Kini Cuma Punya Satu Ginjal, Vidi Aldiano Harus Kurangi Makanan Manis dan Daging

Foto: Kini Cuma Punya Satu Ginjal, Vidi Aldiano Harus Kurangi Makanan Manis dan Daging Instagram
WowKeren dan Kanal247


Pasca operasi pengangkatan ginjal lantaran ada kanker stadium tiga, Vidi Aldiano harus menjauhi makanan manis dan daging dan menjalani check up per tiga bulan.

Kanal247.com - Pelantun "Nuansa Bening" Vidi Aldiano beberapa bulan lalu harus menjalani operasi pengangkatan kanker ginjal stadium tiga di Singapura. Kini keadaan Vidi bisa dikatakan sudah membaik.


Baca juga ...

Vidi sudah dinyatakan boleh keluar dari rumah sakit sejak 20 Desember 2019 lalu. Kini pasca operasi yang belum satu genap, Vidi sudah melakukan aktivitas di luar ruangan. Agenda Vidi salah satunya adalah menonton film "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini".

"Jujur baru ketiga kalinya gua keluar rumah semenjak sebulan yang lalu. Jadi bisa dibilang recovery-nya alhmadulilah cepat," ucap Vidi ke awak media saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Kamis (09/01) lalu.

Kesehatannya boleh tampak pulih namun Vidi tetap harus menjaga pola gaya hidup. Bahkan pria kelahiran Jakarta 29 Maret 1990 ini harus memedulikan soal asupan gizi dan makanan. Mengingat jumlah ginjal tersisa satu, Vidi menegaskan dirinya harus menjauhi makanan yang manis dan daging-dagingan.

"Karena, ini ginjal kan tinggal sebelah ya. Jadi, kayak harus menjaga ginjal satu ini. Selain makan manis juga harus mengurangi daging. Menurutku itu penting sih," ucap Vidi.

Selain menjaga pola makan, Vidi juga harus rutin untuk check up per tiga bulan. "Aku wajib check up itu karena sudah kena kanker. Pokoknya, per tiga bulan ini ya harus ke Singapura terus," jelasnya. Vidi juga menegaskan penyakit yang dideritanya cukup serius maka ia tak bisa memastikan berapa kali harus melakukan check up rutin.

"Pokoknya, kata dokter aku baru bisa dikatakan sembuh total kalau misalnya for next 10 years enggak ada lagi si kankernya. Jadi, ya, doain aja," jelasnya. Kini meski sedang tahap recovery, Vidi bakal bersiap kembali menghibur para penggemarnya pada bulan Februari 2020 mendatang.

Vidi juga meminta dukungan dan doa agar penyakit yang sempat dideritanya tidak kembali lagi. "Pokoknya doakan aja supaya aku cepet pulih, cepet bisa beraktivitas kembali lagi. Aku benar-benar butuh bantuan doa aja supaya ini penyakit enggak balik lagi," tutup Vidi.

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel