn metode Phising website palsu Amit2 ya,” tandasnya. “Hati2 deh makanya! Pelajari tentang phising di @kliks.bssn atau bisa cari info ke website mereka di https://kliksbssn.id/ #sadarsiber #nguliksdulubarungekliks.

Mengejutkannya, tidak sedikit netizen yang ternyata sudah terlanjur mengalami kejadian pahit seperti Tasya. Bahkan sebagian dari mereka sudah membuat akun Instagram yang baru. Namun rupanya tidak sedikit juga netizen yang sangat jeli sehingga tak ikut terjebak di dalam modus penipuan tersebut.

Yg aku alami skrg dan skrg bikin akun baru,” ungkap akun @finda******. “Seringg akutu. Untungnya akuu selalu jeli. Dan ngecek dulu sbelum aku klik linknya,” pungkas akun @dimi******.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel