Mantan Agen Audisi SM Entertainment Jelaskan Proses Casting Calon Idol K-Pop di Jalanan

Foto: Mantan Agen Audisi SM Entertainment Jelaskan Proses Casting Calon Idol K-Pop di Jalanan koreaboo



Banyak bintang SM Entertainment yang paling berbakat ditemukan oleh agen casting di jalanan Seoul hanya berdasarkan penampilan mereka. Beberapa di antaranya yakni Seohyun, Jaemin, dan Chanyeol.

Kanal247.com - Sejumlah agensi, termasuk SM Entertainment diketahui melakukan casting calon idol mereka di jalanan. Aksi ini kerap disebut sebagai "street-casting". Proses casting ini selalu menjadi misteri bagi penggemar K-Pop. Pertanyaan mengenai, “Bagaimana bisa para idol yang tampil dengan visual memukau di jalan ternyata juga sangat berbakat?” bermunculan di benak mereka.

Menariknya, baru-baru ini penggemar K-Pop, model, dan YouTuber Izzi Isman duduk bersama mantan juri audisi SM Entertainment yang menjelaskan dengan tepat apa yang terjadi setelah street-casting. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi banyak bintang SM Entertainment yang paling berbakat ditemukan oleh agen casting di jalanan Seoul hanya berdasarkan penampilan mereka.

Beberapa di antaranya yakni vokalis utama Girls' Generation Seohyun, penari utama NCT Dream Jaemin, dan rapper utama EXO, Chanyeol hanyalah beberapa contoh. Seohyun ditemukan oleh pihak agensi saat ia berada di kereta bawah tanah. Chanyeol EXO adalah idol street-casting yang benar-benar ditemukan saat ia sedang berjalan di jalanan. Sehun EXO bahkan menerima street casting saat makan tteokbokki bersama teman-temannya.

Banyak yang berasumsi bahwa idol yang diambil dari street-casting menerima tawaran kontrak menjadi trainee berdasarkan penampilan mereka. Namun, ternyata menerima kartu nama SM Entertainment di depan umum hanyalah awal dari perjalanan mereka idol K-Pop. Mantan agen casting perusahaan menjelaskan bahwa artis jalanan harus datang ke kantor SM Entertainment setelah menerima penawaran awal mereka.

“Sebelumnya biasanya kami meminta mereka untuk datang ke COEX SM Artium,” katanya. “Ada sebuah studio di sana. Kita akan syuting di sana sebentar, lalu kita pergi ke Apgujeongdong 521. Itu adalah bangunan terkenal di sebelah Galleria. Terkadang kami juga syuting di sana. Kemudian Samseong-dong 52-1. Mereka secara aneh menyukai nomor 521,” ujar mantan juri audisi SM Entertainment.

Agensi ini kemudian meminta para bintang muda street-cast untuk tampil dengan pakaian yang nyaman — sesuatu seperti tee yang pas, skinny jeans, dan sepatu kets (tanpa gaun atau sepatu hak). Begitu tiba, mereka harus memperkenalkan diri di depan kamera, menyebutkan nama, usia, sekolah, dan lainnya.

Baca juga ...

Tapi sekali saja tidak selalu cukup. Mantan agen casting itu memberi tahu pemirsa bahwa calon idola harus terus merekam perkenalan mereka sampai mereka mahir, yang kemungkinan besar untuk memastikan bahwa mereka akan berhasil di depan kamera di masa depan.

Selanjutnya, mereka harus mengambil foto profil, termasuk foto dari depan, kiri, dan kanan, serta foto seluruh tubuh. Setelah semua pekerjaan visual selesai, sekarang saatnya untuk mencari bakat. Semua bintang muda itu diminta untuk menyiapkan 4 hingga 5 lagu yang mengejutkan untuk dinyanyikan di audisi pribadi mereka, dan mereka semua harus bernada tinggi untuk menunjukkan jangkauan vokal mereka.

Kemudian, di audisi, mereka menghadapi proses yang melelahkan dalam menyanyikan lagu-lagu mereka berulang kali sampai mereka baik-baik saja. Agen casting kemudian memilih dan mengedit rekaman terbaik, mengirimkannya ke mantan CEO SM Entertainment Lee Soo Man secara pribadi untuk pendapatnya. Selanjutnya, mereka harus menari. Mereka diminta untuk menyiapkan tarian terlebih dahulu, tetapi sutradara casting juga menguji mereka dengan lagu-lagu yang telah disiapkan sebelumnya di audisi.

“Misalnya, jika mereka bisa gaya bebas ke lagu hip-hop, tidak masalah jika mereka tidak hebat. Kami hanya perlu tahu bahwa mereka bisa mengikuti iramanya,” jelas mantan juri audisi SM Entertainment. Video dansa dipilih dan diedit juga, dan yang terbaik dapat ditampilkan kepada direktur SM Entertainment tingkat atas selama pertemuan berikutnya.

Tak sampai di situ, mereka juga masih harus menunjukkan kemampuan menyanyi yang luar biasa setelah menjadi street casting dan kemudian diminta untuk datang ke studio rekaman di mana mereka dapat merekam versi profesional membawakan lagu terbaik mereka. Semua rekaman ini disajikan dalam pertemuan dengan Lee Soo Man.

Hanya ketika mantan CEO itu mempertimbangkan pendapatnya, barulah agensi mulai menawarkan dan menandatangani kontrak trainee. “Bahkan jika mereka dicasting di jalanan, jika mereka benar-benar buruk dalam menyanyi, kita biarkan mereka pergi,” ujar mantan juri audisi SM Entertainment yang dilansir dari Koreaboo pada Selasa (2/9).

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel