Waspada, 7 Makanan Ini Ternyata Bikin Kerja Otak ‘Lemot’

Foto: Waspada, 7 Makanan Ini Ternyata Bikin Kerja Otak ‘Lemot’ naver
WowKeren dan Kanal247


Tidak banyak diketahui orang lain, ternyata mengonsumsi makanan-makanan tertentu bisa memperlambat kerja otak hingga menyebabkan berpikir lambat alias lemot.

Kanal247.com - Makanan tidak sehat memang selalu menimbulkan dampak negatif untuk tubuh. Bahkan beberapa makanan bisa membuat kerja otak kita melambat. Efeknya, kita jadi lambat berpikir hingga mengakibatkan kebodohan.

Baca juga ...

Pasalnya, kandungan-kandungan di dalam makanan tertentu mempunyai dampak menghambat kerja otak. Sehingga makanan-makanan ini dianjurkan untuk dihindari.


Apa saja makanan-makanan yang patut dihindari jika tidak ingin berpikir "lemot"? Cari tahu di sini.

1. Junk Food Agaknya Sumber Segala Masalah Kesehatan

Junk Food Agaknya Sumber Segala Masalah Kesehatan unsplash

Makanan cepat saji alias junk food memang tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi. Apalagi bagi orang-orang yang enggan berolahraga. Junk food tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita. Sehingga, menjadikan otak kita tidak bisa berkembang.

Jika otak tidak bisa berkembang karena kekurangan kebutuhan tubuh, tentu akan langsung mengakibatkan kita berpikir lambat. Siapa suka junk food? Yuk, belajar kurangi.

2. Gula di Minuman Bersoda Bisa Rusak Otak

Gula di Minuman Bersoda Bisa Rusak Otak unsplash

Kandungan gula dalam minuman bersoda memang sangat tinggi. Menurut penelitian, gula di dalam minuman bersoda setara dengan 16 sendok teh gula.

Tak hanya tinggi gula yang membuat diabetes, ini juga bisa merusak otak. University Southern of California menemukan adanya hubungan antara soda dan kemampuan fungsi otak. Dimana soda yang dikonsumsi anak-anak dapat mempengaruhi otak dalam mengingat dan memproses informasi saat dewasa. Seram!

3. Minuman Kemasan Selain Air Mineral Tak Lebih Sehat dari Soda

Minuman Kemasan Selain Air Mineral Tak Lebih Sehat dari Soda unsplash

Sama halnya dengan soda, minuman-minuman dalam kemasan juga mengandung gula sangat tinggi. Dampak yang ditimbulkan dari minuman jus hingga teh kemasan hampir sama dengan soda, lho.

Banyaknya jenis minuman serta rasanya yang enak memang menggoda iman, ya? Tapi coba ingat dampaknya sebelum beli, deh. Ngeri sendiri, bukan?

4. Lemak di Gorengan Melambatkan Fungsi Otak

Lemak di Gorengan Melambatkan Fungsi Otak unsplash

Hal lain yang membuat kerja otak semakin melemah dan cenderung mengakibatkan lambat bekerja adalah terlalu banyak mengonsumsi lemak. Nah, tidak heran jika gorengan patut banget dihindari.

Makanan yang digoreng tentu akan langsung mengandung lemak tinggi, kemungkinan besar menyumbat aliran darah ke seluruh organ tubuh salah satunya otak. Sumbatan inilah yang bisa menyebabkan kemampuan otak melemah, mau?

5. Lebih Baik Tahan Godaan Makanan Instan

Lebih Baik Tahan Godaan Makanan Instan unsplash

Siapa suka makan mi instan? Waduh, berusaha yuk untuk pelan-pelan meninggalkannya dan makanan instan lainnya. Banyaknya bahan pengawet yang terkandung dalam makanan instan serta tidak memiliki nilai gizi untuk tubuh menjadi penyebabnya.

Bahan kimia yang terkandung dalam makanan instan akan terus menumpuk dalam tubuh, lho. Kandungan itu akan mengakibatkan gejala kemunduran fungsi otak.

6. Daging Memang Sehat, Tapi Olahannya?

Daging Memang Sehat, Tapi Olahannya? unsplash

Daging memang mempunyai kandungan serta gizi baik untuk tubuh kita. Namun, jika olahan daging seperti sosis, ham, dan lain sebagainya tidak bisa dikatakan sehat.

Seperti yang kita tahu, pembuatan daging-daging olahan ini akan dicampur dengan bahan-bahan tidak alami dan pengawet. Terlalu sering mengonsumsi daging olahan bisa membuat sistem saraf bisa tergangu dan kita jadi sulit mengingat dan mengelola sesuatu.

7. Permen dan Makanan Manis Lainnya Efeknya Bikin Ngeri

Permen dan Makanan Manis Lainnya Efeknya Bikin Ngeri unsplash

Tak hanya bisa membuat kita obesitas, permen serta makanan manis lainnya juga merusak otak. Sebuah penelitian mengungkapkan jika terlalu banyak mengonsumsi fruktosa dari permen dapat mempengaruhi kemampuan insulin untuk menggunakan gula dalam memproses pikiran dan perasaan.

Sehingga, jika fruktosa dalam tubuh terlalu banyak membuat insulin enggak akan bisa mengelola gula yang masuk dan kinerja otak pun akan jadi lambat.

Wah, seram-seram ya? Yuk, mulai hidup lebih sehat lagi.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel