Penting Banget! Ini 7 Alasan Harus Ikut Gerakan ‘#DiRumahAja’ untuk Atasi Virus Corona

Foto: Penting Banget! Ini 7 Alasan Harus Ikut Gerakan ‘#DiRumahAja’ untuk Atasi Virus Corona unsplash
WowKeren dan Kanal247


Penyebaran virus Corona semakin meluas di seluruh dunia, ini pentingnya serta dampak mengikuti imbauan pemerintah untuk tetap diam di rumah jika memungkinkan.

Kanal247.com - Kewaspadaan karena penyebaran virus Corona memang patut untuk mendapatkan perhatian lebih. Apalagi orang-orang yang positif virus Corona bisa terus menularkan kepada lainnya.

Baca juga ...

Imbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah pun merupakan langkah baik demi keselamatan semua orang. Hal tersebut terbukti berhasil di beberapa negara, lho.


Ini alasan penting kenapa harus ikut gerakan "#DiRumahAja" saat ini. Cek deh, semua menguntungkan!

1. Hindari Kesan Tak Sopan Karena Enggan Salaman atau Lepas Masker

Hindari Kesan Tak Sopan Karena Enggan Salaman atau Lepas Masker

Menghindari kontak langsung dengan orang lain, seperti salaman memang sangat dianjurkan saat ini. Namun, tentu hal tersebut menjadi beban sebagian orang lantaran takut dikira tidak sopan.

Apalagi jika sampai enggan melepas masker, bisa jadi dikira menganggap orang lain bisa menularkan virus Corona bukan? Nah, kalau diam di rumah kamu tidak perlu melakukan tindakan yang bisa berujung kesalahpahaman tadi. Kamu tetap bisa menjalin komunikasi lewat ponsel atau panggilan video.

2. Orang yang Positif Corona Tanpa Gejala Tak Akan Tulari Lainnya

Orang yang Positif Corona Tanpa Gejala Tak Akan Tulari Lainnya

Orang-orang yang positif virus Corona memang terkadang menunjukkan gejala-gejala tertentu, namun bisa jadi tidak sama sekali lho. Orang-orang yang tidak menunjukkan gejala tetap bisa menulari orang lain, jadi justru lebih berbahaya bukan?

Coba deh memposisikan dirimu sebagai orang yang positif virus Corona dan berdiam diri di rumah agar tidak menulari orang lain. Jangan sampai karena merasa sehat dan bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa, justru membuat orang lain yang sakit.

3. Bikin Virus Corona Tak Punya ‘Inang’ untuk Berkembang

Bikin Virus Corona Tak Punya ‘Inang’ untuk Berkembang

Seperti yang telah disebarkan oleh media, virus Corona benar-benar mudah sekali tersebar. Virus ini menyebar melalui droplet atau percikan air liur. Memang tidak terlihat, sehingga tangan atau apa pun yang terkena percikan air liur tersebut bisa tertular lewat apa saja.

Ketika kamu diam di rumah, otomatis virus-virus yang menempel di benda-benda tidak punya orang untuk ditularkan. Akhirnya, mereka akan mati dengan sendirinya tanpa perlu "menghinggap" di tubuh manusia.

4. Staf Rumah Sakit Tidak Kewalahan Tangani Lonjakan Pasien

Staf Rumah Sakit Tidak Kewalahan Tangani Lonjakan Pasien

Tingkat kematian karena virus Corona memang hanya 2%. Namun, jika lonjakan pasien terjadi tentu membuat rumah sakit akan kewalahan menangani pasien. Apalagi, ruang isolasi dalam rumah sakit sangat terbatas.

Ketika memilih untuk mengarantina diri di rumah, kamu membantu paramedis untuk bekerja lebih maksimal menyelamatkan semua pasien. Lebih mudah menangani sedikit pasien daripada yang sakit berbarengan dalam jumlah besar, bukan?

5. Harga Barang-barang Akan Turun Lantaran Tak Lagi Langka

Harga Barang-barang Akan Turun Lantaran Tak Lagi Langka unsplash

Saat ini beberapa benda semakin langka, misalnya saja hand sanitizer dan masker. Hal tersebut tentu membuat lonjakan harga berkali-kali lipat.

Keputusan berdiam diri di rumah akan membantu mengurangi kelangkaan barang-barang tersebut. Semakin banyak orang yang tinggal di rumah, menurun juga tingkat penggunaan barang-barang tertentu. Sehingga, harga akan kembali normal lebih cepat. Bagus, bukan? Bakal lebih hemat!

6. Lebih Cepat Membunuh Virus Corona

Lebih Cepat Membunuh Virus Corona unsplash

Jika semua orang memutuskan untuk benar-benar tinggal di rumah ketika memungkinkan, tingkat penyebaran serta kesembuhan akan semakin tinggi. Virus Corona juga tidak lagi mempunyai tubuh manusia lain untuk "ditinggali".

Hal tersebut tentu akan membuat virus Corona akan benar-benar hilang karena manusia membatasi ruang interaksi penyebaran. Langkah ini sudah berhasil dibuktikan oleh Cina.

7. Munculkan Rasa Bangga Karena Bantu Selamatkan Banyak Nyawa

Munculkan Rasa Bangga Karena Bantu Selamatkan Banyak Nyawa unsplash

Ketika virus Corona benar-benar telah berhasil diatasi, tentu menunjukkan banyaknya orang-orang yang akhirnya selamat. Hal ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri karena kamu ikut membantu menghentikan penyebaran COVID-19. Ingat, virus Corona tidak bisa dihentikan sendirian oleh paramedis lho!

Bagaimana? Banyak hal yang terjadi karena gerakan #DiRumahAja, bukan? Kamu juga perlu memastikan untuk tidak mudah mempercayai kabar-kabar tanpa sumber jelas, ya! Cermati hoaks virus Corona di sini!

Kamu juga tak perlu pusing mikir apa yang harus dilakukan di rumah, deh. Banyak banget hal yang menyenangkan meski cuma di rumah. Ikuti tips di sini, ya!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel