Pandemi, Yuni Shara Tak Terima Tamu Lebaran Di Rumah Karena Ibu Sakit

Foto:  Pandemi, Yuni Shara Tak Terima Tamu Lebaran Di Rumah Karena Ibu Sakit Instagram



Walau tidak ada tamu yang datang ke rumah, tapi Yuni Shara mengaku tetap memasak menu khas lebaran seperti di tahun sebelumnya meskipun suasana lebaran tahun ini berbeda.

Kanal247.com - Seperti masyarakat lainnya, Yuni Shara terpaksa harus tidak melakukan tradisi lebaran seperti tahun sebelumnya lantaran pandemi yang sedang terjadi saat ini. Jika biasanya memiliki tradisi sungkeman dan menerima tamu di rumah, maka tahun ini Yuni Shara tidak menerima kunjungan tamu di rumahnya saat lebaran tiba.

Hal ini tentunya dilakukan untuk mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diinstruksikan pemerintah di pandemi virus Corona atau Covid-19 saat ini. Mengaku tidak punya pilihan, Yuni Shara pun harus beradaptasi dengan berbagai perubahan dalam hidupnya.

"Hari-hari kita sejak 1 Maret sampai hari ini mendadak berubah. Saya otomatis tidak ada pekerjaan, lalu harus adaptif dengan aturan-aturan yang terus berkembang sampai hari ini," kata Yuni dilansir Liputan6.com, Selasa (26/5). "Kita tak punya pilihan, harus menjalani dan taat terhadap itu supaya wabah ini cepat selesai," imbuhnya.

Baca juga ...

Menurut Yuni Shara, lebaran tahun ini mencetak sejarah karena suasananya berbeda. Mulai dari tidak ada takbir keliling, hingga acara sungkeman atau halal bi halal. "Lebaran ini mungkin memang kita harus merasakan sejarah. Ada satu sejarah yang silaturahminya berbeda, tak ada takbiran keliling, tak ada yang mudik," jelas Yuni Shara.

Meski demikian, Yuni Shara mengaku dirinya tetap masak seperti biasa walau tidak ada tamu yang datang ke rumah. Menu yang dimasak pun menu khusus lebaran seperti tahun sebelumnya. "Salat ied di rumah saja, sungkeman seperti biasa, terus tetap memasak biarpun enggak ada yang datang. Itu semua dilakukan secara biasa karena tradisi, tapi bedanya enggak dilakukan secara berkerumun," jelas Yuni Shara.

Terakhir, Yuni Shara menjelaskan alasan tidak menerima kunjungan tamu untuk silaturahim ke rumahnya. Saat ini Yuni Shara tinggal bersama sang ibunda yang memiliki penyakit bawaan. Kesehatan ibunya adalah asalan utama dirinya membatasi jumlah pengunjung di momen lebaran tahun ini.

"Orang juga enggak boleh sensitif dengan kondisi ini. Kayak saya, enggak terima tamu bukan apa-apa, karena ibu saya sudah sepuh dan ada penyakit bawaan," pungkas Yuni Shara. "Jadi mohon dimengerti kalau ada yang tak bisa ke rumah, karena ada peraturannya."

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel