7 Penyanyi Indonesia Terlibat Skandal Plagiat Lagu, Ada yang Bikin K-Popers Murka

Foto: 7 Penyanyi Indonesia Terlibat Skandal Plagiat Lagu, Ada yang Bikin K-Popers Murka instagram
WowKeren dan Kanal247


Beberapa penyanyi ternama Tanah Air ini sempat menghebohkan media lantaran dianggap telah memplagiat lagu seseorang yang telah lebih dulu dirilis, ada yang membuat K-Popers murka.

Kanal247.com - Musik memang menjadi hiburan bagi banyak orang. Tentu bukanlah hal aneh mengingat lagu-lagu seakan "mengerti" perasaan seseorang yang mendengarkannya.

Baca juga ...

Namun, sayang belantika musik Tanah Air beberapa kali membuat para penyanyi atau grup terlibat isu plagiat. Bukan hanya lagu semata, beberapa di antaranya bahkan dianggap meniru konsep penyanyi lain.


Siapa saja penyanyi yang dituding plagiat lagu? Cari tahu di sini, ya.

1. SONE Sebut Cherrybelle Tiru SNSD

SONE Sebut Cherrybelle Tiru SNSD

Beberapa tahun lalu, belantika musik Tanah Air gempar dengan fenomena munculnya boyband dan girlband. Salah satu yang paling terkenal yakni Cherry belle. Sayang, SONE atau sebutan fans SNSD sempat menuding Cherrybelle melakukan plagiat. Mulai dari jumlah anggota, konsep, hingga pakaian.

Bahkan, beberapa lagu Cherrybelle disebut-sebut meniru milik SNSD. Lagu tersebut antara lain "Beautiful" yang dituding mirip "My Child", "Love Is You" mirip "Mabinogi", dan "Best Friend Forever" serupa dengan "Kissing You". Bagaimana menurutmu?

2. K-Popers Nilai Karya Kevin Aprilio untuk Princess Mirip Lagu After School

K-Popers Nilai Karya Kevin Aprilio untuk Princess Mirip Lagu After School

Ada yang masih ingat dengan gilrband Princess yang dibuat oleh Kevin Aprilio Vierratale? Salah satu lagu ciptaan Kevin untuk Princess pada tahun 2012 lalu, yakni "Jangan Pergi" sempat disebut mirip dengan lagu "Wonder Boy" yang dipopulerkan oleh After School. Namun, karena Kevin diketahui adalah fans After School kala itu maka banyak yang beranggapan keyboardist itu terinspirasi dengan sang idola kala membuat lagu.

3. Lagu 'Sisa Semalam' Zaskia Gotik Disebut Mirip 'Bad Romance' Milik Lady Gaga

Lagu 'Sisa Semalam' Zaskia Gotik Disebut Mirip 'Bad Romance' Milik Lady Gaga

Salah satu lagu milik Zaskia Gotik yang dirilis pada tahun 2014 silam, yakni "Sisa Semalam" juga sempat mendapatkan isu menjiplak nih. Lagu tersebut dinilai sangat mirip dengan "Bad Romance" yang dipopulerkan oleh Lady Gaga. Kemiripan lagunya disebut ada pada awal intro hingga di bagian reff walau ada sedikit arransemen penambahan.

4. Putra Iis Dahlia, Devano Danendra Rilis Lagu 'Ini Aku' Mirip dengan Karya Fiersa Besari

Putra Iis Dahlia, Devano Danendra Rilis Lagu 'Ini Aku' Mirip dengan Karya Fiersa Besari

Putra Iis Dahlia, Devano Danendra sempat mendapatkan teguran langsung dari Fiersa Besari pada 2018 lalu lantaran lagu "Ini Aku" terdengar serupa dengan "April" yang dirilis pada 2013 silam. Fiersa bahkan meminta publik membandingkan irama dalam dua lagu tersebut.

Devano pun tak ragu memberikan tanggapan atas seruan Fiersa dan memastikan tidak mengetahui proses pembuatan lagu tersebut lantaran ia hanya sekadar menyanyikan. Devano berjanji akan menyelesaikan permasalahan tersebut dan bertanya langsung kepada label.

5. Reza Arap Dituding Jiplak Lagu G-Dragon BIGBANG Yakni 'BULLSH*T'

Reza Arap Dituding Jiplak Lagu G-Dragon BIGBANG Yakni 'BULLSH*T'

Pada 2018 lalu, Reza Oktovian atau lebih akrab disapa Reza Arap sontak membuat geram K-Popers khususnya VIP penggemar BIG BANG usai merilis lagu "KING (Of Tale)". Reza dituding telah memplagiat lagu "BULLSH*T" yang diciptakan oleh G-Dragon dan hanya sekadar mengubah lirik saja. Lagu "BULLSH*T" sendiri dirilis dalam album "Kwon Ji Yong" pada 2017 lalu.

6. SM*SH Akui Terinspirasi Konsep Year Book NCT 2018

SM*SH Akui Terinspirasi Konsep Year Book NCT 2018

SM*SH menjadi boyband paling populer di Indonesia dan tetap awet hingga saat ini. Sejak kemunculannya pada 2010 silam, SM*SH memang kerap dianggap meniru konsep idol K-Pop terutama Super Junior. Lagu hits mereka "I Heart You" bahkan disebut-sebut mempunyai kunci yang sama dengan "Baby" milik Justin Bieber, lho.

Baru-baru ini, SM*SH juga sempat membuat murka NCTzen atau penggemar NCT lantaran dianggap telah menjiplak konsep NCT Year Book 2018. Manajemen SM*SH pun telah meminta maaf dan mengakui terinspirasi dari NCT.

7. Kekeyi Dituding Jiplak 'Aku Bukan Boneka'

Kekeyi Dituding Jiplak 'Aku Bukan Boneka' instagram

Permasalahan isu plagiat yang dilakukan Rahmawati Kekeyi saat ini memang menjadi perbincangan panas. Lagu debut Kekeyi "Keke Bukan Boneka" disebut menjiplak "Aku Bukan Boneka" yang dipopulerkan Rini Wulandari beberapa tahun lalu. Pro dan kontra hingga saat ini masih terlihat di media sosial. Satu sisi menyebutkan jika Kekeyi memang memplagiat. Namun, ada pula yang menyebutkan jika kemiripan hanya sedikit dan tidak bisa disebut plagiat. Kamu tim mana?

Meski penyanyi-penyanyi di atas dituding plagiat, jangan sampai dijadikan alasan untuk melakukan bullying ya! Lebih baik meneruskan ke pemilik lagu asli sehingga dapat diproses secara baik-baik.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel