Saling Jaga, Ini 7 Trik Hindari Virus Corona di Hari Lebaran

Foto: Saling Jaga, Ini 7 Trik Hindari Virus Corona di Hari Lebaran instagram



Ini beberapa trik yang bisa dilakukan untuk tetap merayakan hari raya Idulfitri di tengah agar saling menjaga sesama sehingga tidak terjangkit virus corona.

Kanal247.com - Hari Raya Idulfitri memang selalu dinanti-nantikan setiap umat muslim. Hari yang dilaksanakan pada 1 Syawal setiap tahunnya itu dianggap sebagai kemenangan umat beragama Islam usai melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan penuh.

Baca juga ...

Lebaran tahun ini pun tentu berbeda karena pandemi virus corona yang tengah berlangsung di seluruh dunia. Meski begitu, tentu masih ada kemungkinan untuk mendapatkan tamu di hari Lebaran.


Apa saja caranya? Cek di bawah ini, ya!

1. Wajib Pakai Masker

Wajib Pakai Masker

Pakai masker di tengah pandemi virus corona hukumnya wajib! Masker terbukti berhasil menekan penyebaran virus corona di seluruh dunia lantaran menahan air liur keluar ke udara dan menempel di benda-benda sekitar.

Masker akan membantu untuk melindungi diri kita sendiri dan juga orang lain. Saling membantu agar terhindar dari virus corona itu keren!

2. Pinta Tamu Cuci Tangan Sebelum Masuk Rumah

Pinta Tamu Cuci Tangan Sebelum Masuk Rumah unsplash

Jika memutuskan untuk tetap menerima tamu kala Lebaran, pastikan untuk menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun di depan rumah atau minimal sediakan hand sanitizer. Pinta tamu yang datang untuk mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu sebelum masuk rumah.

Cuci tangan dengan bersih dapat mengurangi kemungkinan penyebaran virus corona. Seperti yang kita ketahui, virus corona banyak tersebar karena sentuhan tangan ke benda-benda.

3. Tidak Berjabat Tangan

Tidak Berjabat Tangan instagram

Tradisi saling memaafkan di Idulfitri tidak harus berjabat tangan satu sama lain, kok. Tentunya di masa pandemi virus corona seperti saat ini, orang-orang akan memahami keputusan tersebut.

Kamu bisa melakukan salam Islami seperti foto Prilly Latuconsina di samping. Jangan cipika-cipiki juga ya di Lebaran tahun ini.

4. Jaga Jarak Minimal 1 Meter dengan Orang Lain

Jaga Jarak Minimal 1 Meter dengan Orang Lain

Memberi batasan tamu yang masuk ke rumah serta menjaga jarak minimal 1 meter juga patut dilakukan di Lebaran 2020 ini. Hingga saat ini menjaga jarak masih menjadi imbauan pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus corona di Indonesia.

Jika semua masyarakat patuh dan taat dengan melakukan jaga jarak, tentu pandemi virus corona akan berakhir lebih cepat bukan?

5. Beri Angpau dalam Amplop

Beri Angpau dalam Amplop

Bagi-bagi angpau memang menjadi tradisi di hari raya Idulfitri. Jika hal ini masih dilakukan maka patutnya untuk memastikan terlebih dahulu jika uang tidak dipegang selama 5 hari. Pasalnya, virus corona diketahui dapat hidup di permukaan kertas hingga 5 hari lamanya.

Lebih baik lagi jika uang tersebut dimasukkan ke dalam amplop Lebaran. Setidaknya, uang tidak akan langsung bersentuhan dengan tangan banyak orang. Eiiits, pastikan juga sebelum memasukkan uang ke amplop sudah cuci tangan dengan bersih ya!

6. Tak Sentuh Benda-benda di Sekitar Saat Bertamu

Tak Sentuh Benda-benda di Sekitar Saat Bertamu unsplash

Jika kamu memutuskan untuk tetap pergi bertamu di hari Lebaran, pastikan jika kondisi tubuh sehat dan menjaga kebersihan dengan baik. Pastikan juga untuk tidak menyentuh benda-benda di rumah orang lain, apa pun untuk menghindari penyebaran virus corona.

Ingat, kasus virus corona karena penyebaran lewat sentuhan tangan di benda-benda sangat besar. Jadi, hindari "kepo" ke benda-benda milik orang lain dulu ya!

7. Lebaran #diRumahAja

Lebaran #diRumahAja unsplash

Sudah deh, cara yang paling ampuh untuk menghindari penyebaran virus corona adalah dengan tetap diam di rumah saja. Jika di rumah tentu kamu tidak perlu was-was untuk bertemu orang lain karena takut tertular.

Meski di rumah saja, kamu tetap bisa melakukan tradisi-tradisi Lebaran kok. Tidak percaya? Cek buktinya di sini, deh.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel