Ini 7 Langkah Aman Buka Paket dari Belanja Online Selama Pandemi Corona

Foto: Ini 7 Langkah Aman Buka Paket dari Belanja Online Selama Pandemi Corona unsplash
WowKeren dan Kanal247


Patut waspada ketika menerima paket dari hasil belanja online, yuk ikuti beberapa langkah aman agar terhindar dari virus corona selama karantina diri di rumah.

Kanal247.com - Penyebaran virus corona memang membuat setiap orang menumbuhkan kewaspadaan tinggi. Tidak mengherankan mengingat saat ini sudah semakin banyak orang yang positif terserang virus corona.

Baca juga ...

Imbauan untuk tetap diam di rumah pun dilaksanakan oleh sebagian masyarakat. Namun, meski mengarantina mandiri bukan berarti terbebas dari kontak dengan orang lain. Apalagi untuk orang yang gemar belanja online.


Ketika membuka paket selama pandemi virus corona tentu wajib untuk lebih berhati-hati. Yuk, ikuti langkah-langkah membuka paket secara aman di bawah ini.

1. Cuci Tangan Setelah Terima Paket dari Kurir

Cuci Tangan Setelah Terima Paket dari Kurir unsplash

Cuci tangan setelah menerima paket menjadi hal yang wajib dilakukan selama pandemi virus corona berlangsung. Bukan berarti tidak mempercayai kurir yang mengantar paket, namun sekadar untuk berhati-hati juga.

Ingat, bahaya yang patut diwaspadai bukan hanya virus corona namun juga bakteri lainnya. Kebiasaan untuk cuci tangan setelah menerima paket adalah hal yang bagus, bukan?

2. Semprot Paket dengan Desinfektan Jika Memungkinkan

Semprot Paket dengan Desinfektan Jika Memungkinkan getty images

Jika mempunyai desinfektan di rumah, boleh banget semprot paket yang kamu dapatkan. Eiiitss, tentu jika memungkinkan ya. Pasalnya tentu paket yang kamu terima tidak semua bisa disemprot menggunakan desinfektan.

Jika memang tidak bisa disemprot menggunakan desinfektan atau tidak memilikinya, tidak masalah kok. Jangan takut karena tak memiliki desinfektan, ya!

3. Pakai Sarung Tangan Saat Buka Paket Jika Perlu

Pakai Sarung Tangan Saat Buka Paket Jika Perlu

Jika kamu memiliki sarung tangan, bisa digunakan untuk membuka paket nih. Sehingga, tanganmu tidak akan menyentuh bungkus paket dan isinya secara langsung.

Pastikan sarung tangan bersih, ya. Setelah menggunakan sarung tangan pastikan untuk langsung mencuci sarung tangan juga, ya. Jika kesulitan menggunakan sarung tangan tentu pakai tangan kosong juga boleh, kok.

4. Pastikan Tidak Sentuh Wajah Kala Buka Paket

Pastikan Tidak Sentuh Wajah Kala Buka Paket

Seperti yang kita tahu, memegang bagian wajah terutama mulut, hidung, dan mata patut dihindari! Pasalnya, bakteri-bakteri atau virus yang menempel dalam tanganmu bisa masuk ke tubuhmu dengan mudah ketika menyentuh wajah.

Jadi, ketika membuka paket belanjaanmu jangan pernah menyentuh wajah ya. Tahan dulu sampai semua prosesi selesai, oke?

5. Usahakan Tak Sentuh Benda-benda Lain Selama Buka Paket

Usahakan Tak Sentuh Benda-benda Lain Selama Buka Paket

Ini juga patut banget untuk dilakukan, hukumnya wajib! Ketika kamu menyentuh benda-benda lain di sekitarmu, tentu bakteri atau virus yang ada di telapak tanganmu akan menempel di permukaan benda lainnya.

Jika hal itu terjadi, maka bakteri dan virus justru hidup lebih lama bukan? Pastikan semua benda yang kamu sentuh saat membuka paket akan dibersihkan setelah beres. Terutama gunting atau cutter yang mungkin kamu gunakan!

6. Kembali Cuci Tangan Minimal 20 Detik setelah Buka Paket

Kembali Cuci Tangan Minimal 20 Detik setelah Buka Paket unsplash

Tak hanya sebelum membuka paket, setelahnya juga wajib banget cuci tangan. Sehingga, semua bakteri atau virus yang mungkin menempel di tanganmu ketika membuka paket akan lenyap.

Pastikan ini dilakukan setelah kamu meletakkan paketmu di tempat yang aman, ya. Jangan malah meletakkan isi paketmu setelah cuci tangan, sama saja bohong dong!

7. Diamkan Paket dalam Waktu Beberapa Hari Demi Pastikan Bebas Virus Corona

Diamkan Paket dalam Waktu Beberapa Hari Demi Pastikan Bebas Virus Corona unsplash

Jika paket yang kamu dapatkan berupa barang, pastikan untuk membiarkan selama beberapa hari ya jika tidak dibutuhkan dalam waktu dekat. Hal ini sebagai bentuk waspada jika virus corona menempel di permukaan isi paket.

Virus corona diketahui bisa hidup hingga satu minggu di permukaan benda tertentu, lho. Lebih baik menunggu hingga yakin virus corona mati sebelum menggunakan isi paketmu, kan? Cek lamanya virus corona hidup di benda di sini, ya! Semoga tetap aman dan pandemi segera berakhir!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel