Kerap Bikin Artis Korea Depresi, Nate Tak Izinkan Netizen Komentar di Berita Hiburan

Foto: Kerap Bikin Artis Korea Depresi, Nate Tak Izinkan Netizen Komentar di Berita Hiburan Soompi



Sekarang riwayat komentar pengguna juga dapat dilihat oleh semua orang. Sebelumnya, mereka dapat memutuskan apakah ingin halaman komentarnya dilihat oleh khalayak umum atau tidak.

Kanal247.com - Beberapa idol maupun artis Korea Selatan diketahui mengalami ganngguan psikologis seperti depresi maupun anxiety disorder. Selain karena masalah internal, sejumlah idol juga diketahui sempat merasakan depresi karena komentar jahat para netizen Korea.

Kalimat jahat netizen tersebut kerap bertebaran di kolom komentar berbagai media berita online setempat seperti Naver, Dispatch, OSN, dan Nate. Usai meninggalnya Sulli dan Goo Hara yang diduga bunuh diri karena tak kuat menghadapi komentar jahat netezen, sejumlah pihak pun menuntut agar portal berita online tersebut menutup kolom komentarnya.

Permintaan tersebut akhirnya dikabulkan oleh beberapa media. Mereka sepakat untuk menonaktifkan dan menghapus semua bagian komentar dari semua artikel media online dalam gerakan positif untuk meningkatkan budaya internet yang sehat. Baru-baru ini, Nate bahkan mengumumkan bahwa mereka juga akan mengambil langkah tersebut pada artikel hiburan mulai 7 Juli mendatang.

Baca juga ...

“Pengguna telah menyatakan keprihatinan mereka atas penggunaan negatif komentar pada artikel berita hiburan, yang bertentangan dengan penggunaan positif yang dimaksudkan yang menunjukkan dukungan untuk program televisi atau selebritas,” ujar pihak portal berita itu yang dilansir Soompi pada Rabu (1/7). Mempertimbangkan pendapat ini, Nate News akan menutup layanan komentar pada artikel berita hiburan mulai 7 Juli."

Sementara itu, fitur komentar masih tersedia pada jenis artikel berita lain. Sekarang riwayat komentar pengguna juga dapat dilihat oleh semua orang. Sebelumnya, pengguna dapat memutuskan apakah mereka ingin halaman komentarnya dilihat oleh khalayak umum atau tidak.

Situs portal utama lainnya, Daum dan Naver, telah menangguhkan fungsi komentar pada artikel hiburan mereka menyusul kekhawatiran yang berkembang tentang efek berbahaya dari komentar jahat. Daum Kakao secara tentatif menonaktifkan fitur komentar Oktober lalu. Mereka juga menghapus pencarian terkait untuk orang.

Selain itu, Daum juga menurunkan tampilan pencarian tren waktu nyata di situsnya. Pada bulan Maret, Naver secara sementara menangguhkan komentar pada artikel berita hiburan dan menonaktifkan istilah pencarian terkait untuk nama, dan kemudian mengubah emoji reaksinya untuk menghapus reaksi "marah" pada artikel hiburan.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel