Susul Suga BTS, RM Dan J-Hope Masuk Asosiasi Musik Bergengsi Di Korea Ini

Foto: Susul Suga BTS, RM Dan J-Hope Masuk Asosiasi Musik Bergengsi Di Korea Ini
WowKeren dan Kanal247


Untuk menjadi anggota penuh asosiasi bergengsi ini, setiap pemegang hak cipta harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota junior selama minimal tiga tahun atau lebih. Mereka juga harus mendapatkan royalti tertentu dari lagu ciptaannya.

Kanal247.com - Bangtan Boys atau yang kerap dikenal sebagai BTS merupakan salah satu grup musik Korea yang paling populer saat ini. Selain karena visual para member yang membuat banyak orang terpana, lagu-lagu mereka pun selalu menarik untuk didengar. Menariknya, lagu yang dinyanyikan oleh grup tersebut merupakan ciptaan para membernya sendiri.


Baca juga ...

Hal tersebut membuat salah satu member BTS yang kerap menciptakan lagu, yakni Suga masuk dalam Asosiasi Hak Cipta Musik Korea atau Korea Music Copyright Association (KMCA) di tahun 2018. Asosiasi tersebut merupakan kelompok nirlaba terbesar di Asia yang berfokus pada hak cipta untuk karya musik dan mengelola kinerja publik, penyiaran, perekaman mekanis, dan hak reproduksi.

Untuk menjadi anggota penuh KMCA, setiap pemegang hak cipta harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota junior selama minimal 3 tahun atau lebih. Selain itu, mereka juga harus mendapatkan jumlah tertentu dari royalti lagu mereka setiap tahun dan juga harus disetujui dan dipilih oleh dewan direktur.

Organisasi bergengsi ini hanya mempromosikan 25 anggota ke status keanggotaan penuh tahun ini. Tahun ini, dua anggota BTS lainnya yakni RM (Rap Monster) dan J-Hope telah ditambahkan ke dalam daftar dari anggota asosiasi tersebut. KMCA pun mengatakan bahwa RM dan J-Hope pantas untuk masuk dalam daftar tersebut karena kepopuleran lagu yang mereka ciptakan.

"RM dan J-Hope telah bergabung dengan daftar anggota lengkap untuk popularitas lagu mereka di seluruh dunia, 'Boy with Luv', 'HOME', 'Blood, Sweat and Tears'," tutur KMCA yang dilansir Koreaboo pada Rabu (22/1). Diketahui, salah satu lagu BTS yang paling populer adalah "Boy with Luv". Lagu tersebut disusun oleh beberapa musisi. Beberapa diantara musisi tersebut adalah RM, Suga, J-Hope, dan juga Jungkook.

Sementara itu, BTS sendiri akan melakukan comeback 21 Februari mendatang. Album bertajuk "Map Of The Soul: 7" akan terlebih dahulu dirilis sedangkan MV pada 28 Februari. Pada Rabu (22/1) melalui akun Twitter resmi agensi, BTS mengumumkan tur konser dunia mereka yang bertajuk "Map Of The Soul Tour" di tahun 2020 ini.

Diketahui, sebelum perilisan album barunya ini, BTS mengeluarkan beberapa proyek menarik. Rangkaian jadwal comeback tersebut dibuka dengan trailer MV "SHADOW" yang menampilkan Suga. Pada Jumat (17/1) kemarin, BTS juga merilis single pra-rilis mereka bertajuk ''Black Swan'' yang saat ini telah tersedia di berbagai platform musik. Grup populer tersebut juga meluncurkan proyek comeback yang bertajuk "CONNECT, BTS".

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel